9 Gunung Di Sekitar Jakarta Yang Wajib Dikunjungi Saat Long Weekend
Berwisata ke gunung saat long weekend bisa menjadi pilihan untuk kamu yang tinggal di ibukota. Tidak perlu khawatir akan jauhnya jarak yang harus ditempuh karena ada 9 gunung di Jakarta dengan pemandangan menawan yang bisa kamu kunjungi saat long weekend.

Long Weekend menjadi dambaan setiap orang khususnya para pekerja di kota besar seperti Jakarta. Tidak melulu nongkrong di kafe, long weekend bisa dimanfaatkan untuk refreshing ke gunung. Kamu tidak perlu khawatir dengan lokasi gunung yang jauh dan membutuhkan waktu lama. Pasalnya ada sejumlah wisata gunung di dekat Jakarta yang dapat kamu singgahi. Penasaran? Inilah 9 gunung di sekitar Jakarta yang wajib kamu kunjungi saat Long Weekend.

Gunung Pancar di Citeureup, Bogor

via https://jakartavwcampervan.com...

Gunung ini memiliki hamparan hutan pinus nan menakjubkan. Tidak jarang para pelaku industri kreatif mendatangi Gunung Pancar untuk menggarap proyek mereka. Selain hamparan hutan pinus, Gunung Pancar juga menawarkan wisata air panas. Untuk sampai ke lokasi ini, kamu hanya perlu mendaki selama 3-4 jam. Banyak pendaki yang naik saat malam hari karena ingin menyaksikan pemandangan sunrise yang begitu indah.

Gunung Bongkok di Cikandang, Purwakarta

via http://ngadem.com/mau-lihat-pe...

Gunung Bongkok juga merupakan salah satu wisata gunung terdekat dari Jakarta. Bahkan gunung ini sangat direkomendasikan untuk pendaki pemula. Untuk naik ke puncak, kamu membutuhkan waktu 2 jam. Sangat disarankan untuk berangkat pagi hari dari Jakarta dikarenakan angkutan umum dari Plered menuju Cikandang sangat jarang ditemui saat sore hari.

Gunung Papandayan di Garut

via https://liburwisata.wordpress....

Papandayan merupakan wisata gunung yang sangat ramah bagi pendaki, bahkan anak-anak. Di gunung ini, ada banyak keindahan yang patut diabadikan. Mulai dari kawasan kawah, hutan mati nan mempesona, hingga Tegal Alun dimana hamparan Bunga Edelweis hadir menyapa. Semua keindahan ini menjadikan Gunung Papandayan sangat worth it untuk dikunjungi. Lokasinya pun cukup mudah diakses, ditambah lagi dengan kualitas jalan yang baik.

Gunung Batu di Jonggol, Bogor

via http://hellobogor.com/gunung-b...

Gunung Batu menawarkan sensasi menjelajahi Selandia Baru seperti setting Film Hobbit. Sepanjang perjalanan kamu akan menyaksikan sungai-sungai besar, hamparan sawah hijau, dan deretan bukit yang sangat sedap dipandang. Gunung Batu Jonggol juga sangat ramah bagi pendaki pemula karena kamu hanya dalam waktu 45 menit sudah mencapai titik puncak. Jika kamu berangkat dari Jabodetabek, kamu bisa melalui dua akses. Pertama melalui jalur Cibubur, Cileungsi, dan Kampung Menger. Kedua, melalui Cibinong, Citereup, Tajur, dan Sukamakmur.

Gunung Salak di Sukabumi dan Bogor

via http://caringinstory.blogspot....

Kawasan Gunung Salak di Jawa Barat masuk ke dalam wilayah Sukabumi dan Bogor. Gunung yang sering menjadi ajang pertemuan para pecinta alam ini terkenal dengan track mendakinya yang cukup ekstrim. Meski demikian, curam dan terjalnya medan memberikan tantangan dan kesan tersendiri bagi para pendakinya. Apalagi setelah menyaksikan hamparan hutan tropisnya nan sejuk, dijamin long weekendmu akan sangat berkesan.

Gunung Gede-Pangrango di Bogor, Sukabumi, dan Cianjur

via http://news.detik.com/berita/2...

Kawasan Gunung Gede-Pangrango masuk ke dalam tiga kabupaten yaitu Bogor, Sukabumi dan Cianjur. Di gunung ini, kamu akan menemukan banyak sekali kekayaan alam, tak terkecuali Lembah Mandalawangi dan Suryakencana dimana Bunga-Bunga Edelweis tumbuh dengan semarak. Perlu diketahui Padang Edelweis Suryakencana merupakan yang terluas se-Asia Tenggara. Untuk sampai ke lokasi ini, dari Jakarta kamu bisa menaiki bus di Terminal Kampung Rambutan ataupun kereta api tujuan Bogor. Setibanya di Stasiun Bogor, lanjutkan perjalanan menuju Terminal Baranangsiang. Setelah itu, kamu bisa memilih rute mana yang ingin dijalani, apakah Cibodas atau Gunung Putri.

Gunung Munara di Bogor

via http://www.jalanpendaki.com/20...

Belakangan Gunung Munara sangat populer. Selain karena tidak terlalu tinggi, Gunung Munara juga dekat dengan Jakarta. Dalam waktu satu hari, kamu bisa mendaki sampai puncak dan turun kembali tanpa perlu menginap. Tidak hanya menawarkan pemandangan indah di puncak, Gunung Munara juga memiliki Goa Soekarno. Konon, Presiden RI ke-1 itu pernah singgah di goa ini saat merumuskan negara. Ada banyak kelelawar yang masuk dan keluar dari goa. Memang hawa di dalam goa terasa sejuk. Namun disarankan kamu tidak berlama-lama di dalam goa karena nafas akan terasa sesak.

Gunung Kapur di Bogor

via http://jabar.pojoksatu.id/wisa...

Berlokasi di Desa Cibadak, Ciampea, Bogor, Gunung Kapur menawarkan perjalanan singkat dengan pemandangan yang indah. Dari Jakarta kamu bisa menggunakan kereta lalu menaiki angkutan umum tujuan Laladon/Bubulak, kemudian lanjutkan perjalanan dengan angkot jurusan Leuwiliang. Dari dalam angkot, kamu harus jeli melihat Pertigaan Warung Borong karena Gunung Kapur tidak jauh dari lokasi tersebut. Dari sana silahkan berjalan kaki hingga hutan jati. Setibanya di sana, akan ada orang-orang yang dapat memandu kamu berjalan ke Puncak Gunung Kapur. Memang untuk sampai ke puncak, tidak begitu sulit. Namun kamu harus berhati-hati karena kondisi bebatuan yang terjal. Meski demikian, semua itu akan terbayar saat menyaksikan keindahan Bogor dari Punca Gunung Kapur.

Gunung Lembu di Purwakarta

via http://blog.reservasi.com/cara...

Di Purwakarta terdapat Gunung Lembu yang dapat kamu jangkau hanya dalam waktu 3 jam dari Jakarta. Track Gunung Lembu cukup sulit dengan dominasi tanah merah. Ditambah lagi dengan deretan pohon bambu di sepanjang pendakian. Meski demikian, lelahmu selama mendaki akan terbayarkan saat menyaksikan Waduk Jatiluhur dari ketinggian.

Jadi long weekend nanti mau ke gunung yang mana?

Loading...

Artikel Terkait