Air Terjun Peucari, Air Terjun Eksotis di Balik Hutan Belantara

Wisata 2 months ago
Air Terjun Peucari, Air Terjun Eksotis di Balik Hutan Belantara

Dibalik rimbunnya hutan di Kabupaten Aceh Besar ternyata menyimpan banyak potensi wisata yang masih belum banyak dijamah oleh wisatawan. Banyak potensi wisata yang memiliki pesona luar biasa, layaknya surga kecil di pedalaman Aceh. Salah satunya yaitu Air Terjun Peucari yang kini tengah populer di kalangan pemuda karena memancarkan pesona alam menawan.

Setelah dibuka untuk umum kurang lebih satu tahun yang lalu, Air Terjun Peucari terus mengalami peningkatan dalam hal pengunjung. Pertama kali kepopuleran air terjun ini berawal dari seorang mahasiswa pecinta alam yang memposting sebuah foto tentang keindahan air terjun tersebut. Mulailah berdatangan wisatawan yang ingin menengok keindahan air terjun tersembunyi ini.

Air Terjun Peucari
Air Terjun Peucari

Secara administratif, air terjun ini terletak pada Desa Bueng, Kota Jantho, Kecamatan Jantho, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Untuk mencapai lokasi Air Terjun Peucari wisatawan setidaknya harus menempuh jarak kurang lebih 60 kilometer, namun dalam perjalanan memakan waktu sekitar 3 jam dari Banda Aceh. Hal tersebut karena wisatawan harus berjalan kaki setelah tiba di Kota Jantho.

Dari Banda Aceh menuju ke Kota Jantho, dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum selama satu jam. Setelah sampai di Kota Jantho, wisatawan harus memakirkan kendaraan di sekitar pintu masuk ke hutan belantara yang merupakan tempat Air Terjun Peucari berada. Disini, wisatawan disarankan untuk menyewa guide dari penduduk setempat dengan membayar Rp. 200.000 untuk minimal 10 orang.

Hal tersebut disarankan karena wisatawan tak mengetahui medan yang cukup sulit didalam hutan. Sehingga dikhawatirkan wisatawan bisa tersesat atau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Sebelum melakukan perjalanan, pemandu akan memberikan pengarahan agar selalu berhati-hati, dan berdoa ketika perjalanan. Wanita diperbolehkan ikut, asal dalam kondisi fisik yang prima karena perjalanan menuju ke Air Terjun Peucari sangat melelahkan.

Pesona Air Terjun Peucari

Dalam perjalanan wisatawan akan disajikan dengan hutan belantara yang masih asri dengan dipenuhi pepohonan hijau di kiri dan kanan. Pengunjung juga akan melewati ladang-ladang milik penduduk, serta harus melewati beberapa sungai dengan kedalaman hingga lutut serta arusnya yang lumayan deras. Tak jarang, wisatawan juga akan menemui beberapa lintah yang menempel di kaki.

Perjalanan yang cukup ekstrim serta melewati medan berat ini memang sangat melelahkan. Disarankan untuk mengenakan pakaian yang nyaman, serta sepatu tracking guna melindungi kaki dari lintah, duri, serta bebatuan yang tajam. Meskipun melelahkan, nuansa di hutan belantara ini begitu asri serta menawarkan udara yang segar. Terkadang, akan terdengar suara merdu dari kicauan burung liar yang akan menemani perjalanan wisatawan.

Setelah melakukan perjalanan selama kurang lebih 2 jam, sayup-sayup terdengar dari kejauhan suara gemericik Air Terjun Peucari yang semakin menggugah wisatawan untuk segera tiba dilokasi. Benar saja, ketika tiba di air terjun terlihat sebuah fenomena alam maha karya sang pencipta berupa air terjun dengan 7 tingkat yang sungguh luar biasa indahnya.

Air Terjun Peucari memiliki 7 tingkatan, serta dilengkapi dengan sebuah kolam alami disetiap tingkatannya. Kolam tersebut cukup dangkal, dengan lebar antara 2 hingga 3 meter sehingga bisa digunakan wisatawan untuk berenang atau bermain air. Ketinggian air terjun ini hanya berkisar antara 1 hingga 3 meter saja, sehingga akan terlihat sebuah panorama air terjun berundak-undak yang indah dan alami.

Airnya yang jernih dan segar, mengalir dari sumber mata air alami pegunungan yang juga menjadi sumber air utama bagi masyarakat setempat. Wisatawan bisa dengan bebas bermain air, atau berenang di telaga yang ada pada Air Terjun Peucari. Tetaplah berhati-hati, karena disekitar air terjun dipenuhi dengan bebatuan licin yang bisa saja membahayakan wisatawan.

Nuansa alami air terjun, juga ditambah dengan lingkungan sekitar yang dipenuhi dengan pepohonan hijau. Lelah yang dirasakan selama perjalanan, akan seketika sirna kala melihat fenomena alam yang menawan ini. Tak jarang, kicauan burung-burung liar pun semakin mempercantik pesona dari Air Terjun Peucari.

