15 Seni Bela Diri yang Cocok untuk Wanita

Wanita 1 month ago
15 Seni Bela Diri yang Cocok untuk Wanita

Jaman sekarang ini, kejahatan semakin merajalela, bukan hanya di jalanan yang belum pernah kita lalui namun juga di berbagai tempat yang sudah sangat familiar bagi kita seperti sekolah, kantor, kampus, swalayan dan sebagainya. Salah satu kejahatan yang sering menjadi masalah bagi masyarakat khususnya perempuan adalah pelecehan seksual. Hal ini sangat disayangkan sekali jika semakin lama bukannya semakin berkurang kasusnya, justru semakin banyak. Dan seringnya, karena kebanyakan yang melakukannya adalah para laki-laki, korban cenderung memilih untuk diam dan tidak berbuat sesuatu dikarenakan mereka takut jika nanti para pelaku akan berbuat lebih kasar.

Karena keadaan di masyarakat yang semakin membuat kita waspada inilah, para wanita sudah semestinya dibekali seni bela diri untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu mereka diperlakukan yang tidak semestinya di tempat umum atau di mana pun. Seni bela diri tidak saja akan membuat kita bisa menghadapi pelaku yang akan mencoba melecehkan kita atau berbuat jahat kepada kita, namun juga bisa memberikan kita rasa percaya diri yang lebih sehingga para wanita tidak perlu lagi hanya diam dan menyimpan sendiri dalam hati jika ada laki-laki yang melecehkan mereka. Ada banyak sekali memang jenis seni bela diri di luar sana yang bisa kita pelajari, namun di bawah inilah yang dikategorikan lebih cocok untuk dipelajari para wanita.

1. Taekwondo

15 Seni Bela Diri yang Cocok untuk Wanita
Taekwondo

Seni bela diri yang berasal dari Korea ini adalah perpaduan antara Karate dan Chinese Martial Arts. Taekwondo berfokus pada kecepatan dan ketangkasan dan membantu memperkuat inti badan anda, dan juga sangat membantu dengan fleksibilitas karena teknik yang digunakan mengharuskan anda melakukan putaran torsi pada bagian tubuh bawah anda saat melakukan tendangan. Terlepas dari manfaat yang ada, anda juga akan mendapatkan bentuk tubuh yang lebih bagus dan padat jika anda mempelajari Taekwondo dengan sungguh-sungguh.

2. Judo

15 Seni Bela Diri yang Cocok untuk Wanita
Judo

Seni bela diri Judo ada sejak tahun 1882 dan berasal dari Jepang. Judo adalah seni bela diri yang sangat berguna sekali untuk anda karena tujuan dari Judo sendri adalah untuk membanting atau melemparkan lawan anda ke tanah dengan cara yang paling keras. Sebetulnya, banyak yang mempellajari Judo menderita patah tulang rusuk akibat bantingan dari lawan. Namun Judo juga mengajarkan anda untuk melakukan berbagai serangan seperti kuncian lengan, cekikan dan masih banyak lagi gerakan yang akan membantu anda untuk melumpuhkan siapapun yang berani mengganggu anda di jalanan.

3. Aikido

15 Seni Bela Diri yang Cocok untuk Wanita
Aikido

Untuk jenis seni bela diri yang satu ini bernama, Aikido. Aikido akan mengajarkan anda teknik untuk menggunakan kekuatan lawan anda sebagai cara melumpuhkan mereka. Seni bela diri dari Jepang yang termasuk kuno ini baru saja kembali ke dunia bela diri dan mulai digemari banyak orang. Teknik gerakan yang diajarkan antara lain kuncian sendi, lemparan lengan dan titik tekanan. Bantingan dan jegalan juga merupakan bagian besar dari kurikulum Aikido.

4. Musti-Yuddha

15 Seni Bela Diri yang Cocok untuk Wanita
Musti-Yuddha

Bentuk seni bela diri ini pada dasarnya berasal dari Varanasi dan sangat mirip dengan banyak gaya kickboxing di Asia Selatan. Anda akan belajar bagaimana menyerang dengan tinjuan, siku, kaki dan lutut anda. Jika anda pernah terjebak dalam sebuah pergulatan, yang berarti bahwa orang tersebut telah mendekap tangan mereka di sekitar tubuh anda, anda akan selalu bisa menyerang balik dengan siku anda, dan itu pasti akan berhasil.

