Tak Memiliki Uang Banyak Untuk Berwisata Di Jakarta, Ini Alternatif Yang Patut Dicoba

07-11-2016 (1 month ago)

Jakarta adalah ibukota negara Indonesia. Sebagai ibukota negara, tentunya kota Jakarta memiliki beragam destinasi wisata. Inilah beberapa tempat wisata di Jakarta, yang dikenal dengan biaya murahnya.

Jakarta dan Monas adalah ikon dari Negara Indonesia. Semenjak Indonesia merdeka, daerah Jakarta ini memang sudah dikenal sebagai ibukota negara. Sebagai ibukota negara, Kota Jakarta dikenal dengan kota yang memilki kesibukan terpadat. Bahkan karena padatnya kesibukan yang terjadi di kota ini, sering kali kemacetan terjadi. Konotasi negatif terhadap kota Jakarta ini memanglah tak bisa dipisahkan.

Misalnya saja, kota Jakarta ini, dikenal sebagai kota yang sering kali mengalami kebanjiran, kemacetan, semrawut ataupun permasalahan pelik lainnya sering kali terjadi disini. Letak geografis dan kondisi tanah yang lebih rendah bila dibandingkan dengan kota Bogor, membuat kota Jakarta sering kali mengalami kebanjiran. Akan tetapi disamping hal-hal buruk ini, Jakarta juga menyimpan keindahan wisata yang menarik dan wajib untuk dikunjungi.



Jakarta sebagai ibukota negara, dikenal juga dengan banyaknya terdapat perusahaan besar berbangunan tinggi. Namun selain itu, rupanya banyak bangunan lain yang bisa kamu kunjungi. Contohnya saja, museum, kebun binatang, taman, atau juga tempat-tempat lainnya. Bila tanggal muda, memanglah pikiran kita tak terlalu dipusingkan dengan uang. Namun saat tanggal tua tiba, atau sedang bokek, pasti pikiran pusing. Disaat kamu pusing, maka haruslah perlu refreshing sejenak. Jangan khawatir refrsehing tak melulu mengerluakan banyak uang. Berikut ini akan diulas beragam tempat destinasi wisata murah yang ada di kota Jakarta.

Monumen Nasional (Tugu Monas)
 
Monas atau tugu monumen nasional ini, sengaja dibuat untuk perjuangan rakyat Indonesia dalam mengusir penjajah dan merebut kemerdekaan. Tugu monumen bersejarah ini, dibuat dengan tinggi 132 meter. Adapun orang yang merancang bangunan bersejarah ini ialah Friedrich Silaban dan R.M. Soedarsono. Tugu monas yang setinggi 132 meter ini atau kira-kira 433 kaki, pada bagian puncak atau atasnya bermahkotakan lidah api serta dilapisi lembaran emas. Sebagai bangunan bersejarah monas merupakan tempat wisata paling populer di Jakarta. Sering kali kita melihat banyaknya bus-bus yang parkir di sekitaran kawasan ini. Bus-bus ini berisi rombomgan wisata atau study tour anak-anak sekolah dari luar pulau jawa ataupun dari dalam pulau jawa.



Monas ini terbuka untuk dikunjungi oleh umum. Dibuka setiap hari sejak jam 8 pagi hingga jam 3 sore. Disarankan untuk mendatangi tempat ini, janganlah pada waktu weekend, karena biasanya akan dipadati oleh pengunjung. Antrean yang memanjang akan membuat anda kelelahan dan bosan bila mengunjungi monas ini diwaktu weekend. Pada bagian bawah monas, atau dilantai dasar, terdapat museum sejarah nasional Indonesia. Museum ini berukuran seluas 80 x 80 meter. Dan terdapat pula lift yang akan membawa anda bisa sampai ke puncak monas, sekaligus bisa menyaksikan pemandangan kota Jakarta dari atas. Harga tiket untuk memasuki tugu monas sebesar lima ribu rupiah untuk orang dewasa, sedangkan mahasiswa sebanyak tiga ribu rupiah. Namun bila menginginkan menggunakan lift, untuk sampai ke puncak monas, harus membayar lagi tiket sebesar 10 ribu rupiah untuk orang dewasa, dan lima ribu rupiah untuk kategori mahasiswa atau pelajar.
 
Letak monas ini berada di jantung kota atau pusat kota, bersebelahan dengan stasiun gambir. Bila hendak ke monas dengan menggunakan transportasi umum disarankan menggunakan transjakarta. Stasiun halte busway terdekat dengan lokasi tugu monas ini adalah, halte busway monas, lalu dari situ anda bisa berjalan kaki sebentar untuk menuju tempat ini.
 
Taman Suropati Jakarta

Taman suropati ini adalah tempat paling hits bagi anak muda untuk menghabiskan waktu. Lokasi taman ini berada di menteng tepatnya jalan diponegoro, jakarta pusat. Apabila kalian ingin mengunjungi taman ini, disarankan di waktu weekend, karena terdapat banyak sejumlah seniman atau musisi jalanan yang datang ke taman ini. Selain itu banyak juga, orang-orang yang datang berlatih paduan suara/kooor suaranya merdu untuk didengar. Lalu selain itu ada juga sekelompok mahasiswa atau anak muda yang berlatih seni peran drama di taman ini.



Untuk masuk taman ini, anda tak perlu dipusingkan biaya masuk. Karena taman ini memang sengaja dibuka untuk umum. Di taman ini, banyak sekali terdapat ragam bunga yang indah dan segar untuk dipandang. Bahkan bunga-bunga ini pun dirawat dengan baik oleh pemerintah provinsi Jakarta.

Baca Juga: Perhatikan 5 Hal Ini Saat Melamar Kerja, Agar CV Kamu Di Lirik Oleh Perusahaan

Kebun Binatang Ragunan
 
Kebun binatang ragunan di jakarta ini, merupakan salah satu kebun binatang yang paling populer di Indonesia. Kebun binatang ini dibangun sebelum Indonesia merdeka. Kala itu Raden Saleh memberikan tanah seluas 10 hektar kepada organisasi batavia. Di tahun 1864, organisasi batavia mendirikan Planet En Dierentuin. Yang bila di bahasa indonesiakan artinya menjadi, tanaman dan kebun binatang. Bermula dari  pendirian Planet En Dierentuin inilah, awal cikal bakal kebun binatang ragunan berdiri.

 
Kebun bintang ragunan ini berlokasi di daerah jakarta selatan tepatnya di alamat Jalan Harsono Nomor 1 Kelurahan Ragunan Kecamatan Pasar Minggu. Bila mengunjungi kebun binatang ini, menggunakan kendaraan atau transportasi umum, disarankan menggunakan Transjakarta. Karena lokasi kebun binatang ragunan ini berdekatan dengan halte busway transjakarta ragunan. Bila menggunakan comuter line, anda bisa berhenti di stasiun pasar minggu, kemudian bisa sambung ojek, atau mikrolet berwarna merah S15. Untuk masalah biaya, kebun binatang ragunan ini cukup murah, biaya untuk karcis masuknya hanya sebesar 4.000 rupiah.

Museum Fatahillah



Museum fataillah ini berada di kawasan kota tua. Bila hendak kemari bisa menggunakan comuter line dan turun di stasiun kota. Luas tanah museum ini sebesar 1.300 m2. Harga tiket masuk museum ini pun terbilang terjangkau, hanya dengan mengeluarkan biaya Rp. 5.000 rupiah anda sudah bisa memasuki museum ini.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel