close
Fenomena Alam Unik Yang Hanya Ada Di Indonesia
Indonesia tidak hanya terkenal karena keunikan budaya dan tradisinya. Tetapi juga karena alamnya yang berbeda.

Alam memang sering menimbulkan berbagai fenomena yang menarik manusia. Mulai dari yang terlihat biasa hingga yang unik. Beberapa fenomena alam ini sangatlah unik karena apabila dilihat secara logika tidaklah masuk akal.

Bagaikan anomali, fenomena alam ini nampak begitu kontras dengan suasana sekitarnya. Lalu apa saja fenomena alam itu?

1. Api abadi

Api dikenal sebagai elemen yang paling tidak stabil karena amat mudah mati hanya dengan sedikit tiupan. Jadi mungkin istilah api abadi tampaknya adalah sesuatu yang tidak masuk akal. Namun percaya atau tidak, fenomena alam ini benar-benar ada. Api abadi ini tepatnya terletak di Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan, Madura. Api abadi ini memang benar-benar abadi. Meskipun diguyur oleh hujan deras sekalipun, api ini tidak mati seperti api pada umumnya.

2. Salju abadi

Sebagai negara tropis, kecil rasanya kemungkinan untuk melihat salju di Indonesia. Karena Indonesia sendiri tidak pernah mengalami musim dingin dan tidak suhu Indonesia pun tidak memungkinkan untuk terbentuknya salju. Namun di Puncak Cartenz, Pegunungan Jaya Wijaya, Papua terdapat salju yang dikenal dengan nama salju abadi. Salju ini tidak akan mencair karena terbentukn oleh faktor ketinggian tempat tersebut. Namun sayangnya, karena efek globalisasi perlahan salju ini mulai menghilang dan berkurang.

3. Pasir Pink

Apa warna pasir di pantai pada umumnya? Warna pasir pantai pada umumnya adalah kuning kecokelatan hingga abu-abu atau bahkan yang paling gelap berwarna hitam. Namun di Indonesia terdapat pantai dengan pasir berwarna pink. Pantai tersebut terletak di pulau Komodo dan hanya ada dua pantai yang memiliki pasir berwarna pink yaitu Pink Beach dan Pantai Namo. Pasir tersebut diketahui berasal dari pecahan karang merah yang telah mati dan kemudian menjadi pasir yang berwarna pink.

4. Blue Fire

Fenomena blue fire atau api biru hanya dapat dilihat di dua tempat di dunia. Pertama di Islandia dan yang kedua ada di Indonesia. Api biru ini hanya dapat Anda temukan di Kawah Ijen, perbatasan antara Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi, Jawa Timur. Fenomena alam ini pun sangat unik dan indah, sehingga tidak heran banyak wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri yang berbondong-bondong datang hanya untuk menyaksikan fenomena tersebut.

Namun sebenarnya blue fire sendiri bukanlah api yang sesungguhnya. Api biru ini sebenarnya adalah gas belerang yang bersuhu amat tinggi dan keluar dari celah-celah bebatuan. Gas ini kemudian bertemu dengan suhu udara sekitar yang kemudian tampak seperti api berwarna biru.

Baca Juga: Keren dan Unik! Wanita Terpendek dan Tertinggi di Dunia Saat ini

5. Seruling Laut

Fenomena unik yang terakhir ini dapat Anda temukan di Pantai Klayar, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Seruling laut adalah fenomena alam yang unik sekaligus indah. Ia tercipta dari suara yang ditimbulkan dari pergesekan air laut yang meluncur keluar dari celah batu karang. Selain meluncur dengan kekuatan yang tinggi, mereka juga menghasilkan suara yang merdu seperti seruling.

Fenomena-fenomena unik tersebut bagaikan anomali yang tampak unik namun sebenarnya dapat dijelaskan dengan logika.

Loading...
Artikel ini di tulis oleh NxlaYsmn kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Artikel Terkait