Baca juga : 20 Penyebab Pandangan Mata Menjadi Kabur yang Patut Kamu Ketahui

5. Brazilian Jiu-Jitsu

15 Seni Bela Diri yang Cocok untuk Wanita
Brazilian Jiu-Jitsu

Brazilian Jiu-Jitsu adalah salah satu bentuk seni bela diri asal Jepang yang berfokus terutama pada pergulatan, lemparan dan pertarungan di tanah. Bela diri ini biasanya lebih efektif untuk wanita karena fokusnya yang lebih mengarah kepada teknik gulat dan teknik pengungkit bukan pada kekuatan yang besar yang biasanya dimiliki oleh laki-laki. Praktik Brazilian Jiu-Jitsu membantu dalam meningkatkan kesadaran, kekuatan dan mobilitas tubuh.

6. Wing Chun

Wing Chun adalah seni bela diri yang berasal dari Cina yang menggunakan bantuan teknik baik memukul maupun pergulatan. Bela diri ini sendiri diciptakan oleh seorang biarawati yang bernama Ng Mui. Gaya bela diri Wing Chun dikatakan efektif untuk wanita karena serangan pada mata, kekuatan menangkis, serangan menggunakan lutut dan teknik untuk menyikut yang memudahkan para wanita untuk melindungi diri dari penyerang atau pelaku kejahatan.

Loading...

7. Karate

15 Seni Bela Diri yang Cocok untuk Wanita
Karate

Untuk seni bela diri yang satu ini pasti telah sering anda dengar. Karate sendiri dalam latihannya banyak menggunakan teknik pukulan lurus dan tendangan untuk memecah pertahanan lawan dan membuat anda mendarat dengan akurasi yang tepat. Sebenarnya, salah satu atlet terbaik yaitu, Georges St Pierre dari UFC adalah penyandang sabuk hitam di seni bela diri Karate. Seni bela diri ini akan mengajarkan anda untuk melakukan pukulan dan tendangan tanpa mengorbankan manajemen jarak anda. Dan selain untuk membela diri, Karate juga sangat membantu anda yang ingin menurunkan berat badan atau mengurangi stres.

8. Kushti

15 Seni Bela Diri yang Cocok untuk Wanita
Kushti

Kushti adalah salah satu bentuk seni bela diri tradisional yang berasal dari India dan merupakan olahraga kuno yang telah dilakukan selama bertahun-tahun. Gulat akan mengajari anda untuk mengendalikan lawan dengan menggunakan berbagai macam teknik lemparan, teknik take-down dan teknik kuncian. Anda juga akan menjadi jauh lebih kuat karena anda akan berguling-guling dan bergulat selama masa latihan.

9. Krav Maga

15 Seni Bela Diri yang Cocok untuk Wanita
Krav Maga

Jika anda menyukai hal yang sedikit lebih keras dan brutal, maka seni bela diri Krav Maga bisa menjadi pilihan anda. Krav Maga akan mengajarkan anda untuk menggunakan benda apapun yang ada di sekitar anda sebagai senjata. Baik itu pena, gelas, botol, anda harus bisa menggunakannya untuk menghadapi lawan atau musuh anda. Seni bela diri ini menekankan pada pengkondisian dan kesadaran spesial sehingga ketika anda sedang terpojokan, anda akan memiliki rasa percaya diri untuk menyerang balik lawan anda.

10. Kickboxing

15 Seni Bela Diri yang Cocok untuk Wanita
Kickboxing

Kickboxing untuk pertahanan diri berkonsentrasi pada teknik pukulan, serangan lutut, dan tendangan: dengan gerakan serba cepat yang dapat menggangu konsentrasi lawan, dan ditujukan pada semua kesempatan yang tersedia. Jika penyerang memiliki pisau atau pistol, dan berada dalam jangkauan lengan, dia akan menggunakan senjatanya. Namun kita akan dipersenjatai dengan lebih banyak senjata, menggunakan tangan, kaki, lutut, siku, kepala.

Cukup berjalan menuju penyerang (yang membawa senjata), dan lemparkan tendangan depan lurus ke dagunya sekeras mungkin. Kickboxing terkenal dalam gerakan seperti ini, dan mengajarkan praktisi untuk mengeksekusinya dengan kecepatan yang begitu tinggi, lebih cepat daripada yang dapat diserang oleh si penyerang, sehingga hampir mengesampingkan risiko "tendangan bergaya." 

11. Thang-Ta

15 Seni Bela Diri yang Cocok untuk Wanita
Thang-Ta

Thang-Ta adalah sebuah seni bela diri tradisional asal Manipur, Thang-Ta akan mengajarkan anda untuk menguasai pedang dan juga tombak. Seni bela diri ini menekankan pada kontrol fisik dan gerakan yang tepat. Irama nafas anda bertindak sebagai metronom untuk serangan anda, jadi jika anda akan menghitung setiap pukulan pada setiap nafas yang anda ambil.

12. Muay-Thai

15 Seni Bela Diri yang Cocok untuk Wanita
Muay-Thai

Muay Thai juga dikenal sebagai seni bela diri dengan menggunakan delapan anggota badan karena anda akan diajarkan untuk menggunakan tinju, kaki, lutut dan siku untuk menyerang lawan. Dikenal karena ketahanan dan ketangguhannya, orang-orang Thailand mengembangkan Muay Thai setelah menyadari bahwa gaya sebelumnya, 'Muay Boran', sedikit brutal bahkan dengan headbutts yang dilemparkan ke dalam campuran. Muay Thai sekarang telah disempurnakan menjadi seni bela diri yang semua pejuang profesional.

13. Capoeira

15 Seni Bela Diri yang Cocok untuk Wanita
Capoeira

Capoeira adalah bentuk seni Brasil yang menggabungkan pertarungan, tarian, ritme dan gerakan. Capoeira adalah dialog antar pemain - percakapan melalui gerakan yang bisa membawa banyak nuansa makna. Rincian asal-usul capoeira dan sejarah awal masih menjadi perdebatan di kalangan sejarawan, namun jelas bahwa budak Afrika memainkan peran penting dalam pengembangan seni rupa. Beberapa sejarawan mengklaim bahwa budak menggunakan penampilan seperti tarian capoeira sebagai cara untuk menyembunyikan latihan tempur dan pertahanan diri mereka.

14. Kenpo

15 Seni Bela Diri yang Cocok untuk Wanita
Kenpo

Kenpo adalah seni bela diri progresif, yang berakar kuat dalam ajaran leluhur asli Tiongkok namun terus berkembang. Seperti air, Kenpo terus berubah seperti yang diwariskan dari satu praktisi ke praktisi berikutnya. Setiap praktisi, tetap setia pada akar tapi menggabungkan visinya Kenpo sebagai seni yang terus berkembang. Ini adalah sistem yang didasarkan pada pengetahuan, pondasi, kecepatan, kekuatan dan ketepatan. Kenpo Karate mengajarkan pembelaan diri dan pengendalian diri melalui tiga metode utama: dasar-dasar (latihan dan pengkondisian bela diri), katas (juga dikenal sebagai tarian, set atau bentuk,) dan perdebatan (juga dikenal sebagai kumite atau gaya bebas). Dasar-dasarnya berfokus pada berbagai latihan memukul, menghalangi dan menendang yang membangun fondasi, bentuk dan teknik yang tepat.

15. Pencak Silat

15 Seni Bela Diri yang Cocok untuk Wanita
Pencak Silat

Pencak Silat adalah salah satu seni bela diri tradisional asal Indonesia yang menggunakan teknik bentuk pertarungan tubuh penuh yang menggabungkan pukulan, pergulatan dan penggunaan senjata. Setiap bagian tubuh digunakan dan dikenai serangan. Pencak silat dipraktikkan tidak hanya untuk pertahanan fisik tapi juga untuk tujuan psikologis.

Tags: Beladiri Wanita, Olahraga, Wanita

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com