9 Bangunan Tertinggi Dalam Sejarah, Indonesia Masuk Juga Ternyata - Vebma.com

9 Bangunan Tertinggi Dalam Sejarah, Indonesia Masuk Juga Ternyata

31-08-2016 (5 months ago)

mengetahui sejarah itu sangat menyenangkan...

Jika ada yang membahas 8 bangunan tertinggi di dunia saat ini, itu sudah biasa. Nah, kali ini saya akan mencoba membahas secara urut 8 bangunan yang at least “pernah” memecahkan rekor sebagai bangunan tertinggi yang dibuat oleh manusia. Yuukk Simak :

1. Piramida Giza, Mesir



Piramida Giza atau disebut juga Piramida Khufu (Cheops) merupakan bangunan tertinggi di dunia selama 3.800 tahun! Piramida ini dibangun sekitar tahun 2560 SM sebagai makam dari Firaun Khufu. Penyelesaian bangunan ini diduga membutuhkan waktu 20 tahun dengan jumlah pekerja sekitar 100.000 orang. Tinggi piramida ini awalnya 146,5 m, namun akibat erosi selama ribuan tahun, tingginya kini berkurang menjadi 138,8. Baru pada tahun 1300 M, rekornya sebagai bangunan tertinggi di dunia terpecahkan oleh Katedral Lincoln (Ingrris) dengan menara setinggi 160 m. Tapi tetap saja, piramida memegang rekor sebagai bangunan tertinggi terlama di dunia, yaitu selama hampir 4 milenium.

2.Gereja Ulm Minster, Jerman


Sebuah gereja menjadi bangunan tertinggi di dunia mungkin tak terbayangkan sebelumnya. Namun sejak arsitektur gotik mewabah di Eropa pada abad pertengahan, setiap kota di Eropa bersaing untuk membangun gereja-gereja dengan menara tertinggi. Sebagai catatan, sebuah gereja gotik yang “biasa-biasa saja” umumnya memiliki tinggi 7 lantai.
Gereja yang pernah tercatat sebagai bangunan tertinggi dalam sejarah adalah Ulm Minster, sebuah gereja Protestan yang terletak di kota Ulm, Jerman. Pembangunan gereja ini dimulai sejak 1377 dan baru selesai sepenuhnya pada 1890. Bila gereja gotik umumnya memiliki dua menara, maka gereja Ulm dibangun hanya dengan satu menara, namun dengan ketinggian mencengangkan hingga 161,5 m atau setinggi sekitar 40 lantai! Hingga kini, gereja Ulm Minster tetap memegang gelar sebagai gereja tertinggi di dunia.

3. Monumen Washington, Washington D.C., Amerika Serikat



Monumen berbentuk obelisk ini menjadi yang tertinggi di dunia sejak 1884 dengan tinggi 170 m. Monumen ini dibangun untuk menghormati presiden pertama Amerika Serikat, yaitu Goerge Washington. Monumen ini hanya memegang gelar bangunan tertinggi di dunia selama 5 tahun saja. Walaupun demikian, monumen ini tetap menjadi bangunan tertinggi di Washington DC.

4. Menara Eiffel, Paris, Perancis



Gedung ini tak hanya sempat terkenal karena menjadi gedung tertinggi di dunia pada tahun 1930, namun hingga kini terkenal sebagai salah satu gedung terindah di dunia. Gedung bergaya art deco dengan tinggi 319 m ini diarsiteki oleh William van Allen atas perintah seorang pengusaha bernama Walter P. Chysler. Sayangnya, gedung ini harus cukup puas memegang gelar gedung tertinggi hanya selama 11 bulan saja, setelah dikalahkan Empire State Building setahun kemudian.

6. Empire State Building, New York, Amerika Serikat



Gedung ini memiliki tinggi 381 m dengan 102 lantai. Gedung ini dinamai sesuai dengan julukan kota New York sebagai “Empire State”. Gedung ini terkenal ke seluruh penjuru dunia, tidak hanya karena pernah menjadi gedung tertinggi, namun juga berkat film King Kong. Ya, kalian pasti masih ingat adegan legendaris King Kong yang memanjat naik ke gedung Empire State.

Saking tingginya gedung ini, pernah sebuah pesawat militer menabrak gedung ini di antara lantai 79 dan 80 akibat kabut yang tebal pada tahun 1945, menelan 11 korban jiwa. Selain itu, puncak gedung ini dilengkapi penangkal petir karena begitu seringnya gedung ini tersambar petir.

Gedung ini menjabat gelar sebagai gedung tertinggi selama 40 tahun, yaitu dari tahun 1931 sampai 1972, ketika pembangunan WTC selesai.

7. CN Tower, Toronto, Kanada



Selesai pada tahun 1976, Menara CN Tower menjadi menara telekomunikasi tertinggi di dunia selama 34 tahun sebelum akhirnya dikalahkan Burj Khalifa. Namanya adalah kependekan dari Canadian National Tower. Dengan tinggi setengah kilometer lebih atau tepat 553 m, bangunan-bangunan pencakar langit di sekitarnya pun tampak kerdil. Walaupun kini telah dikalahkan oleh Burj Khalifa, menara ini tetap menjadi bangunan tertinggi di Dunia Barat.

8. Burj Khalifa, Dubai, Uni Emirat Arab



Tak perlu dipertanyakan lagi bahwa bangunan ini merupakan bangunan tertinggi yang pernah dibuat oleh umat manusia. Dengan tinggi 828 m dan jumlah lantai 160, gedung Burj Khalifa mengalahkan para pesaingnya dengan mudah. Namun membangun gedung tertinggi di dunia ternyata tidak memuaskan rakyat Uni Emirat Arab. Negara ini berniat kembali membangun gedung setinggi 1 km yang disebut Burj Dubai.

Bagaimana dengan Indonesia? Well, konon Indonesia akan membangun Menara Jakarta dengan tinggi 558 m yang jika selesai, akan menjadi bangunan tertinggi di belahan bumi selatan. Proyeknya dimulai sejak 1993, namun terhenti akibat krisis ekonomi tahun 1997. Nah, dengan kondisi bangsa yang carut marut saat ini, bisakah menara ini dirampungkan?

9. Monumen Nasional (Monas), Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Indonesia



Monumen Nasional atau yang populer disingkat dengan Monas atau Tugu Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter (433 kaki) yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut Kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Pembangunan monumen ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah perintah presiden Sukarno, dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Tugu ini dimahkotai lidah api yang dilapisi lembaran Emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala. Monumen Nasional terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

Artikel Terkait

Loading...