Sejarah Billiard, Permainan Memainkan Bola Yang Laris Manis Sampai Sekarang
Billiard adalah salah satu jenis permainan yang mengandalkan akurasi dalam memasukan setiap bola menggunakan tongkat khusus dengan teknik menyodok.

Billiard adalah salah satu jenis permainan ketangkasan yang mengandalkan konsentrasi dan skill atau ketrampilan cukup tinggi. Dengan bermain Billiard sendiri maka anda bisa mengukur sejauh mana akurasimu bekerja. Permainan ini memang sebagian besar mengandalkan tingkat akurasi terbaik agar bisa menang. Billiard sendiri termasuk dalam olahraga dan perlombaan dari Billiard sendiri sudah berjalan di berbagai negara hingga saat ini dan menjadi salah satu olahraga terkenal dan terpopuler di dunia.

Sejarah dari olahraga Billiard ini benar-benar sangat panjang jika harus ditarik kembali ke belakang. Dari awal hingga saat ini, para pemain dari olahraga Billiard ini merata dari kalangan bawah hingga kalangan atas sekalipun. Untuk asal-usul dari Billiard sendiri banyak pendapat yang ikut berspekulasi. Beberapa mengatakan jika olahraga Billiard ini berasal dari negara Spanyol, Tiongkok, Italia dan Prancis. Namun sebagian lainnya berpendapat jika Billiard berasal dari negara Eropa Timur.

Sementara memang di Eropa Timur sendiri terkenal dengan olahraga bernama Croquet atau kriket. Dan kriket sendiri memang adalah cikal bakal dari olahraga Billiard. Dan bisa diumpakan jika olahraga Billiard sendiri adalah versi indoor dari olahraga kriket. Pada awal kehadiran olahraga Billiard ini sendiri disebutkan dalam sejarah jika permainan Billiard sendiri pada jaman dulu bukan diatas meja seperti sekarang melainkan diatas lapangan luas.

Dan baru pada abad ke-15 olahraga Billiard ini dipindahkan menggunakan meja Billiard khusus dengan taplak berwarna hijaunya. Dan nama Billiard sendiri diambil dari kata “billart” bermakna tongkat kayu dan “bille” bermakna bola. Meja awal dari Billiard sendiri sudah memiliki enam kantong dan gawang mirip dengan kriket. Dan penggunaan gawang ini baru dihilangkan pada awal abad ke-18 dan hanya di sisakan enam kantong tersebut.

Permainan Billiard sendiri pada tahun 1800-an rata-rata hanya dimainkan oleh para bangsawan atau orang-orang terpadang. Billiard sendiri sempat populer dengan sebuah nama yakni Noble Game of Billiards. Untuk popularitas permainan Billiard ini di negara Inggris sudah sejak tahun 1675 silam. Billiard sendiri sempat di populerkan sebagai olahraga scientific oleh Captain Mingaud. Untuk tongkat Billiard sendiri baru mendapatkan pengembangan pada tahun 1600-an.

Sementara itu ujung tongkat pada Billiard yang biasa dipegang oleh pemain itu sendiri disebut dengan nama “queue” yang memiliki makna ekor. Dan dari kata tersebut di dapatkan sebuah kata yakni “cue” yang hingga saat ini digunakan untuk istilah pemukul bola Billiard.  Dan bentuk meja Billiard sendiri pada awalnya menggunakan pembatas vertikal yang dihadirkan untuk menghalau bola agar tidak jatuh. Dan akibat hal tersebut hingga saat ini sudah tercipta sebuah pukulan khusus bernama “bank shot”. Billiard sendiri hingga saat ini tetap aktif dan tetap menjadi salah satu olahraga unik dan menarik yang diminati banyak orang dan dari berbagai kalangan.

Artikel Terkait