18 Tips Menjadi Food Blogger Profesional

Tips 1 week ago
18 Tips Menjadi Food Blogger Profesional

Menjadi seorang food blogger tidak hanya asal memotret makanan dan menulis sekadarnya saja. Namun untuk mendatangkan banyak pengunjung ke blog kita, diperlukan usaha dan ketelatenan untuk mewujudkannya. Berikut 18 tips yang bisa kamu coba bila ingin menjadi seorang food blogger profesional.

1. Jadilah Diri Sendiri

Postinglah makanan yang memang benar-benar kamu sukai dan buatlah konten semenarik mungkin, sebisa kamu. Kamu harus memiliki passion untuk benar-benar serius menjadi food blogger yang profesional.

2. Jangan Mudah Menyerah

Mendatangkan pengunjung ke blog kamu tidaklah bisa didapat dengan waktu yang singkat. Kamu harus bersabar dan tidak mudah menyerah apabila blog kamu sepi di awal-awal. Itu adalah hal yang lumrah karena blog kamu baru danbelum banyak orang yang tahu tentang blog milkmu itu. Teruslah membuat konten menarik, sehingga lama-kelamaan blog kamu akan semakin dikenal.

3. Postinglah Konten yang Original

Tulislah sesuatu yang memang benar-benar dari pikiranmu sendiri. Jangan sampai kamu menyontek atau bahkan copy paste tulisan orang lain. Kalau kamu benar-benar ingin menjadi seorang food blogger yang profesional, kamu harus benar-benar memposting konten yang original. Tunjukkanlah kemampuan kamu yang sebenarnya pada orang-orang.

4. Tunjukkan Kepribadianmu!

Jangan takut untuk menunjukkan sesuatu yang muncul dari dalam hatimu. Tulislah apa yang benar-benar kamu rasakan dan pikirkan. Jujurlah kepada orang-orang tentang makanan sesuai dengan yang kamu rasakan. Jika menurutmu itu kurang enak, katakan saja kalau makanan itu memang kurang enak. Kenapa kamu harus berbohong? Dengan mengatakan hal yang sebenarnya, kamu justru akan lebih menjaga reputasimu sebagai blogger yang benar-benar profesional.

5. Jalinlah Pertemanan dengan Sesama Blogger

Bertemanlah dan jalinlah pertemanan dengan blogger lain untuk saling berbagi. Jangan jadikan mereka sebagai pesaing yang harus kamu musuhi, justru sebaliknya, ajaklah mereka untuk berkolaborasi. Kamu bisa memulai pertemanan dengan meninggalkan komentar di blog mereka, atau bisa juga di akun media sosial mereka. Kamu bisa juga mempromosikan konten mereka di blog kamu. Ke depannya, hubungan sesama blogger ini akan sama-sama menguntungkan satu sama lainnya.

6. Cantumkanlah Akun Sosial Media Kamu

Adanya akun media akan semakinmemudahkan pengunjung blog kamu untuk menghubungi kamu.

7. Buatlah Blog dengan Tampilan yang Sederhana

Kamu tidak perlu terlalu banyak menambahkan widget-widget yang tidak perlu ke dalam blogmu. Hal itu justru akan membuat blog kamu lebih lambat dan tidak enak dipandang oleh pengunjung.

8. Buatlah Kolom Komentar yang Sederhana

Kamu tidak perlu membuat kolom komentar yang mengharuskan pengunjung untuk login terlebih dahulu atau dengan memasukkan CAPTCHA. Buatlah kolom komenta kamu menjadi lebih sederhana, sehingga akan banyak orang yang berkomentar di blog kamu.

9. Pasanglah Sharing Buttons

Adanya sharing buttons ke berbagai media sosial di setiap postingan akan memudahkan pengunjung kamu untuk membagikan tulisan kamu kepada orang lain. Dengan begitu, kamu juga bisa mendapatkan pengunjung yang lebih banyak lagi.

Loading...

10. Cukup Posting Resep yang Tak Biasa Saja

Blog kamu bukanlah blog tentang resep makanan, jadi jangan terlalu banyak dan sering memposting tentang resep di blog kamu. Lebih baik membiarkan blog kamu selama beberapa hari daripada harus memposting resep yang sebenarnya tidak diperlukan pengunjung blog kamu. Justru itu akan membuat mereka terganggu.

11. Kutiplah Sumber

Jangan sampai kamu memposting tulisan dari blogger lain tanpa seizinnya. Apalagi sampai kamu mengakui konten blogger lain menjadi miliki kamu. Tulislah menurut pemikiranmu sendiri, apabila kamu memang mengutip dari tempat lain, tulislah darimana konten itu berasal.

12. Jangan Posting Konten yang Tidak Sesuai dengan Blog Kamu

Fokuslah pada konten yang menarik sehingga bisa membuat pengunjung blog kamu senang dan ketagihan membaca blog kamu. Kamu tidak perlu membuat konten yang menyesuaikan dengan produk yang tidak sesuai dengan blog kamu.

13. Postinglah Secara Teratur

Konsistenlah menulis setidaknya satu postingan setiap pekan di blog kamu. Akan lebih baik lagi jika kamu konsisten menulis satu konten tulisan setiap hari. Satu yang pasti adalah jangan sampai orang-orang mengira blog kamu sudah tidak aktif lagi karena terlalu lama tidak update tulisan.

14. Pakaialah Domain Sendiri

Jika kamu ingin dianggap serius, belilah domain untuk blog kamu dan hindari memakai platform blog gratisan. Kamu bisa membeli domain dengan harga seratus ribuan selama setahun.

15. Bangunlah Blog Kamu dengan Self-hosted

Jika kamu ingin lebih memiliki blog dengan tampilan yang lebih baik lagi, kamu bisa menyewa hosting sendiri untuk domain milik kamu. Kamu bisa membelinya di situs-situs penjual hosting yang ada.

16. Belajarlah tentang Optimasi Mesin Pencari

SEO (Search Engine Optimization) bukanlah ilmu hitam. SEO adalah ilmu tentang membuat konten berkualitas dan bagaimana supaya tulisan kamu mudah ditemukan pengguna internet. Kamu bisa memelajarinya melalui tutorial-tutorial yang banyak di internet.

17. Belajarlah tentang Cara Mengambil Foto yang Menggugah Selera

Penting untuk membuat foto makanan yang menggungah selera makan pembacanya. Semakin tinggi nafsu makan orang yang membaca konten bikinanmu, itu berarti konten kamu benar-benar bagus dan berkualitas. Kamu harus meingkatkan kualitas foto-foto kamu dengan terus belajar. Kamu bisa belajar dengan meniru foto-foto dari blogger lain yang menurutkamu memiliki foto yang berkualitas.

18. Pintar-pintarlah Mengusung Strategi

Menjadi seorang food blogger tentu menuntut kamu mencicipi banyak makanan ke resto-resto. Jika kamu tidak memiliki strategi, kamu bisa kehabisan uang sebelum kamu mendapatkan penghasilan dari blog kamu. Maka, seorang food blogger harus memiliki stratagi keuangan. Kamu bisa berkolaborasi dengan blogger lain untuk patungan membeli makanan.

Tags: Food Blogger, Tips Menjadi Blogger

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com