Ini yang Perlu Bunda Lakukan Ketika Si Kecil Rewel Karena Tumbuh Gigi
Ini adalah saat yang paling dirasa lucu oleh sang ibunda bukan ?. Namun bunda pasti akan merasa resah melihat si kecil mulai rewel karena si kecil akan merasa terganggu oleh gigi tumbuh yang menyebabkan gusinya gatal.

Gigi si kecil sudah mulai berganti menjadi yang baru, yang lama mulai gugur satu persatu ini adalah perkembangan normal gigi si kecil sejak berada di kandungan. Biasanya gigi bayi akan tumbuh sejak usia 12 minggu, dan terlihat saat usia enam bulan. Dua gigi bawah depan yang hampir besamaan dengan yang atas biasanya akan tumbuh lebih awal dan lengkap pada usia 3 tahunan.

Ini adalah saat yang paling dirasa lucu oleh sang ibunda bukan ?. Namun bunda pasti akan merasa resah melihat si kecil mulai rewel karena si kecil akan merasa terganggu oleh gigi tumbuh yang menyebabkan gusinya gatal. Berikut adalah yang perlu bunda lakukan ketika si kecol rewel karena mulai tumbuh gigi :

1. Pahami betul tanda – tanda gigi si kecil mulai tumbuh, sejak memasuki usia 3 bulan

Biasanya si kecil suka menggigit sesuatu agar mengurangi rasa gatal, dan meskipun belum terlihat oleh bunda gigi si kecil memang tumbuh dan begitu putihnya sehingga tak terlihat. Selain itu si kecil suka berliur lebih, lebih rewel, susah tidur, sulit makan, bahkan gejala lain seperti demam akan dirasakan si kecil. 

2. Berikan mainan teether untuk gigi lembut si bayi, ini akan membantu si kecil tak menggigit segala barang yang dilihatnya

Mainan ini tentu akan membantu si kecil menyibukkan giginya yang tumbuh dan gatal. Bunda bisa membersihkan kembali teether dengan memasukkannya ke lemari pendingin atau merebusnya. Pastikan memilih teether dengan merek yang terjamin kualitasnya, ini akan berpengaruh pada standar keamanan pada bahan.

3. Memberikan makanan sehat untuk si kecil, ini akan menjadi alternative si kecil makan ketika ngemil sehat

Si kecil memang suka rewel ketika waktu makan, karena kesulitan saat mengunyah sehingga membuat buanda kebingungan. Solusinya bunda bisa memberikan sepotong wortel rebus untuk camilan si kecil, teksturenya yang keras namun tetap sehat untuk si bayi. Namun dilarang memberikan camilan yang mengandung gula atau coklat karena akan merusak gigi si kecil, dan jangan lupa selalu mengawasi si kecil supaya ngemil sehatnya tetap aman ya bunda.

4. Minuman dingin dan memberi usapan jari pada gusi si kecil akan membantu meredakan nyeri gigi yang baru saja tumbuh

Pastikan minuman tak terlalu dingin, berikan air dingin pada gigi untuk diminum seperti biasa saat usia 5 bualanan lebih. Berikan pijatan untuk gusi si kecil dengan memberi usapan dan sedikit menekan, sehingga bayi nyaman. Namun jika masih meresahkan bunda bisa membawa si kecil ke dokternya untuk mendapatkan resep penurun nyeri.

Baca Juga: Begini Caranya dapat 7,8juta Perbulan dari Vebma.com hanya menulis 2 Artikel perhari

5. Cara merawat gigi susu si kecil 

Bersihkan dengan menggunakan kain flannel dengan menggunakan jari bunda sebelum tidur malam. Setelah si kecil sudah mulai besar bunda bisa memberikan sikat gigi dengan bulu lembut dan pasta gigi khusus bayi tanpa busa sehingga tidak pedas. Tentu saja si kecil tidak disarankan diberikan konsumsi makanan manis atau minuman manis karena dapat membuat gigi rusak atau berlubang. Bagaimana menurut bunda ?

Artikel Terkait