Fasilitas Air Terjun Peucari

Fasilitas yang ada pada tempat wisata ini masih sangat minim, sehingga tak banyak yang bisa dinikmati wisatawan. Masih belum ditemukan kamar mandi, toilet, tempat ibadah, serta warung-warung sederhana. Hanya terdapat tempat parkir kendaraan yang berada di sekitar pintu masuk ke hutan menuju Air Terjun Peucari.

Sangat disarankan wisatawan mempersiapkan bekal terlebih dahulu sebelum bertolak ke Air Terjun Peucari. Karena disini masih minim ditemukan warung yang menjajakan makanan. Jika kamu tak ingin nanti kelaparan dilokasi, sebaiknya persiapkanlah bekal sendiri.

Loading...

Dikarenakan letaknya yang terpencil ditengah hutan belantara, menjadikan tak banyak fasilitas yang bisa ditemukan. Hal ini juga menjadi salah satu faktor yang menyulitkan pemerintah setempat untuk mengembangkan potensi wisata yang ada pada Aceh Besar ini. Namun diharapkan kedepannya, pemerintah lebih memperhatikan tempat ini karena potensi wisatanya yang sungguh luar biasa.

Air Terjun Peucari memang menawarkan pesona panorama alam yang anti mainstream, sehingga kini semakin populer dikalangan wisatawan lokal. Berikut aktivitas-aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan ketika berada di air terjun.

Berenang dan Bermain Air

Ketika berada di Air Terjun Peucari, kamu bebas untuk berenang di telaga yang terdapat di beberapa tingkatan air terjun. Kamu bisa merasakan betapa segarnya air, setelah melakukan perjalanan panjang melewati sungai dan hutan. Beberapa telaga tersebut juga sangat dangkal sehingga sama sekali tak berbahaya walaupun kamu tak pandai berenang.

Jika tak ingin berenang, kamu bisa menikmati gemericik air yang jatuh ke bebatuan disekitar air terjun. Celupkanlah kakimu ke telaga untuk merasakan airnya yang dingin dan menyejukkan. Terdapat bebatuan di pinggir, yang bisa kamu jadikan tempat duduk. Berkunjung ke air terjun eksotis ini memang bisa menghilangkan rasa penat dari aktivitas keseharian yang menjemukan.

Menikmati Keindahan Alam

Selain berenang dan bermain air, kamu juga bisa menikmati keindahan alam yang ada di air terjun. Dikelilingi dengan rimbunnya pepohonan yang masih hijau dan asri, membuat suasana di tempat wisata ini sangat asyik untuk bersantai. Kamu bisa bersantai dengan menikmati udara segar yang masih belum tercemar oleh polusi.

Hunting Foto

Banyak wisatawan yang mengabadikan momen ketika berkunjung ke Air Terjun Peucari. Tempatnya yang indah serta alami, menjadikan obyek wisata ini sangat cocok untuk bernarsis ria bersama teman dan orang terdekat. Terdapat banyak sekali objek yang bisa kamu jadikan sebagai background seperti telaga, atau berfoto bersama diatas air terjun.

Setelah puas bernarsis ria, unggahlah foto tersebut ke akun sosial media pribadimu. Keindahan air terjun pasti akan mengundang decak kagum dari berbagai orang. Selain itu, banyak juga fotografer yang rela menempuh perjalanan melelahkan hanya untuk hunting foto. Pesona yang dimiliki air terjun memang memikat, sehingga sangat layak untuk dipotret dengan lensa kamera.

Camping

Kamu juga bisa bercamping di sekitar Air Terjun Peucari. Tentunya, kamu harus didampingi oleh guide dari daerah setempat karena letak air terjun ini yang berada di tengah hutan. Jikalau kamu seorang pecinta alam, tak ada salahnya melewati malam di air terjun yang indah ini.

Tentunya akan menjadi pengalaman yang sangat menarik jika kamu pernah bercamping di tempat tersebut. Namun kamu harus waspada setiap saat, dan pastikan kamu merupakan orang yang berpengalaman dengan alam. Jangan lupa ketika pulang, bawalah seluruh sampah untuk menjaga air terjun tetap bersih.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Peucari

Untuk memasuki air terjun sebenarnya tidak dipungut biaya sama sekali, hanya wisatawan harus membayar jasa guide sebesar Rp. 200.000 minimal untuk 10 orang.

Tips Berwisata di Air Terjun Peucari

  • Siapkanlah kondisi fisikmu, karena perjalanan menuju Air Terjun Peucari sangat melelahkan.
  • Gunakanlah pakaian yang nyaman untuk tracking, seperti sepatu, celana, dan jaket.
  • Bawalah perbekalan makan dan minum dari rumah.
  • Berhati-hatilah ketika melakukan perjalanan melewati hutan, karena kamu akan bertemu sungai, lintah dan hewan liar lainnya.
  • Selalu berhati-hati di air terjun, karena banyak bebatuan yang licin.
  • Jagalah kebersihan, dengan bawa pulang sampah yang kamu bawa.
  • Selalu jaga kelestarian, dengan tidak merusak apapun yang ada di air terjun.

Tags: Air Terjun Peucari, Air Terjun, Aceh

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com