Loading...

Merasa Salah jurusan Kuliah? Tunggu Dulu Sob!

Tips · 1 week ago
Merasa Salah jurusan Kuliah? Tunggu Dulu Sob!

Kalian merasa jurusan kuliah kalian tidak cocok dengan passion? Atau jurusan kuliah kalian terlalu sulit? Atau jurusan kuliah kalian tidak banyak lapangan pekerjaan sehingga sulit bahkan tidak mungkin mendapatkan pekerjaan setelah lulus? Tunggu dulu deh, mungkin itu semua hanya alasan kalian tidak mau keluar dari zona nyaman kalian.

Benar, jika kalian tidak suka dengan jurusan kalian pasti akan sangat sulit untuk mengikuti semua mata kuliah yang diajarkan, tapi bukan tidak mungkin kalian melewatinya. Nah, saya akan memberikan tips untuk kalian coba jika kalian merasa salah jurusan.

Tips ini adalah untuk kalian yang sudah terlanjur menempuh studi di jurusan yang kalian anggap salah atau lebih tepatnya lebih dari satu tahun (2 semester) masa perkuliahan, karena jika kalian belum menghabiskan satu tahun kalian akan mudah berpindah ke jurusan yang baru.

Nah ayo langsung kita simak tips nya :

1. Tetap aktif kuliah

Kesalahan terbesar dari orang yang menganggap dirinya salah jurusan adalah dengan menyerah dengan perkuliahan dan memilih untuk berhenti. Sekitar dua tahun yang lalu saya sedang melakukan perkuliahan dan dosen yang mengajar saya mengatakan “Jika kalian merasa salah jurusan, kalian harusnya berusaha lebih keras karena kalian sudah sampai di titik ini, bukannya malah malas kuliah dan berhenti kuliah”.

Perkataan dosen itu sangat masuk akal bagi saya, apalagi jika dipikir nantinya kalian tidak akan pernah tahu apakah karir kalian akan sama dengan bidang perkuliahan kalian. Jadi tetap aktif kuliah dan tetap semangat serta pantang menyerah untuk segera selesaikan perkuliahan kalian!

2. Jalin Relasi Seluas Mungkin

Tips yang satu ini sangat terdengar klasik bukan? Tapi percaya jika kalian melakukan hal ini kalian tidak akan rugi, kenapa? Alasan nya ada di poin atau tips ke 3. Relasi yang kalian bangun harusnya tidak hanya dilingkungan kuliah melainkan dimana saja, di komunitas hobi, atau mungkin lingkaran sosial baru.

Tapi ingat jangan buang waktu kalian di kelompok yang tidak supportif dan sportif, selain tidak berkembang lingkungan tersebut akan sangat menghambat perkembangan kalian kedepannya. Jadi, segera keluar dari zona nyaman dan cari komunitas yang membangun karir kalian!

Loading...

3. Jalankan Hobi Ketika Merasa Jenuh

Ini dia tips paling manjur ketika kalian benar - benar merasa jenuh dengan perkuliahan kalian, yaitu hobi. Jenuh itu adalah perasaan yang sangat wajar di alami oleh semua orang, jangan salahkan jurusan kuliah jika perasaan jenuh melanda. Salah satu cara untuk mengatasi rasa jenuh ini adalah dengan menjalankan hobi kalian.

Jika kalian bertemu dengan orang baru, komunitas baru yang beragam, pasti ada hobi baru yang akan datang dan itu alasannya menjalin relasi di poin ke dua sangatlah penting. Bisa jadi hobi kalian akan menuntun kalian ke karir yang lebih baik di masa yang akan datang.

4. Beri Reward atau Hadiah untuk diri sendiri

Apa yang dimaksud dengan reward atau hadiah disini?

Pastinya ketika masa perkuliahan, tugas kalian sangatlah banyak. Terkadang kalian harus lembur untuk mengerjakan tugas, ataupun harus belajar untuk menghadapi ujian. Sistem reward ini adalah cara untuk menghargai kerja keras kalian untuk diri sendiri. Secara psikologi kita akan merasa bahwa diri kita sendiri sangat berharga setelah memberikan hadiah. Jadi jangan hanya pacar yang diberi hadiah melainkan diri sendiri juga ya?

5. Tetap Cari Hal yang Paling Disukai

Setelah ke-empat tips itu kalian lakukan, kemungkinan kalian akan menemukan satu hal yang paling menyenangkan untuk dilakukan. Jika itu bisa menjadikan karir di masa mendatang bagus lakukan terus sampai kalian sangat menguasainya, namun jika tidak anggap itu sebagai hobi yang bisa dijadikan untuk pendorong semangat kalian.

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Yoki Andika
Yoki Andika
0
Followers