Menjadi Kaya dengan Bijaksana

Tips 10 months ago
Menjadi Kaya dengan Bijaksana

Ingin kaya itu lumrah. Kaya adalah ambisi bagi seseorang yang ingin kesejahteraan hidup. Tapi jika keterlaluan juga tidak baik. Orang akan melihatnya sebagai serakah, dan itu sesuatu hal yang tidak enak untuk dilihat.

Jika sudah memiliki banyak uang dan menganggap orang lain lebih rendah, akan terjadi bahaya. Terdapat semacam perasaan dan anggapan tidak memanusiakan manusia. Itu karena memandang manusia lain dari sebatas kekayaan yang dimiliki.

Sebuah novel karya Kuntowijoyo yang berjudul Pasar (2016) menampilkan tokoh Kasan Ngali, orang kaya yang lambat laun serakahnya minta ampun. Seenaknya memandang wanita yang ingin dikawininya bakal mau saja karena dia kaya. Gonta-ganti istri dan menganggap semua wanita bisa ditaklukkan dengan uang, juga pandangannya terhadap orang lain yang tidak manusiawi.

Menjadi kaya adalah impian. Tapi sebelum mencapai impian tersebut, kita mesti punya persiapan. Katakanlah pondasi, agar saat kita benar-benar mewujudkan mimpi menjadi orang kaya, tetap kaya yang manusiawi.

  • Tidak Mudah Lelah

Mereka yang ingin kaya bukanlah orang yang mudah lelah. Mereka akan rela tidur lebih sedikit, dan bekerja lebih banyak dari orang lain.

Mereka biasanya meyakini bahwa “hasil tak pernah mengkhianati proses”. Oleh karena itu, mereka yakin bahwa apa yang mereka kerjakan akan mendapatkan hasil yang setimpal.

  • Membeli Barang Second

Barangkali ini sulit dipercaya. Tapi itulah yang sering terjadi, bahwa orang-orang kaya memulai bisnis dan usahanya dari nol. Mereka akan membeli barang sesuai kebutuhan dan sesuai fungsinya. Mereka membeli barang second yang secara harga lebih murah tapi masih tetap bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Membeli barang second tapi berkualitas dan bisa berfungsi tahan lama.

Model berpikirnya bukan berpikir konsumtif untuk memenuhi gengsi, tapi berpikir untuk memiliki asset yang mampu menghasilkan.

  • Membeli Yang Awet

Mirip poin nomer dua, keputusan nomer tiga ini juga kadang sulit dilakukan.

Semangat orang yang ingin kaya, akan memilih barang yang dibelinya dengan standar kualitas. Barang-barang yang berkaitan dengan jalannya usaha, orang itu pasti akan mempertimbangkan soal awet dan tidaknya.

Loading...

Jika memiliki sepeda motor untuk usaha, dia tidak akan membeli ban sepeda motor bekas seharga Rp. 25.000 dan hanya terpakai dua bulan. Dia pasti akan memilih ban motor seharga Rp. 175.000 tapi bisa bertahan selama lebih dari satu tahun, bahkan sampai dua tahun.

  

  • Hemat

Ini bukan bualan omong kosong yang diajarkan oleh Guru TK kita sejak kita kecil. Hemat tidak hanya urusan finansial saja, namun juga lingkungan.

Saya memiliki tetangga yang setiap belanja di warung, plastik kantong pembungkus belanjaan disimpan. Saya sulit untuk menilai bahwa tetangga saya tersebut adalah orang yang gila menimbun. Apalagi menimbun plastik kantong!

Tapi ketika suatu kali saya bertanya untuk apa, “agar kalau membutuhkan tidak usah beli dan kalau dibuang sulit membusuk kalau plastik.”

Nah!

  • Jangan Terlihat Kaya

Salah satu pengusaha Batik di daerah Ambarawa pernah mengatakan: “sebagian besar UMKM yang ada di Indonesia itu gulung tikar karena soal gaya hidup pemiliknya.”

Jika sudah memiliki penghasilan, lalu menaikkan standar hidupnya, baik itu dari soal kuliner, hingga pakaian. Tapi gaya hidup itu justru bakal menghancurkan usahanya. Orang yang ingin kaya dan sudah memiliki usaha, pasti akan lebih memilih untuk “tak terlihat kaya”.

Jika dia punya uang Rp 5 juta, dia akan membeli tas kusam tapi awet seharga Rp. 200.000 dan menyimpan Rp 4juta 800ribu di dalam tas tersebut. Bukan membeli tas seharga Rp 4juta dan menyimpan  Rp 1juta di dalamnya.

Semakin kaya seseorang dan bijaksana, dia akan menaikkan nominalnya dalam berbagi, bukan nominalnya dalam berbelanja.

Sekian.


Tags: Tips, Kaya, Bijaksana, Inspirasi, Berbagi, Usaha Sampingan, Usaha

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

0
Followers

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com