close
Inilah  Tips dan Solusi Terbaik Bagi Anda yang Belum Mendapat Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah
Pasca lulus kuliah menjadi sebuah lembaran baru dalam hidup. Anda memasuki dunia kerja, namun pada kenyataannya tidak semudah itu mendapatkan pekerjaan impian. Inilah hal- hal yang bisa anda lakukan setelah lulus kuliah, jika belum bekerja

Bagi anda yang berkuliah tentu lulus dan menjadi sarjana menjadi target utama. Empat tahun menimba ilmu, mengenakan toga dan mendapat ijazah adalah keinginan terbesar para mahasiswa.

Namun apakah anda pernah berpikir tentang bagaimana kehidupan anda setelah lulus, apa yang akan anda kerjakan? Tentu opsi terbesar memang bekerja. Yang paling standar akan terjadi adalah, anda akan mulai membeli Koran akhir pekan, mencari iklan lowongan, atau mulai intens di depan gadget untuk online melihat-lihat peluang bekerja. Apakah memang itu yang anda lakukan selama ini?

Jika ya, tentu dengan kondisi perekonomian global yang saat ini tengah lesu, peluang anda untuk meraih pekerjaan imipian, atau minila samalah dengan apa yang anda pelajari selama di bangku kuliah bisa jadi sangat tipis. Mengapa begitu? Karena memang saat ini jumlah lulusan perguruan tinggi dengan peluang kerja sudah tidak berbanding lurus.

Bisa jadi untuk satu ‘kursi’ pekerjaan, anda harus bersaing dengan ratusan sarjana baru atau tidak baru yang sama – sama ingin bekerja.

Endingnya biasanya ada dua pilihan, anda akan menganggur lama dan malu sama orang tua atau pacar, atau anda akan bekerja ‘seadanya’ hingga mengambil pekerjaan yang tidak sama dengan bidang kuliah anda, atau malah pekerjaan yang standarnya jauh di bawah tingkat pendidikan anda.

Lalu bila iya hal ini terjadi, apakah anda bahagia? Jawaban sejujurnya tentu saja tidak.

Nah, jika memang anda tidak ingin terjadi, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk tetap bisa menghasilkan pundi – pundi rupiah. Apa saja itu? Mari kita simak bersama :

  1. Menumbuhkan semangat ber-enterpreneur

Enterpreneur alias wirausaha memang menjadi salah satu pilihan paling realistis bagi anda yang memang belum bisa memastikan masa depan pasca lulus dari bangku kuliah.

Memang bukan pekerjaan mudah untuk menjadi seorang entrepreneur, butuh kemauan, kerja keras dan juga inovasi sebagai modal utama, selain tentu saja modal kapital.

Untuk bisa menumbuhkan semangat entrepreneur tersebut, maka anda perlu menggali bidang apakah yang anda senangi, atau mungkin hal yang menjadi hobi anda. Semisal anda memang selama ini gemar membaca, mengapa anda tidak mencoba menjadi penulis? Berbagai situs kini telah bisa mewadahi hal seperti ini, sebut saja vebma.com, yang terbuka bagi siapapun untuk menjadi penulis dan mendapatkan honor.

Atau hal  -hal lainnya yang memang sesuai dengan kesenangan atau minat anda. Ingat, hobi yang dibayar adalah pekerjaan paling menyenangkan di dunia.

  1. Menyelaraskan Enterpreneur dengan Bidang Kuliah Anda

Anda telah berkuliah selama bertahun –tahun, dan akhirnya lulus, tentu saja anda sudah sangat memahami bidang yang menjadi fokus kuliah anda.

Nah, jika memang anda belum bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang kuliah anda, mengapa anda tidak membuat peluang kerja sendiri dari sana? Yang pertama kali anda perlukan adalah mencoba mecari peluang apa sajakah yang tersedia yang sesuai dengan bidang kuliah anda.

Sekarang kita ambil contoh, semisal anda lulusan fakultas komunikasi dengan penjurusan broadcasting. Maka akan banyak hal yang bisa kita lakukan, selain hanya sekedar bekerja di televisi.

Bisa jadi anda membuka Production House (PH) sendiri, yang melayani jasa pembuatan berbagai dokumentasi. Hmm, tentu anda terbayang dengan modalnya yang mungkin terlihat wah. Jangan kuatir terkait dengan peralatan anda masih bisa menyewa, apalagi jasa penyewaan peralatan video dan fotografi kini sudah makin menjamur.

Nah, ini adalah salah satu contoh saja dari bidang yang bisa anda wirausahakan namun sesuai dengan pendidikan anda.

Terkait peluang – peluang lain, tentu anda bisa menelusurinya sesuai dengan bidang pendidikan anda masing – masing

  1. Modal Kapital

Bicara entrepreneur tentu tidak bisa lepas dari yang namanya modal kapital alias uang. Untuk hal yang satu ini ada beberapa hal yang bisa kita lakukan sebagai solusinya.

Cara termudah adalah gunakan orangtua/ keluarga anda sebagai penyedia modal kapital. Ga perlu gengsi, yang pasti anda juga harus memegang teguh komitmen tentang bagaimana pengembalian modal tersebut kepada mereka.

Daripada harus ke bank dengan bunga, tentu peminjaman dari keluarga akan jauh lebih lunak, karena kebanyakan tidaka kan pakai bunga. Hehehe…

  1. Menjadi Freelancer

Ketika anda masih menganggur pasca lulus, menjadi entrepreneur bukanlah menjadi satu-satunya pilihan. Di era sekarang ini menjadi freelancer(sesuai dengan bakat dan bidang keahlian anda) juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Saat ini di Indonesia sendiri sudah begitu banyak situs yang menyediakan jasa untuk menjadi pekerja freelance. Tentu saja anda bisa memanfaatkan situs – situs tersebut untuk mendapatkan pekerjaan.

Baca Juga: Sudah Lulus Jadi Sarjana Masih Bingung ? Baca 5 Hal Ini untuk Mengatasi Kegalauan Kamu

Mungkin awalnya uang freelance memang tidak begitu besar, namun bila anda tekuni dan orderan terus masuk, niscaya pemasukan anda akan sama dengan para pekerja kantoran. Jadi anda tinggal fokus, tekun, bersabar dan mau terus berusaha.

Nilai lebih sebagai freelancer juga terdapat pada fleksibilitas waktu kerja. Dimana anda tidak akan terikat dengan office hour. Anda sendirilah yang menentukan waktu kerja, yang penting pekerjaan berese sebelum deadline.

Bagaimana apakah ada berminat juga menjadi freelancer atau entrepreneur? Jadi jangan menyerah ya pasca lulus, terus berusaha dan bersemangat.

Loading...
Loading...
Artikel ini di tulis oleh Noy kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Artikel Terkait