12 Tips Memilih Jurusan Kuliah Terbaik

Tips 1 month ago
12 Tips Memilih Jurusan Kuliah Terbaik

Memilih jurusan kuliah sama halnya dengan memulai langkah untuk menentukan masa depan. Agar tidak salah dalam memilih maka dibutuhkan pertimbangan yang tepat. Jadi, bukan karena ikut-ikutan, perintah orang tua, apalagi kalau hanya asal pilih tanpa petunjuk.

Kesalahan dalam memilih jurusan bisa berdampak sangat fatal. Mulai dari tidak fokus menjalani proses perkuliahan, menyesal setelah lulus, sampai tidak menemukan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan. Oleh karena itu anda perlu tahu seperti apa tips dalam memilih jurusan kuliah yang terbaik. Bukan sekedar masuk ke perguruan tinggi dan mendapatkan gelar Mahasiswa.

Tips Memilih Jurusan Kuliah Agar Tidak Menyesal

Tips ini dibuat dengan melihat banyaknya mahasiswa yang tidak fokus pada kuliahnya, berakhir dengan drop uot. Banyaknya alumni yang tidak mencari pekerjaan sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Serta banyaknya alumni yang menjadi pengangguran karena kualitas pendidikan yang diukur dengan standar nilai tidak memuaskan penerima kerja.

Selain itu anda perlu melakukan pertimbangan dengan sangat matang dalam memilih jurusan agar terhindar dari pergaulan yang salah di dunia kampus. Ketika anda memasuki perguruan tinggi, maka kontrol sepenuhnya diberikan kepada anda. Sangat berbeda dari bangku sekolah, dunia kampus memberikan anda lebih banyak kebebasan. Sehingga faktor penentu sukses atau tidaknya anda, sebagian besar terletak pada anda sendiri.

1. Pilih Jurusan Seusai Passion

Hal pertama yang perlu anda pertimbangkan adalah apa yang anda senangi. Ketika anda senang dengan sesuatu maka anda akan menjalaninya dengan tulus ikhlas, tidak ada paksaan. Maka tentunya hasilnya akan baik.

Jadi, cari tahu apa yang paling anda senangi. Misalnya anda suka musik, maka pilihlah jurusan yang berhubungan dengan musik. Maka tentunya anda akan menikmati setiap proses perkuliahan karena disanalah cinta anda berada.

2. Pilih Jurusan Untuk Mengembangkan Bakat

Hampir sama dengan pertimbangan pertama. Namun terkadang ada bakat terpendam yang ingin dikembangkan. Sesuatu yang mungkin pada awalnya bukanlah sesuatu yang disenangi, bisa jadi karena keterbatasan alat pendukungan pengembangan bakat tersebut.

Misalnya saja anda adalah orang yang sangat senang dengan musik. Namun ternyata memiliki bakat dalam hal desain grafis. Maka anda bisa memilih desain grafis. Toh, anda bisa menciptakan karya hasil desain sambil mendengarkan musik.

3. Pilih Jurusan Dengan Lapangan Kerja Luas

Tidak bisa dipungkiri bahwa dari ujung perjalanan kuliah selalu bermuara pada pekerjaan. Bagaimana mendapatkan pekerjaan yang layak. Maka pertimbangan lapangan pekerjaan juga tidak bisa diabaikan.

Bayangkan anda kuliah paling cepat 2 tahun untuk program Diploma 2 sampai empat tahun untuk program strata 1. Namun pada akhirnya jurusan anda ternyata tidak diminati banyak perusahaan atau instansi. Anda ternyata sangat sulit mendapatkan lowongan pekerjaan. Tentunya anda melakukan pekerjaan yang hampir bisa dikatakan sia-sia, terlepas anda memiliki kreatifitas tersendiri dalam mendapatkan pekerjaan.

4. Pilih Jurusan Terakreditasi

Akreditasi jurusan juga harus anda perhatikan dengan baik. Karena pada perusahaan atau instansi tertentu. Akreditasi jurusan menjadi salah satu pertimbangan dalam penerimaan calon karyawan/ pegawai. Apalagi untuk mengikuti tes penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Akreditasi jurusan menjadi perhatian penting.

Untuk informasi tentang akreditasi juruan anda bisa mencari tahu melalui mahasiswa yang kuliah pada kampus atau jurusan tersebut. Jurusan dengan akreditasi terbaik memiliki peluang kerja yang lebih besar juga tentunya. sebagai informasi tambahan bahwa Jurusan yang sama pada kampus berbeda bisa memiliki akreditasi yang berbeda.

5. Pilih Jurusan Dengan Biaya Kuliah Lebih Murah

Bagi anda yang memiliki kondisi keuangan menengah ke bawah. Melanjutkan kuliah tanpa beasiswa, maka pilihan jurusan dengan biaya kuliah murah juga sebaiknya jadi pertimbangan. Jangan sampai biaya kuliah menjadi penghalang keberlangsungan kuliah anda.

Tentunya bagi anda yang memiliki orang tua dengan penghasilan yang sangat besar tidak perlu memikirkan hal ini. Cukup pertimbangkan keempat hal di atas. Namun tentu tidak ada salahnya ketika anda bisa kuliah pada jurusan dengan biaya kuliah murah dan juga sesuai dengan passion anda.

