Loading...

Ingin Menulis novel? Ini dia 6 Langkah Menulis Novel Penulis Jaman Now

Tips · 8 months ago
Ingin Menulis novel?  Ini dia 6 Langkah Menulis Novel Penulis Jaman Now

Bagi sebagian orang , membaca dan menulis adalah salah satu cara positif untuk menuangkan hobi, makin kesini makin ramai khalayak yang ingin menjadi penulis tetapi terkendala oleh cara dan tips menulis.

6 langkah menulis novel bagi kamu yang masih baru memulai. 

1.Tarik pembaca dengan menyuguhkan konflik. 

cara ini  terbukti mampu membuat pembaca tertarik. Seperti contoh :    "awas.... " "bhuk"

Suara teriakan terdengar di tepi jalan yang ramai . Semua orang langsung bergerombolan

Terdengar seolah olah nyata bukan? Kata orang, bukan cerita namanya jika tak ada konflik.  Maka,  meletakkan konflik di awal paragraf bisa jadi cara jitu untuk menarik pembaca. 


2.Perkenalkan secara mendalam karakter tokoh novel

arahkan pembaca untuk bisa membayangkan tokoh novel dengan mendeskripsikan penampilan, sudut pandang berfikir dan tingkah laku tokoh. Seperti contoh dalam kutipan novel"CatatanJuang"

Seberes mandi, suar duduk didepan cermin, cukup lama, tanpa melakukan apa pun. Dicermatinya gadis yang menatapnya dari balik cermin. Kulitnya yang putih kekuningan, hidungnya yang tidak terlalu mancung tapi juga tak bisa dibilang pesek, bibirnya yang merah merona tanpa perlu dipulas gincu, juga rambut lurus sepunggungnya yang masih basah.

Nah,  dalam novel tersebut penulis mendeskripsikan penampilan dari suar. 

3.Buat dialog yang membekas  dalam benak pembaca

Loading...

Langkah ini sangat ampuh untuk menarik perhatian pembaca.  biasaya, pembaca akan mudah mengingat dialog pada novel apabila berkesan, lantas dijadikan quotes galau kemudian di upload di jejaring sosial.  Adalah contoh dalam kutipan novel" Daun yang jatuh tak pernah membenci angin".   Kebaikan itu seperti pesawat terbang tania. Jendela jendela bergetar, layat teve bergoyang, telepon genggam terinduksi saat pesawat itu lewat.  Kebaikan merambat tanpa mengenal batas. Bagai garpu tala yang beresonansi,  kebaikan menyebar dengan cepat. 

Indah bukan? dialog pada kutipan diatas memberi makna mendalam, sangat cocok dijadikan quotes bagi khayalak baper. 

4.Tentukan sudut pandang cerita yang akan kamu ambil

Sudut pandang harus dapat menggambarkan adegan secara baik. bisa berperan menjadi orang pertama dengan kata ganti aku, saya, kami, kita, ataupun sudut pandang orang ketiga yang berperan sebagai pengamat. Kata ganti yang digunakan adalah ia,dia,mereka,-nya. 

5.Menulis ending novel

Ending cerita ada dua yaitu ending terbuka dan ending tertutup. Ending tertutup adalah akhir cerita yang menyelesaikan secara tuntas konflik yang terjadi,  sedangkan konflik terbuka adalah ending yang konfliknya belum sepenuhnya selesai sehingga si pembaca bisa beramsumsi. Kamu bisa memilih salah satu diantara kedua ending tersebut. 

Dan yang terakhir adalah

6.Mencari judul yang menarik

Bagaimana cara mencari judul yang menarik? Tidak ada standar baku khusus sebenarnya namun yang perlu diperhatikan adalah tidak panjang, cantik, menggugah dan menarik perhatian. 

Dan jangan lupa, banyak banyaklah membaca majas,quotes,puisi dan sebagainya untuk disisipkan pada novel yang akan kamu buat

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Irmaa
Irmaa
0
Followers