Patut Dicoba, Tips Memanjat Batang Pinang Saat Hari Kemerdekaan
Panjat pinang merupakan salah satu perlombaan yang diadakan saat peringatan hari kemerdekaan Indonesia.

Bila sudah masuk ulang tahun kemerdekaan Indonesia, warga-warga banyak yang mencari batang pinang. Batang pinang tersebut digunakan untuk salah satu lomba di acara 17-an Agustus. Sebelum digunakan batang pinang diolesi dengan oli agar menambah semaraknya perayaan hut Indonesia. Pada bagian atas batang pinang akan digantungkan beberapa macam hadiah untuk diperebutkan. Namun tidak banyak orang yang dapat memanjat pinang dengan mudah. Lantas bagaimana cara memanjat batang pinang dengan mudah.

Setiap peryaan 17 Agustus-an, tiap daerah selalu mengikutsertakan lomba panjat pinang. Karena selain seru untuk ditonton, lomba panjat pinang juga menantang kekompakan setiap tim agar dapat memperoleh hadiah yang sudah dipersiapkan. Hadiah yang diperebutkan juga cukup menarik seperti perlengkapan sekolah, baju, celana, ikat pinggang, sabun, shampo, minuman, TV, honda, barang elektronik lainnya, dan tentunya uang tunai.



Setelah sudah sampai diatas peserta diharuskan untuk mengibakan bendera merah putih sebagai tanda perjujangan pahlawan kita yang telah membawa Indonesia merdeka.

Lomba panjat pinang terbagi dalam 3 versi, diantaranya:

  1. Versi anak anak-remaja
    Biasanya panjat pinang versi anak-anak ini diikuti dari mereka yang berumur 11 sampai 14 tahun. Batang pinangnya juga tak terlalu panjang alias pendek. Umumnya panjang batang pinang untuk versi anak-anak adalah antara 3-4 meter.
  2. Versi remaja-dewasa
    Selanjutnya adalah versi remaja-dewasa, dimana mereka yang perkembangannya sudah dewasa. Biasanya dapat diikuti dari mereka yang usianya 15 sampai 22 tahun. Batang pinang yang digunakan juga tak terlalu panjang, tak terlalu pendek alias sedang. Panjang dari batang pinang dari versi ini adalah antara 5-6 meter.
  3. Versi dewasa-bapak-bapak
    Dan versi terakhir dari lomba panjat pinang adalah versi dewasa menuju bapak-bapak. Dimana versi ini adalah versi yang sulit untuk ditaklukkan. Karena panjang dari batang pinang begitu tinggi. Ukuran batang pinang yang digunakan sekitar 6-7 meter, bahkan ada yang lebih dari 7 meter. Warga yang mengikutinya pun tidak sembarang orang, batas minimal umur yang diperlukan untuk mengikuti versi ini antara 20 tahun keatas. Dan tentunya hadiah yang diperebutkan lebih besar dari pada versi sebelumnya.

Dan baru-baru ini muncul terobosan baru kalau ibu-ibu bisa mengikuti perlombaan ini. Tidak dapat terbayangkan bukan? Yang biasanya ibu lemah lembut namun harus mengeluarkan tenaga mereka agar dapat meraih kemenangan.

Setelah kita mengetahui apa saja tingkatan dari perlombaan panjang pinang. Pastinya anda penasaran bagaimana tips memanjat batang pinang dengan mudah. Sangat diperlukan aspek-aspek penting agar dapat menggapai kemenangan.


Tips Memanjat Batang Pinang Dengan Mudah

  1. Kekompakan tim
    Dalam setiap pekerjaan tim sangat dibutuhkan yang namanya kekompakan. Karena jika tak ada kekompakan maka suatu tim tak akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Cobalah sebelum pertandingan menyusun rencana bagaimana strategi yang baik untuk digunakan nantinya. Siapa yang berada di bagian paling bawah, menengah dan bagian paling atas.
  2. Koordinasi yang kuat
    Ketika bertanding sangat dipelukan koordinasi yang kuat dalam sebuah tim. Dimana saat bertanding formasi, kepercayaan, dan lainnya akan membentuk suatu koordinasi tim yang kuat. Bentuklah sikap saling percaya kepada anggota tim, dan jangan meragukan kemampuannya karena itu akan menjadi masalah tersendiri untuk anda.
  3. Seorang pemimpin
    Di dalam sebuah tim harus ada seorang pemimpin yang akan memberikan petunjuk ketika bertanding. Pemimpin bisa dipilih dari anggota tim ataupun dari non anggota. Seorang pemimpin harus mampu memberikan percaya diri, dukungan moril, petunjuk, semangat kepada para anggotanya. Sangat sulit memang untuk memilih seorang pemimpin.
  4. Tenaga ekstra
    Bagaimana rasanya saat salah seorang teman sudah ingin menggapai bagian antas batang pinang, namun anda yang menjadi tumpuannya kehabisan tenaga. Maka dari itu tenaga sangat diperlukan dalam pertandingan. Jagalah kondisi tubuh, pemanasan sebelum bertanding, minum air putih yang banyak, dan jangan terlalu capek sangat dibutuhkan untuk mendapatkan tenaga yang maksimal.
  5. Niat dan doa
    Dan yang terakhir adalah niat dan doa. Tanpa niat suatu pertandingan tidak akan berjalan sesuai rencana. Dan tanpa doa, tuhan bisa saja tidak menghendaki anda memenangkan pertandingan. Niat dan doa meruoakan tips yang paling terpenting.

Demikianlah informasi tentang tips memanjat batang pinang dengan mudah. Jika semua tips diatas dilakukan dengan baik maka tidak mungkin anda tidak dapat memenangkan bendera merah putih dan memenangkan hati uang.

Artikel Terkait