6 Keangkuhan Ratu Elizabeth II - Vebma.com
6 Keangkuhan Ratu Elizabeth II
Meskipun gelarnya hanya seremonial, Ratu Elizabeth II adalah sosok yang penuh keangkuhan

Sesuai gelar kebangsawanannya yang merujuk arti sebagai pemimpin kerajaan, Ratu Elizabeth II selaku pemimpin kerajaan Inggris mempunyai keangkuhan yang dilindungi oleh aturan hukum. Dihubungkan dengan kondisi era saat ini, dimana monarkhi hanya bersifat seremonial terlebih kekuasaan sebagai pemimpin kerajaan telah diserahkan kepada menteri- menteri pemerintahan, keangkuhan Ratu Elizabeth II tersebut tentunya sangat menakjubkan. Lebih menakjubkan lagi, kalau kita mengetahui 10 keangkuhan Ratu Elizabeth II adalah :

1. Berkuasa sepenuhnya atas semua angsa, lumba- lumba dan paus.

Berdasarkan undang-undang yang dibuat pada masa pemerintahan Raja Edward II, tepatnya pada tahun 1324, semua angsa di sungai Thame berikut anak sungainya adalah milik Ratu. Demikian pula, lumba- lumba dan paus di perairan Inggris adalah milik Ratu.

2. Bebas menyetir kendaraan tanpa perlu memiliki SIM (Surat Ijin Mengemudi) dan mobilnya miliknya pantang ditempelkan plat nomor.

Pada saat mudanya, mobil pertama yang dikendarai Ratu Elizabeth II adalah mobil ambulan. Ini karena beliau merupakan anggota dari Women's Auxillary Territorial Service. Selain piawai mengendarai mobil ambulans, beliau ternyata paham seluk belum mesin mobil. Sekitar tahun 1998, beliau sempat mempertunjukkan keahliannya mengendarai mobil di depan Raja Abdullah dari Arab Saudi. Namun saat ini, mungkin karena usia juga, beliau tidak lagi menyetir tapi lebih banyak duduk manis dikursi belakang.

Meskipun saat mudanya jago mengendarai mobil, konstitusi Inggris memperkenankan Ratu Elizabeth tidak memiliki SIM. Karenanya, untuk mempermudah identifikasi mobil milik ratu atau bukan, mobil Ratu Elizabeth tidak ditempelkan plat nomor kendaraan.

3. Tidak Mempunyai paspor.

Meskipun setiap anggota keluarga Kerajaan memiliki paspor, Ratu Elizabeth sebaliknya, tidak memiliki paspor. Namun demikian, beliau tetap dapat berkelana ke belahan dunia manapun.

4. Setahun dua kali ulang tahun.

Sebagai kepala negara, rasanya kalau merayakan pesta ulang tahun setahun sekalinya sepertinya tidak sah. Tercatat, ulang tahun resmi Ratu dirayakan pada hari Sabtu di bulan Juni, meskipun ulang tahunnya yang sebenarnya adalah pada 21 April.

5. Memiliki ATM (Automated Teller Machine atau Automatic Teller Machine/ Anjungan Tunai Mandiri) pribadi.

Sebagai bentuk pelayanan kepada Ratu-nya, Bank Coutts selaku salah satu bank bergengsi dan eksklusif di Inggris mempersembahkan ATM di ruang bawah tanah Istana Buckingham.

6. Memiliki penyair pribadinya.

Penyair pribadi lho … bukan supir pribadi. Bagi masyarakat Inggris menjadi penyair atau pujangga pribadi Ratu adalah kehormatan yang luar biasa. Saat ini tercatat sebagai pujangga pribadi sang ratu adalah Carol Ann Duffy, Profesor Puisi Kontemporer di Manchester Metropolitan University.

Sebenarnya ada banyak, namun disebutkan 6 rasanya cukup untuk membandingkan dengan kehidupan kita. Ya, kita dan Ratu Elizabeth adalah berbeda.    

source : uk.businessinsider.com

Artikel ini ditulis oleh NM Wahyu Kuncoro kamu juga bisa menulis karyamu di Vebma, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya. Daftar Sekarang!
Loading...
close