Bangunan Berbentuk Susunan Lego Unik Jarang Diketahui dan Sudah Ada Sejak Dulu!

29-08-2016 (3 months ago)

George Chakhava merupakan bagian Wakil Konstruksi Jalan Raya di Georgia pada tahun 1970. Ia adalah seorang arsitek yang paling terkenal di George pada zamannya. Pembuatan bangunan ini dikerjakan olehnya di bantu dengan arsitek lain bernama Zurab Jalaghanin kemudian bangunan itu diberi nama _“George Chakhava”_ guna menghormati arsitek utamanya. Bangunan yang ia usung terbilang unik karena menyerupai tumpukan lego seperti disusun di tambah enterior dan lokasi bangunan yang tidak biasa.

Vebma.com - Wah wah, ada-ada saja manusia dengan kepintaran otaknya yang telah mengubah dunia menjadi sangat aneh namun unik. Salah satu buatan manusia yang paling unik adalah bangunan bernama George Chakhava dengan desain bangunan ala tumpukan Lego. wow! unik bukan? Penasaran bagaimana bangunan ini menjadi perhatian dunia? Mari kita simak bersama.

George Chakhava merupakan bagian Wakil Konstruksi Jalan Raya di Georgia pada tahun 1970. Ia adalah seorang arsitek yang paling terkenal di George pada zamannya. Pembuatan bangunan ini dikerjakan olehnya di bantu dengan arsitek lain bernama Zurab Jalaghanin kemudian bangunan itu diberi nama “George Chakhava” guna menghormati arsitek utamanya. Bangunan yang ia usung terbilang unik karena menyerupai tumpukan lego seperti disusun di tambah enterior dan lokasi bangunan yang tidak biasa.



Didirikan tepat di tengah antara tebing dengan sisi masing-masing adalah jalan raya dan di bawahnya terdapat sungai Kura atau Kura River yang mengalir dari bukit tepat di belakang bangunan unik ini. Dengan lokasi yang greget seperti itu membuat rancangan bangunan ini lebih indah dan memudahkan sang arsitek untuk mengeluarkan seluruh kemampuannya. Selain itu, lokasinya di kelilingi oleh banyak pepohonan yang membuat susasana segar dan terasa di hutan dengan bangunan unik di tengah-tengahnya.

Nah itu tadi lokasinya yang sangat unik, terus bagaimana dengan bentuk bangunan ini? Dari judul saja kamu mungkin mengetahui apa maksud dari isi artikel ini, tentu topik utama kita bukanlah lokasinya melainkan bentuknya. Bentuk bangunan ini berbentuk persegi panjang yang disusun dan sekilas akan terlihat seperti Lego yang di susun keatas. Bangunan yang terbuat dari beton ini ditopang dengan tiga bangunan tegak dengan di lengkapi fasilitas berupa elevator dan tangga.

Bagunan unik ini terdiri dari beberapa bangunan vertikal, struktur juga terdiri dari lima bangunan George Chakhava berbentuk. Struktur jaringan George Chakhava ini disebut sebagai Space City Method yang di dasari dari ide Urban Forest dimana di rancang agar tetap menyatu dengan alam sekitar dan berguna juga dalam mengurangi pemakaian lahan yang luas agar lebih hemat tempat.

Ternyata asal usul rancangan bangunan ini di dasari oleh sang perancang George Chakhava yang terinspirasi dari seorang konstruktivis Rusia bernama Lazar Markovich Lissitzky atau di kenal luas sebagai El Lissitzky dari desain bangunan pencakar langitnya berbentuk horizontal bernama Wolkenbugel pada tahun 1920. Selain itu, George Chakhava terinspirasi juga dari sebuah konsep Le Corbusier yaitu desain di mana terdapat sebuah air mengalir di bawah bangunan.

Gedung unik George Chakhava pertama kali dibuka di tahun 1975 dan dinobatkan sebagai bangunan ikon dari arsitektur asal Rusia. Awalnya dibangun untuk keperluan tempat Kantor Kementerian Jalan Raya tapi sejak jatuhnya Uni Soviet bangunan ini tidak lagi digunakan. Lama setelahnya, bangunan keren ini akhirnya diakuisisi oleh Bank Georgia pada tahun 2007.

Sadar akan keunikan bangunan ini, kemudian dilakukan tindak renovasi pada tahun 2010 hingga 2011 dan sekarang tercatat bangunan ini memiliki 18 lantai. Sekarang, bangunan yang sempat di tutup ini akhirnya menjadi Kantor Pusat Bank Georgia sekaligus bangunan terlindungi oleh Undang-Undang Monumen Nasional di Georgia sebagai bangunan yang tak boleh dipindahkan atau dirubah tanpa izin.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel