Viral 'Menteri Kecantikan' Ini Tuai Perdebatan Dari Warganet
Viral 'Menteri Kecantikan' Ini Tuai Perdebatan Dari Warganet

Viral 'Menteri Kecantikan' Ini Tuai Perdebatan Dari Warganet

Resek Yen
2 weeks ago Last Updated 2 weeks ago

Seorang influencer yang mengklaim dirinya sebagai Menteri Kecantikan tengah ramai jadi perbincangan di jagat media sosial. Hal ini disebabkan karena berbagai status di media sosialnya yang dituding melakukan body shaming.

Sejumlah tangkapan layar berisi status body shaming sang influencer itu menjadi viral setelah dibagikan oleh akun Twitter @tubirfess. Dalam foto yang dibagikan, terlihat influencer itu bernama Michelle Halim.

Dalam thread tersebut terlihat Michelle Halim mengkritik pergantian model Victoria Secret yang sebelumnya dikenal dengan sebutan 'Angels' menjadi VS Collective.

Jika secara historis para angels Victoria Secret didominasi oleh para model bertubuh langsing. Dalam konsep terbarunya itu, Victoria Secret mengganti para angels-nya dengan perempuan-perempuan inspiratif sebagai wajah baru dari brand-nya tersebut. Tujuannya pun untuk mengubah citra Victoria Secret menjadi lebih relevan di era ini.

Wajah baru tersebut adalah Priyanka Chopra, Adut Akech, Paloma Elsesser, Amanda de Cadenet, Megan Rapinoe, Eileen Gu, dan Valentina Sampaio. Sayangnya, perubahan konsep yang dilakukan oleh Victoria Secret tak selalu menuai respon positif tetapi juga ada saja kontra di beberapa pihak. Salah satunya influencer, Michelle Halim.

Ia menyebutkan melalui Instagram Story pribadinya tentang kekecewaannya terhadap Victoria Secret. Menurutnya, wajah baru dari Victoria Secret berbeda dan sangat merubah standar dari brand-nya tersebut.

"Victoria Secret Show udah gak ada lagi sekarang, gak tau juga bakal gak ada seterusnya atau engga. Well, Victoria Secret angels dikomplain karena beauty standard yang diatur terlalu tinggi. I don't get it, can you just shut up and enjoy the show? I feel butterflies setiap kali nonton Victoria Secret show, kagum sampai bisu. Bukan malah ngambek, insecure just because I don't like them," tulis Michelle dalam unggahan Instagram Story.

Tak sampai disitu, wanita ini juga mengomentari dua pemeran utama dalam serial Gossip Girl. Ia membandingkan foto pemeran utama Gossip Girl original, Blake Lively dengan pemeran Gossip Girl versi reboot terbaru, Jordan Alexander.

Lantas, kritikan yang diberikan oleh Michelle ini memantik emosi banyak kalangan. Pasalnya, banyak yang beranggapan bahwa apa yang diutarakan oleh Michelle termasuk ke dalam body shaming.

"Kalo kepedeanmu membuatmu jadi insensitive dan look down orang-orang yang gak memenuhi standardmu. Itu beneran pede?! ? Punya standard, atau body goals, itu ga salah. Tapi kamu gak pantes merendahkan orang apalagi menghina orang yang (kamu pikir) gak memenuhi ekpektasimu. And you said plus size people are lazy?! Terlalu nyaman sama privilege ya sampe kamu jadi insensitive kayak gini. Sick!!!," ungkap salah satu netizen dalam kolom komentar Instagram @indonesiabutuhfeminis yang ikut melawan kritikan dari Michelle.

Tak hanya warganet, kaum influencer juga turut menyuarakan pendapatnya terkait komentar Michelle. Cindercella salah satunya. Ia merasa bahwa pernyataan Michelle sangat tidak mencerminkan dirinya yang dikenal sebagai seorang influencer.

"Gak semua orang bisa menerima their flaws dengan mudah. Kalau lo udah dari sananya gak insecure, ya good for you. Tapi banyak yang gak kayak lu. Jujur senang banget Victoria Secret udah pakai model yang size badannya beda-beda. Emangnya yang pakai beha sama kolor cuman the skinny one?" ujar Cindercella.

Tidak hanya Cindercella, salah satu influencer beauty guru yang wajahnya sering muncul di media sosial, Asoka Remadjas, ikut memberikan pendapatnya yang bertolak belakang dengan Michelle Halim.

"Dia nggak salah punya pandangan seperti itu, yang salah adalah ketika pikiran kita itu kita keluarkan dan kita share ke khalayak banyak (through social media)," tulisnya.