Inilah yang Terjadi Jika Dirimu Mengalami Mutasi Gen

05-10-2016 (2 months ago)

jika kamu mengalami mutasi gen seperti yang ada di film X Men? Apakah kamu akan mempunyai cakar seperti Wolverine atau kekuatan magnet seperti magneto?

Kamu Pernah Nonton Film X Men? Film berkisah sekumpulan manusia mutan tersebut sangat menarik alur ceritanya. Lalu, bagaimanakah dirimu selanjutnya jika kamu mengalami mutasi gen seperti yang ada di film X Men? Apakah kamu juga akan mempunyai cakar titanium seperti Wolverine atau kekuatan magnet seperti magneto? Jika kamu mengalami mutasi gen, maka kamu akan mengalami hal-hal berikut.

1. Kebal Terhadap Suhu Dingin

Seberapa kebalkah kamu jika hidup pada tempat dengan suhu yang luar biasa dingin? Orang ane aja kalau tidur saat hujan aja selimutan ngapain ngomong hidup pada tempat dengan suhu ekstrim. Jika kamu mengalami mutasi gen maka kamu akan kebal terhadap suhu sedingin apapaun. 
 
Beberapa peneliti mengambil sample darah dari orang Inuit yang hidup di daerah Artic. Hasilnya mengagumkan, mereka ternyata mengalami mutasi gen dimana mereka mempunyai angka metabolisme tubuh yang lebih tinggi dibandingkan manusia biasa. Sehingga mereka dapat mempertahankan suhu tubuh mereka tanpa mengalami menggigil karena kedinginan.

2. Kebal Terhadap HIV

Dahulu para ilmuan merasa bingung dengan orang-orang yang kebal terhadap HIV. Setelah diteliti lebih lanjut ternyata orang yang kebal HIV, mengalami mutasi gen yakni orang tersebut tidak memproduksi protein CCR5.
 
Protein CCR5 adalah jalan masuk untuk virus HIV agar dapat menyerang sistem kekebalan tubuh. Sehingga sekarang ini para ilmuan sedang melakukan percobaan untuk melakukan mutasi genetik secara manual.

3. Kemampuan Melihat Didalam Air

Mata hewan memang telah dirancang agar mampu melihat dengan jelas didalam air, namun manusia hanya dirancang agar dapat melihat dengan jelas di darat. Tanpa kacamata renang, manusia melihat didalam air dengan kondisi pemandangan kabur. Namun sekelompok Moken mempunyai cerita lain.
 
Orang Moken mengalami mutasi genetik, sehingga mereka dapat melihat dengan jelas didalam air bahkan sampai kedalaman 22 meter. Hal tersebut dikarenakan kebiasaan suku moken dan tempat tinggal suku moken yang berada di atas perahu. Mereka sering menyelam tanpa menggunakan alat bantu apapun, sehingga tubuh mereka lama-kelamaan beradaptasi dengan lingkungan baru yakni didalam air.
 
4. Tulang Super Kuat



Semakin bertambahnya usia kamu, maka semakin keropos tulang kamu. Namun beberapa orang malah mengalami hal sebaliknya. Semakin tua usia mereka, maka tulang mereka akan semakin kuat. Hal tersebut dikarenakan mereka mengalami mutasi gen SOST yang berperan dalam mengontrol protein yang berguna dalam pertumbuhan tulang. Mutasi gen ini sering ditemukan pada orang Afrikaner, yakni orang Afrika Selatan yang berketurunan orang Jerman.
 
Namun tidak semua orang yang mengalami mutasi gen SOST akan mendapatkan tulang yang kuat dan sempurna. Jika ada seseorang yang mempunyai 2 kopi mutasi gen SOST, maka orang tersebut dapat mengalmi pertumbuhan tulang tidak terkontrol, sehingga akan menjadi gigantisme.

5. Tidak Butuh Tidur

Jika kamu adalah orang yang tetap segar walaupun kurang tidur, mungkin kamu mengalmi kelainan ang diakibatkan dari sebuah mutasi gen DEC2. Mutasi genetik DEC2 dapat membuat penderita hanya memerlikan waktu tidur lebih sedikit daripada manusia nornal.
 
Manusia normal membutuhkan waktu tidur setidaknya 6-8 jam sehari, jika kurang dari itu maka efek negatif dari kurang tidur tersebut akan datang. Sedangkan orang yang mengalami mutasi gen DEC2 tidak akan merasakan efek negatif akibat kurangnya waktu tidur.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel