Inilah Pentingnya Website untuk Perkembangan Bisnis Anda

Website merupakan suatu halaman website yang bisa diakses lewat internet. Di dalam sebuah website umumnya akan tersedia sebuah informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok dan atau organisasi.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Global Web Index, 62 persen pelanggan akan berkunjung ke website untuk mencari informasi mengenai merek ataupun produk.

Dari sini sudah bisa dilihat dengan jelas ya bahwa sebagai seorang pengusaha, Anda harus mempersiapkan website yang proper agar bisa memberikan kesan yang positif terhadap pelanggan.

Anda juga harus mulai mempertimbangkan untuk membuat sebuah website yang tak cuma menampilkan informasi saja, tetapi juga termasuk media branding hingga promosi usaha.

1. BRANDING

Salah satu hal yang sangat penting dan tidak boleh terlewatkan guna membangun sebuah citra dari bisnis yang Anda dirikan. Selain memberikan informasi umum, website yang Anda buat juga bisa menyajikan sebuah branding khusus hingga meninggalkan kesan yang baik untuk pelanggan.

Adapun untuk tujuan dari branding ini adalah agar pelanggan bisa mempercayai produk atau jasa yang Anda jual merupakan sesuatu yang kredibel. Jangan anggap remeh ya!

2. MEDIA INFORMASI

Seperti yang juga sudah disinggung sebelumnya bahwa sebuah website punya tujuan utama untuk memberikan informasi terutama mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan kepada pelanggan.

Website bukan sebuah toko yang mempunyai jam buka atau tutup, semua orang bisa mengakses situs website milik Anda kapan pun dan di mana pun.

Media ini juga bisa dibilang tidak terlalu membutuhkan banyak biaya. Jadi, selain sangat efektif, website juga bisa dikatakan media yang sangat efisien.

Dengan memberikan informasi mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan di website, pelanggan akan dengan sangat mudah untuk mencari informasi tentang bisnis Anda.

3. INTRODUCING

Dengan berkunjung ke website milik Anda, pelanggan bisa dengan sangat mudah mengetahui segala hal tentang produk dan merek yang Anda tawarkan.

Dengan mengetahui sejumlah informasi itu, pelanggan bisa segera mengambil keputusan untuk bisa melakukan pembelian, kalau memang tertarik atau sedang membutuhkan produk tersebut.

Di sini, Anda juga tidak hanya bisa memberikan informasi mengenai produk atau jasa yang ditawarkan saja, tetapi Anda dapat menyelipkan keterangan mengenai perusahaan atau sesuatu hal lain yang ingin ditonjolkan.

Satu lagi hal yang bisa didapatkan adalah karena Anda tidak perlu lagi untuk repot menjawab pertanyaan pelanggan satu per-satu karena informasi sudah tersedia di dalamnya.

4. INCREASE SALES

Bagaimana bisa hanya menampilkan keterangan di website justru meningkatkan penjualan? Tentu saja! Oleh karena pengunjung yang merasa puas dengan informasi tersebut, kemungkinan pelanggan untuk membeli produk atau jasa menjadi meningkat.

Dengan begini, secara otomatis untuk rate penjualan akan menjadi lebih tinggi dari sebelumnya. Pada waktu pelanggan merasa tertarik dengan informasi yang diberikan, mereka tidak akan ragu untuk membelinya.

Oleh karena itu penghasilan bisnis Anda akan ikut meningkat. So, tidak ada lagi alasan untuk Anda tidak membuat website dengan fitur penjualan secara online di dalamnya.

CARA MEMBUAT WEBSITE

Walaupun manfaatnya begitu besar, tapi ternyata untuk pembuatannya sangat mudah untuk dilakukan lho. Anda tidak membutuhkan banyak tenaga, waktu dan bahkan biaya. Tarif pembuatan website bisa dikatakan jauh lebih murah kalau dibandingkan dengan manfaatnya.

1. Domain (URL)

Hal yang pertama kali harus Anda persiapkan adalah sebuah domain atau link url yang menjadi alamat situs website Anda.

Misalnya seperti www.vebma.com, Anda bisa mengakses situs kami dengan alamat tersebut. Begitu juga dengan situs website yang akan Anda miliki.

2. Hosting

Selanjutnya adalah hosting yang menjadi tempat atau wadah untuk ditempatkannya file-file website milik Anda. Di sini nantinya akan berisi seperti template, gambar, video, dan atau kebutuhan lainnya untuk mengakses informasi di situs website Anda.

3. Template

Tadi sudah disinggung mengenai template website yang memiliki ragam desain dan bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Saat ini sudah tersedia cukup banyak template yang beredar di publik, baik itu gratis ataupun berbayar.

Setelah Anda memiliki 3 unsur di atas, maka bisa dikatakan bahwa Anda sudah memenuhi syarat utama untuk mempunyai website.

PROMOSI WEBSITE

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan sebuah website, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Memberitahukan ke semua orang

Anda bisa memberitahukan ke semua orang tentang website yang menjadi tempat informasi untuk produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Caranya bisa melalui pesan online seperti pesan WhatsApp, mencantumkannya ke bio/profil, membagikannya secara massal ke grup tertentu (jangan spam), dan lain sebagainya.

2. Beriklan secara online

Bukan hanya secara fisik atau offline saja, iklan juga bisa menjadi sangat efektif jika Anda menggunakan strategi yang tepat. Oleh karena itu, Anda harus bisa mempelajari sejumlah cara yang dapat dilakukan.

Sosial media juga menjadi salah satu platform yang bisa Anda pilih sebagai media berpromosi. Anda bisa membayar platform tersebut dengan iklan-iklan yang telah ditawarkan misalnya oleh facebook, instagram, youtube atau tiktok.