6. Pilih Jurusan Dengan Trend Mahasiswa Positif

Faktor lain yang perlu anda pertimbangkan adalah trend mahasiswanya. Anda sebaiknya memilih jurusan dengan trend mahasiswa positif. Dimana aktivitas perkuliahan selain proses belajar formal juga diisi dengan berbagai kegiatan bermanfaat. Meski pada dasarnya kegiatan sepert ini lebih sering diwadahi oleh Unit Kegiatan Kampus (UKM). Namun pada moment tertentu Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) juga melakukan kegiatan-kegiatan positif.

Loading...

Beberapa kampus ada jurusan yang memiliki trend negatif, seperti terlibat tawuran. Aksi provokasi dan kegiatan negatif lainnya. Jurusan ini sebaiknya anda hindari agar tidak terjebak pada pergaulan yang salah di kampus nantinya.

7. Pilih Jurusan Dengan Jam Kuliah Yang Tepat

Beberapa kampus menerapkan jam perkuliahan sampai malam. Tentunya hal ini memberikan pilihan alternatif kepada mahasiswa untuk melakukan hal lain di siang hari. Bagi anda yang berniat bekerja sambil kuliah maka anda harus memilih jurusan yang memberikan anda kebebasan waktu bekerja.

Misalnya anda bisa meminta perubahan/ pergantian jadwal kuliah. Membuat jadwal kuliah anda tidak saling bertabrakan dengan jam kerja anda. Banyak UMKM yang menerima karyawan part time dari kalangan mahasiswa. Jadi selain untuk mendapatkan penghasilan anda tentu bisa mendapatkan sedikit pengalaman tentang dunia kerja.

8. Pilih Jurusan Dengan Fasilitas Belajar Memadai

Pertimbangan terakhir yang bisa anda lakukan dalam memilih jurusan adalah fasilitas belajarnya. Cari tahu tentang fasilitas belajar dari jurusan yang anda pilih. Biasanya kampus memiliki perbedaan fasilitas yang disiapkan. Untuk jurusan tertentu, ketersediaan fasilitas belajar akan sangat berpengaruh terhadap antusiasme belajar.

Mulai dari kelengkapan alat prakter (Jika dibutuhkan), ruang kelas, sampai tenaga pendidiknya. Pastikan bahwa apa yang disiapkan oleh kampus untuk jurusan yang akan anda pilih bisa membuat anda betah belajar. Terlebih lagi jika ternyata biaya kuliahnya mahal, tentunya itu perlu menjadi tuntutan dan pertimbangan serius.

9. Konsultasikan Dengan Keluarga Jurusan Yang Akan Dipilih

Sebaiknya sebelum menentukan pilihan jurusan terlebih dahulu konsultasikan dengan keluarga. Minta saran dan pertimbangan. Biasanya keluarga (Orang Tua) lebih bijak dalam pengambilan keputusan. Tentunya saran dan pertimbangan mereka akan sangat berharga.

Meskipun pada dasarnya bahwa anda yang akan menjalani. Namun dukungan keluarga sangat anda butuhkan dalam menjalaninya. Selain itu, toga wisuda anda nantinya akan menjadi hadiah terbaik untuk keluarga (Orang Tua).

10. Buat alternatif Jurusan

Anda sebaiknya menentukan alternatif jurusan atau pilihan kedua dan ketiga. Tentunya untuk membandingkan mana yang kemungkinannya lebih baik. Dengan adanya alternatif pilihan ini anda akan lebih mudah memilih.

Sebagai informasi tambahan bahwa pada saat proses pendaftaran anda juga akan diberikan kesempatan untuk memilih jurusan alternatif. Misalnya anda tidak lulus pada pilihan pertama maka anda bisa memilih pilihan kedua. Untuk pilihan alternatif anda bisa memilih yang mungkin hampir sama dengan pilihan pertama, misalnya jurusan manajemen dan Akuntansi yang sama-sama berada pada Fakultas Ekonomi. Atau anda memilih alternatif dengan melihat bakat lain anda.

11. Kumpulkan Informasi Sebanyak Mungkin

Setelah anda punya beberapa pilihan jurusan yang akan dipilih nantinya. Mulailah mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang jurusan tersebut. Anda bisa bertanya pada senior atau mahasiswa aktif pada jurusan tersebut, mencari lewat media cetak ataupun internet.

Tentunya anda akan banyak menemukan fakta dan opini terkait jurusan tersebut. Lakukan pertimbangan yang matang dan tentukan mana yang akan menjadi jurusan pilihan utama dan alternatif.

12. Jangan Memilih Jurusan Hanya Karena Ikut-ikutan

Tips terakhir ini menjadi kesimpulan dari semua rangkaian tips di atas. Memilih jurusan bukan karena ikut-ikutan saja. Hanya karena teman-teman se alumni banyak yang memilih jurusan tertentu lantas ikut juga memilih tersebut.

Pastikan bahwa anda memilih karena pertimbangan yang matang. Berdasarkan informasi yang cukup anda dapatkan dan juga beberapa saran dan pertimbangan dan orang tua. Ingat bahwa pilihan anda pada jurusan tertentu akan menentukan nasib anda empat tahun ke depan.

Semoga tips memilih jurusan kuliah terbaik membantu anda. Pastikan bahwa anda tidak salah dalam memilih jurusan. Anda siap menjalani proses perkuliahan dengan penuh semangat, karena itu adalah awal anda mulai mengejar impian masa depan anda.

Tags: Jurusan Terbaik, Memilih Jurusan

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com