6 Tips Agar Tetap bugar Bekerja di Depan Komputer

12-10-2016 (1 month ago)

Deatline yang mepet membuat Anda harus tetap berada di depan layar komputer membuat Anda menjadi lelah.

Bekerja di depan komputer apalagi dalam waktu yang lama tentu saja dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan membuat tubuh menjadi tidak bugar. Pegal pada tubuh, mata perih, leher sakit adalah hal yang sering dialami saat sedang berada di depan layar komputer apalagi dalam waktu yang lama. Tapi banyaknya pekerjaan yang menumpuk dan deatline yang mepet membuat harus selalu tetap berada di depan layar komputer.

Untuk mengatasi dan mengurangi dampak tersebut, lakukanlah 6 tips agar tetap nyaman dan bugar bekerja di depan komputer dalam waktu yang lama.

1. Pasang filter layar

Tips pertama yang perlu Anda lakukan agar tetap bugar bekerja di depan komputer adalah dengan memasang filter layar monitor. Filter layar monitor berfungsi untuk mengurangi intensitas cahaya monitor komputer Anda.

2. Jangan bekerja di tempat gelap

Hindarilah bekerja pada tempat yang gelap saat bekerja di depan komputer. Perhatikan pula intensitas cahaya komputer dengan cahaya ruangan tempat Anda bekerja. Jangan sampai intensitas cahaya komputer lebih terang daripada cahaya ruangan. Hal ini dapat menyebabkan mata bekerja lebih keras saat menatap layar komputer yang terang sehingga membuat mata Anda cepat lelah dan perih.

3. Atur posisi duduk

Atur posisi duduk Anda perhatikan jarak mata dengan layar komputer. Atur juga posisi keyboard dan mouse senyaman mungkin. Hal yang paling penting adalah hindari posisi membungkuk karena dapat membuat punggung dan leher kamu akan menjadi keram dan cepat lelah.

4. Istirahat sejenak

Meskipun didesak oleh deatline tapi berilah tubuh Anda waktu untuk beristirahat sejenak. Saat istirahat sempatkan untuk melihat kearah lain jangan selalu menatap layar komputer. Lakukanlah gerakan-gerakan kecil seperti meregangkan tangan dan kaki,  berjalan atau gerakan-gerakan lain untuk peregangan tubuh. Dengan melakukan gerakan tersebut tubuh kamu tidak akan kaku dan pegal-pegal.

5. Minum teh madu

Bekerja dengan menggunakan komputer dalam waktu yang lama akan membuat tubuh menjadi pegal, mata menjadi lelah dan juga mengantuk. Biasanya bekerja di depan komputer sering ditemani oleh secangkir kopi atau teh. Minuman yang paling pas saat bekerja seharian di depan komputer itu ditemani oleh teh madu. Dengan meminum teh madu akan membuat tubuh menjadi lebih tenang dan rileks saat mengerjakan tugas.

6. Percantik meja kerja

 Percantiklah meja kerja Anda untuk agar Anda kembali tetap semangat. Sebuah tanaman bunga mini pastinya akan menyegarkan mata dan juga pikiran. Daun yang hijau dan juga warna bunga yang cerah sangat identik dengan alam yang memberi kesan nyaman dan damai. Menambah tanaman hias di atas meja kerja, terutama tanaman berwarna hijau akan meningkatkan kualitas udara dan konsentrasi, dan membuat Anda menjadi tetap semangat dan bugar.

Itulah 5 tips agar tetap bugar walaupun bekerja didepan komputer dalam waktu yang lama. Dengan melakukan tips tersebut lelah, mata perih, kram dapat diminimalisir.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel