Loading...

32 Tempat Wisata di Banjarnegara yang Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Wisata 1 month ago
32 Tempat Wisata di Banjarnegara yang Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi


Setelah bekerja seharian selama berminggu-minggu, pastilah kita akan merasakan masa jenuh dengan aktifitas sehari-hari yang tidak ada hentinya, entah itu yang berhubungan dengan pekerjaan atau sekolah dan kuliah. Terkadang kita harus memanfaatkan beberapa hari libur yang bisa anda dapatkan untuk sekedar refreshing, melepaskan segala penat dan stres yang anda rasakan. Nah bagi anda yang tinggal di Jawa Timur tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar pulau Jawa atau ke luar Jawa Timur untuk berlibur, di Banjarnegara juga ada obyek wisata yang memiliki pesona indah yang bisa membuat anda terkagum-kagum.

1. Tampo Mas

Banjarnegara sebagai salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang mempunyai banyak obyek wisata yang dapat kita eksplore. Tempat pertama yang akan kita bahas adalah Tampo Mas.
Jaman dahulu Tampo Mas ini adalah sebuah gunung yang disebut Gunung Tampo Mas. Lalu akhirnya gunung ini dihancurkan karena dibangunnya obyek wisata lain. Meskipun begitu, ternyata reruntuhan inilah yang justru menjadi daya tarik tersendiri bagi tempat ini karena semenjak itu banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar kota yang berbondong-bondong datang kesana saat akhir pekan atau hari libur.
Sisi menarik dari Tampo Mas adalah tekstur tebingnya. Selain itu waduk yang ada di tengah-tengah bukit batunya pun menyita perhatian pengunjung. Di sana anda bisa bebas menikmati pemandangan alam sembari berfoto-foto bersama dengan keluarga.
Alamat : Jl. Raya Brengkok - Banjarnegara No.7, Parakancanggah, Kec. Banjarnegara, Banjarnegara, Jawa Tengah 53412
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 5.000/orang

2. Telaga Dringo

Menyaksikan indahnya alam setelah sibuk berkutat dengan urusan pekerjaan atau sekolah bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Di Banjarnegara obyek wisata Telaga Dringo bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anda menghabiskan waktu bersama dengan pasangan atau keluarga besar.
Telaga Dringo sendiri merupakan telaga yang tertinggi di dataran tinggi Dieng. Apabila anda ingin tahu bagaimana indahnya Ranu Kumbolo di kaki Mahameru, anda bisa berkunjung ke telaga ini karena pemandangannya hampir mirip, dan juga sama-sama indah.
Untuk bisa sampai ke spot Telaga Dringo, anda harus melalui medan pendakian berbatu yang tidak terlalu susah selama kurang lebih sekitar 20 menit. Sesampainya di sana para pengunjung akan disambut dengan telaga cantik di tengah-tengah alam yang asri, dijamin rasa lelah dan penat anda setelah perjalanan panjang akan seketika hilang.
Alamat : Pekasiran Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah 53456
Fasilitas : Lahan parkir, area berkemah
Jam buka : 24 jam
Tiket : -

3. Candi Dwarawati

Berkunjung ke wisata sejarah tidak kalah menyenangkannya dengan berkunjung ke pantai atau air terjun. Di Banjarnegara ada beberapa obyek wisata sejarah yang tentunya tidak boleh anda lewatkan, seperti Candi Dwarawati.
Candi ini memang tidak sepopuler candi-candi lain di Jawa Tengah karena lokasinya yang cenderung tersembunyi dan jauh dari pusat kota Banjarnegara, bahkan untuk bisa sampai kesana pengunjung harus melewati pemukiman warga serta ladang kentang. Selain itu, ukurannya yang tak terlalu besar pun membuat keberadaannya sulit dilihat dari kejauhan. Candi yang mempunyai ukuran panjang 5 meter, lebar 4 meter, dan tinggi 6 meter ini dibangun pada abad 8 Masehi sebagai tempat pemujaan Dewa Siwa.
Alamat : Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir

4. Candi Bima

Kabupaten Banjarnegara tidak hanya kaya dengan obyek wisata alam seperti kawah, pegunungan atau telaga, di sana juga ada beberapa peninggalan sejarah yang dapat anda datangi bersama dengan keluarga untuk mendapatkan pengetahuan baru. Obyek wisata Candi Bima adalah salah satu wisata sejarah yang sering dijadikan tujuan wisata oleh para wisatawan.
Candi ini sendiri merupakan salah satu candi terbesar yang ada di kawasan Dieng. Untuk gaya arsitektur Candi Bima lebih mengarah ke gaya candi asal India dan ada satu hal unik dari Candi Bima Dieng yaitu memiliki arca kudu di setiap sisi dindingnya yang selalu menyimbolkan kemegahan dari salah satu candi terbesar di Dieng ini.
Untuk sampai ke candi megah ini tidaklah sulit. Lokasinyapun lumayan strategis dan mudah di cari karena terletak sebelum pintu masuk kawah fenomenal di Dieng yaitu Kawah Sikidang Dieng.
Alamat : Desa Dieng Kulon, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, warung
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 17.00 )
Tiket : Hanya biaya parkir


5. Gunung Lanang

Bosan dengan kegiatan berlibur yang itu-itu saja? Mungkin anda butuh sesuatu yang baru yang penuh tantangan dan membangkitkan semangat anda seperti aktifitas pendakian contohnya. Di kabupaten Banjarnegara anda dapat mengajak teman-teman pecinta alam anda untuk melakukan pendakian ke obyek wisata Gunung Lanang yang namanya sudah terkenal di sana.
Gunung ini sendiri dinamakan 'Lanang' (dalam bahasa Jawa 'laki-laki ) karena bentuk fisik dari Gunung Lanang kalau dilihat dari jauh menyerupai alat kelamin dari kaum laki-laki. Dan menurut warga sekitar, gunung lanang ini merupakan pasangan dari gunung wadon ( perempuan ) yang biasa dikenal dengan Gunung Tampomas. Jika anda berkunjung kesana disarankan untuk memperhatikan arah kaki anda melangkah karena di sana banyak sesaji yang tertinggal. Sesaji ini berasal dari orang-orang yang bertapa dan menganggap bahwa gunung ini sakral.
Alamat : Desa Masaran, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, warung
Jam buka : 24 jam
Tiket : -


6. Museum Kaliasa

Siapa bilang wisata edukasi tidak bisa terasa menyenangkan? Sekarang ini wisatawan harus lebih disadarkan lagi bahwa wisata edukasi tidak kalah menarik dan menyenangkan dibanding dengan obyek wisata yang lainnya. Seperti di Banjarnegara, anda bisa datang ke Museum Kaliasa untuk menambah pengetahuan sekaligus berekreasi.
Museum yang berdiri di atas lahan seluas 560 m2 ini terdiri dari dua bangunan. Bangunan yang pertama di sisi depan adalah yang pertama kali dibangun tepatnya pada tahun 1984. Di dalam bangunan ini, disimpan berbagai benda yang berhubungan dengan candi yang ada di Dataran Tinggi Dieng.
Saat pengunjung masuk ke dalam bangunan ini, anda akan disambut dengan atap candi, lingga dan yoning, tungku untuk menaruh sesaji, nandi atau tunggangan Dewa Syiwa dan Dewi Durga yang bertubuh singa dan berkepala sapi, mahakala, batu penutup, dll.
Sementara, bangunan kedua diresmikan pada tanggal 28 Juli 2008 oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata saat itu, Jero Wacik. Di ruangan ini, tersimpan koleksi yang lebih beragam.
Alamat : Dieng, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, kantin
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 16.00 )
Tiket : Rp. 4.000/orang


7. Candi Gatotkaca

Kabupaten Banjarnegara selain dikenal kaya akan obyek wisata alam seperti telaga, air terjun dan gunung, di sana ternyata banyak ditemukan peninggalan sejarah yang sangat menarik dan bisa dijadikan alternatif destinasi wisata anda bersama dengan keluarga dan atau teman-teman di akhir pekan.
Obyek wisata kompleks Candi Gatotkaca yang berlokasi di depan Museum Kaliasa ini sebenarnya terdiri dari lima bangunan, yaitu Candi Gatotkaca, Candi Nakula, Candi Sadewa, Candi Petruk, dan Candi Gareng. Sama seperti Candi Bima, candi ini dibangun untuk tempat pemujaan Dewa Siwa pada abad 8 Masehi.
Anda yang suka dengan pemandangan kuno nan unik bisa memanfaatkan reruntuhan candi di sekitar sebagai target bidikan kamera anda agar bisa mendapatkan foto yang bagus.
Alamat : Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir


8. Kawah Sileri Dieng

Berlibur ke obyek wisata alam bersama dengan keluarga besar ataupun pasangan memang rasanya menyenangkan. Bagi anda yang berencana pergi ke suatu tempat untuk melepas penat, anda bisa mencoba datang ke obyek wisata Kawah Sileri Dieng yang ada di Banjarnegara.
Karena terletak di kawasan Dieng yang dikenal memiliki banyak obyek wisata menarik, kawah ini memang sering didatangi para wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Meskipun tergolong aktif dengan letusannya yang beberapa kali pernah terjadi, namun para wisatawan sepertinya tidak pernah ciut untuk mendatanginya.
Kawah vulkanik dengan luas sekitar 4 hektar ini memang memiliki pemandangan yang luar biasa indah dan masih sangat alami, selain itu udara yang ada di sana terasa sejuk, jauh dari polusi. Maka dari itu pengunjung yang datang akan betah berlama-lama melihat view cantik Kawah Sileri.
Alamat : Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah 53456
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir


9. Sumur Jalatunda

Kawasan Dieng yang berada di kabupaten Banjarnegara memang sudah dikenal tidak hanya di Jawa Tengah namun di Pulau Jawa. Di sana anda bisa menemukan beberapa obyek wisata alam menarik dan sayang jika dilewatkan, salah satunya adalah Sumur Jalatunda Dieng.
Sumur lebar dengan diameter hingga 90 meter serta kedalaman lebih dari 150 meter ini terbentuk dari letusan kawah vulkanis yang terjadi ratusan tahun lalu. Di sana anda bisa menikmati view pemandangan alam yang masih asri dengan udara sejuk khas pegunungan.
Untuk dapat mengakses tempat ini juga mudah, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor dan juga memanfaatkan alat transportasi umum yang ada di Banjarnegara.
Alamat : Desa Wisata Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir


10. Kawah Candradimuka

Selanjutnya di kabupaten Banjarnegara ada sebuah kawah yang dinamakan sesuai dengan nama kawah tempat penyucian Gatotkaca, Candradimuka. Mengapa dinamakan demikian, karena suhu air di kawah ini bisa mencapai lebih 100 derajat Celcius.
Obyek wisata Kawah Candradimuka memang tergolong baru dijadikan sebagai kawasan wisata. Oleh Pemerintah Banjarnegara, tempat ini baru dipromosikan sebagai tujuan wisata pada tahun 2001.
Di tempat ini, anda bisa melihat tiga kawah aktif sekaligus. Tiba di parkir tempat wisata, pengunjung masih harus menuruni anak tangga untuk mencapai ketiga kawah yang ada di sini. Walaupun tidak terlalu jauh, anak tangga menuju kawah cukup licin, ditambah dengan kabut yang keluar akibat panasnya kawah membuat perjalanan harus ekstra hati-hati.
Alamat : Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir


11. Kawah Sikidang

Walaupun tergolong aktifitas yang lumayan berbahaya, berwisata ke kawah memang masih digemari oleh banyak wisatawan. Sensasi melihat langsung bagaimana saat kawah aktif menyemburkan uap adalah hal yang tidak boleh anda lewatkan. Di Banjarnegara jika anda suka berekreasi ke sebuah kawah, anda dapat mengunjungi Kawah Sikidang bersama dengan keluarga.
Obyek wisata Kawah Sikidang yang berada di kawasan Dieng sendiri memang sudah lama menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara. Daya tarik utama nan unik dari tempat ini sendiri adalah bahwa kolam kawahnya bisa berpindah tempat.
Tercatat setiap 4 tahun sekali, kolam kawah akan berpindah dari titik satu ke titik lainnya dalam satu area. Fenomena perpindahan kolam kawah inilah yang kemudian menjadi awal mula pemberian nama Sikidang, karena sifat kijang yang suka melompat-lompat. Orang jawa kemudian menamainya dengan nama sikidang yang berarti si kijang.
Alamat : Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah 53456
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung gazebo, penginapan
Jam buka : Setiap hari ( 07.00 - 17.00 )
Tiket : Rp. 10.000/orang


12. Telaga Merdada

Obyek Telaga Merdada sama seperti Kawah Sikidang yang berada di kawasan Dieng, di kabupaten Banjarnegara. Di sana memang wisatawan bisa menemukan banyak obyek wisata alam yang menarik. Kawah Sikidang sendiri adalah salah satu yang sering didatangi oleh wisatawan terutama saat musim libur lebaran.
Meskipun di sana ada beberapa telaga, Telaga Merdada memiliki keistimewaan tersendiri karena tidak hanya menawarkan keindahan telaganya saja, namun di sana anda bisa melihat eloknya view dari perbukitan hijau yang sangat menyejukan mata dan pikiran.
Mitos menyebutkan bahwa Telaga Merdada adalah penjelmaan dari Cupu Manik Astagina (tokoh pewayangan. Namun, mengenai kisah legenda tersebut, masih belum diketahui kebenarannya.
Alamat : Pauan, Karangtengah, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung gazebo, penginapan
Jam buka : Setiap hari ( 07.00 - 16.00 )
Tiket : Rp. 5.000/orang


13. Candi Arjuna

Berwisata ke tempat yang mengandung sejarah tidak kalah asyiknya dengan berkunjung ke obyek wisata lain seperti pantai, telaga atau waterpark. Kabupaten Banjarnegara yang memiliki banyak obyek wisata peninggalan sejarah bisa memuaskan anda, salah satunya di Candi Arjuna Dieng ini.
Kawasan Dieng di Banjarnegara yang mempunyai banyak pilihan obyek wisata mempunyai candi lain selain Candi Bima. Candi Arjuna sendiri adalah obyek wisata yang sudah terkenal tidak hanya di Banjarnegara namun di Jawa Tengah.
Di sana anda akan mendapatkan pemandangan candi yang indah nan eksotik yang bisa anda jadikan latar belakang foto bersama dengan keluarga atau teman-teman. Di candi ini juga Dieng Culture Festival yang terkanal itu diselenggarakan. Udara sejuk dingin khas dieng dan pemandangan alamnya yang eksotis akan memanjakan jiwa anda.
Alamat : Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah 53456
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung gazebo, penginapan
Jam buka : Setiap hari ( 07.00 - 17.00 )
Tiket : Rp. 10.000/orang


14. Telaga Pengilon

Banyaknya telaga di kawasan Dieng membuat tempat ini sering dikunjungi banyak wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara terutama saat musim libur sekolah atau akhir pekan. Salah satu telaga yang tidak boleh anda lewatkan adalah Telaga Pengilon.
Telaga ini dikatakan ajaib karena mempunyai warna yang berbeda dengan danau di sampingnya, Telaga Warna (Menjer).
Bagaimana tidak ajaib. Dua danau alam yang hanya diapit tanah memiliki karakter dan warna yang berbeda. Telaga Menjer punya warna hijau, sedangkan Telaga Pengilon warnanya jernih seperti cermin, tetapi terlihat kuning kecoklatan bila dilihat dari bukit pegunungan di atasnya. Pemandangan yang terdapat di sana dijamin bisa membuat anda betah untuk berlama-lama karena tidak hanya telaganya yang cantik, pemandangan perbukitan alam yang asri di sekitarnya juga bisa dijadikan sebagai latar belakang foto anda bersama dengan keluarga besar.
Alamat : Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah 53456
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung gazebo, penginapan
Jam buka : Setiap hari ( 08.00 - 17.00 )
Tiket : Rp. 5.000/orang


15. Wisata Anglir Mendung

Wisata Anglir Mendung adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.
Wisata Anglir Mendung Banjarnegara Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Wisata Anglir Mendung Banjarnegara memiliki daerah beriklim sejuk ini dikelilingi hutan lindung, dilengkapi dengan kolam renang, taman bermain anak dan bumi perkemahan dengan kapasitas 200 tenda. Ditambah lagi dengan keindahan panorama alamnya yang dapat kita jumpai ketika menuju tempat rekreasi tersebut. Jalan menuju kawasan ini berkelok-kelok dengan keindahan panorama alam berupa bukit, sawah, sungai dan hutan.
Alamat : Jl. Raya Karangkobar, Kasimpar, Paweden, Karangkobar, Banjarnegara, Jawa Tengah 53453
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung gazebo, penginapan
Jam buka : Setiap hari ( 09.00 - 19.00 )
Tiket : Rp. 5.000/orang


16. Wadas Tumpang

Kabupaten Banjarnegara yang berada di Jawa Tengah memang dikenal kaya akan obyek wisata yang indah dan mempesona. Jika anda berkesempatan untuk berlibur di sana, anda jangan lupa untuk berkunjung ke obyek wisata yang bernama Wadas Tumpang bersama dengan kerabat atau kawan agar lebih seru.
Wadas Tumpang adalah salah satu obyek wisata di sana yang sangat menunjukkan kekentalan budaya Jawa karena di sana dipakai sebagai tempat bertapa masyarakat Banjarnegara dan sekitarnya, hal ini dibuktikan dengan adanya sesaji yang tertinggal. Obyek wisata ini sendiri digemari oleh wisatawan selain karena faktor mistis dan budayanya, pemandangan di sana juga bisa membuat anda terpesona.
Para pengunjung dapat melihat kandang macan alami dari akar pohon, kera putih berseliweran dan gunung tumpukan dua batu yang diselimuti pohon beringin besar ratusan tahun.
Alamat : Desa Majalengka, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, warung
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir

Loading...


17. Arung Jeram Serayu

Bosan dengan kegiatan liburan yang itu-itu saja dan tidak menantang sama sekali? Anda jika berkunjung ke Banjarnegara jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mencoba olahraga air ekstrem yang digemari banyak orang, yaitu arung jeram di Arung Jeram Serayu.
Di obyek wisata ini anda tentunya harus datang beramai-ramai agar lebih seru saat menyusuri sungai dengan perahu karet. Dilihat dari tingkat kesulitan, anda tidak perlu khawatir karena pengelola sudah membagi dalam beberapa jarak, sehingga anda yang masih pemula bisa menyesuaikan. Di sana tidak hanya aktifitas arung jeram yang menarik perhatian, melainkan juga pemandangan alam di sekitar dan udaranya yang menyejukan bisa membuat para pengunjung lebih betah untuk berlama-lama.
Dan tidak perlu khawatir juga masalah fasilitas, di Arung Jeram Serayu pihak pengelola sudah menyediakan fasilitas lengkap.
Alamat : Jalan Banjarnegara Km 15, Desa Randegan, Kecamatan Sigaluh, Randegan, Banjarnegara, Jawa Tengah 53481
Fasilitas : Lahan parkir, makan siang, kamar ganti, kantin, toilet, penginapan, dll
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 20.00 )
Tiket : Rp. 190.000/orang


18. Surya Yudha Park Banjarnegara

Anda ingin berfoto di depan patung singa khas negara Singapore atau patung liberty yang ada di Amerika namun masih belum kesampaian? Tenang, di Jawa Tengah tepatnya di kabupaten Banjarnegara anda bisa mendapatkan kedua bangunan ikonik tersebut di obyek wisata Surya Yudha Park karena di sana ada patung singa merlion dan juga patung liberty.
Bagi anda yang berlibur dengan keluarga juga sangat pas untuk mengajak mereka ke Surya Yudha Park karena tempat ini sangat family friendly. Di sana terdapat wahana permainan air yang akan disukai anak anda dan juga bagi anda yang tidak mau berbasah-basahan di sana ada pula gazebo, arena outbond yang siap memanjakan anda.
Untuk menuju ke tempat ini juga tidak mudah, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor atau alat transportasi umum.
Alamat : Jl. Raya Karang Kobar KM. 1, Desa Rejasa, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara
Fasilitas : Lahan parkir, hotel, toilet, restoran, rafting, outbond, dll
Jam buka : Setiap hari ( Jam 07.00 - 22.00 )
Tiket : Dewasa Rp. 20.000/orang dan Anak-anak Rp. 15.000/anak


19. Waduk Mrica

Bergeser dari kawasan Dieng, di kabupaten Banjarnegara masih banyak obyek wisata yang bisa memanjakan anda dan keluarga seperti contohnya obyek wisata Waduk Mrica.
Di Waduk Mrica para wisatawan dapat menikmati pemandangan dari waduk yang luas dan karena saking luasnya, waduk ini disebut sebagai danau buatan terbesar di Asia Tenggara, menarik sekali bukan?
Waduk ini juga adalah waduk yang membendung Sungai Serayu. Untuk pemandangan alamnya tentu tidak perlu ditanya, pengunjung dapat menikmati pesona alam disekitar waduk ini apalagi dengan berbagai fasilitas wisatanya. Wisata keluarga akan terasa nyaman di obyek wisata Banjarnegara yang satu ini. Di sana anda bisa melakukan aktifitas menyenangkan seperti memancing, naik perahu, hingga main golf. Dan tahukah anda bahwa waduk ini merupakan salah satu pemasok listrik untuk Jawa dan Bali?
Alamat : Desa Karangjambe, Kecamatan Wanadadi, Kabupaten Banjarnegara
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, kafe, lapangan golf, dll
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 20.00 )
Tiket : Rp. 10.000/orang

20. Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas

Obyek wisata Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas atau yang juga biasa disebut TRMS ini dulunya adalah sebuah hutan kota yang telah dihijaukan sejak tahun 1994. Tempat yang dipunyai TRMS Serulingmas keseluruhannya yaitu lebih kurang 100. 000 m² atau 10 ha, di mana yang 50. 000 m² telah ada infrastruktur serta fasilitasnya, sedang yang 50. 000 m² yang lain adalah tempat kosong.
Taman yang diresmikan oleh Jenderal TNI (Purn) Susilo Sudarman (alm) ini mempunyai lebih dari 36 jenis hewan memamah biak, burung, serta binatang melata dan tanaman langka. Dua ekor gajah Sumatera, alumnus sekolah gajah Way Kambas, Lampung. Diluar itu ada juga harimau benggala, singa Afrika, serta seekor beruang.
Alamat : Kelurahan Kutabanjar, Kabupaten Banjarnegara
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, kafe, penginapan, dll
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 15.000/orang


21. Curug Sikopel

Tidak jarang obyek wisata yang ada di Indonesia mengandung hal-hal berbau mistis yang entah bagaimana mulanya, biasanya dari omongan warga sekitar. Walaupun begitu para wisatawan sepertinya tidak terganggu dengan hal tersebut dan justru semakin tertarik untuk datang, seperti obyek wisata di Banjarnegara yang satu ini, Curug Sikopel.
Konon di tempat wisata ini ada mitos yang sudah ada sejak lama yaitu siapapun yang mandi di curugnya akan menjadi awet muda. Hal ini terserah boleh anda percaya atau tidak, atau anda ingin langsung membuktikan. Selain mitos awet muda, di sana panoramanya tidak kalah menarik dari obyek wisata lain. Curug atau air terjun yang memiliki tinggi sekitar 70 meter ini dikelilingi alam yang masih sangat terasa alami dan asri. Udara di sana juga terasa sejuk, membuat siapa saja yang datang akan betah berlama-lama.
Alamat : Desa Babadan, Kecamatan Pagetan, Kabupaten Banjarnegara
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 17.00 )
Tiket : Rp. 4.000/orang


22. Curug Pundung Sewu

Obyek wisata Curug Pundung Sewu yang ada di Banjarnegara ini adalah tempat yang wajib anda kunjungi bersama dengan keluarga atau pasangan saat anda sedang berada di sana.
Curug Pundung Sewu sendiri alamnya masih sangat terjaga dan terlihat alami karena letaknya yang agak jauh dari pusat kota dan sedikit tersembunyi. Karena belum banyak wisatawan yang datang, anda bisa menikmati sensasi tenang dan jauh dari kebisingan kota di obyek wisata ini.
Bagi yang ingin berwisata ke Curug Pundung Sewu, bisa menggunakan banyak sarana transportasi. Jika anda asli penduduk Banjarnegara, pastinya sudah tidak bingung. Untuk anda yang berasal dari luar Banjarnegara bisa menggunakan sarana transportasi umum seperti : Bis umum ataupun sarana transportasi lainnya. Anda juga bisa menggunakan sarana transprtasi pribadi seperti : mobil pribadi atau sepeda motor.
Alamat : Desa Petir, Kecamatan Purwonegoro, Kabupaten Banjarnegara
Fasilitas : Lahan parkir, area berkemah
Jam buka : 24 jam
Tiket : -


23. Curug Mrawu

Bagi yang menyukai obyek wisata alam, di Jawa Tengah khususnya kabupaten Banjarnegara, anda dapat menemukan banyak pilihan destinasi wisata dari mulai telaga, candi atau air terjun dengan pemandangan memukau yang belum tentu bisa anda dapatkan di tempat lain.
Obyek wisata Curug Mrawu adalah salah satu pilihan menarik untuk tempat berlibur anda. Untuk akses ke tempat tersebut para pengunjung harus terlebih dahulu berjalan kaki melewati jalan setapak. Dalam perjalanan ini, anda akan disuguhi dengan pemandangan persawahan hijau milik warga dan hutan yang tentu memanjakan mata. Menikmati pemandangan selama perjalanan akan membuat lelah tak terasa.
Sesampainya di Curug Mrawu, semua rasa lelah akan terbayar karena anda bisa menikmati air dari curug yang jernih dan segar.
Alamat : Desa Giritirta, Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, area berkemah
Jam buka : 24 Jam
Tiket : Hanya biaya parkir


24. Curug Pitu

Kabupaten Banjarnegara selain terkenal dengan kabupaten yang mempunyai banyak peninggalan sejarah, di sana juga terdapat banyak obyek wisata alam yang memukau salah satunya seperti Curug Pitu yang sering didatangi oleh wisatawan khususnya saat musim libur atau akhir pekan.
Sesuai dengan namanya, Curug Pitu memiliki air terjun sebanyak tujuh tingkatan. Anda bisa melewati tingkatan curugnya dengan menggunakan tangga yang sudah disediakan. Bagi anda penyuka wisata curug tentu tempat ini akan menarik dengan keindahan yang disimpannya.
Untuk bisa sampai ke tempat ini cukup mudah, tetapi lebih nyaman dengan memakai kendaraan sendiri, terlebih motor supaya dapat langsung masuk di gerbang curug. Dari Kota Banjarnegara anda langsung berkendara ke arah timur sekitaran 10 km, di pertigaan Desa Sigaluh ambil jalan kanan.
Alamat : Kemiri, Sigaluh, Kemiri, Banjaranegara, Jawa Tengah 53481
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, area berkemah
Jam buka : Setiap hari ( Jam 07.00 - 17.00 )
Tiket : Rp. 3.000/orang


25. Curug Sirawe

Obyek wisata Curug Sirawe adalah tempat wisata berupa curug/air terjun yang terletak tidak jauh dari zona inti kawasan wisata Dieng, tepatnya di sebelah barat Dieng . Memiliki ketinggian kurang lebih 80 m dan berada di pegunungan membuat pemandangan di sana sangat indah dan hijau dengan keadaan alam yang masih terjaga kealamiannya. Untuk mencapai ke air terjun ini anda bisa memakai sepeda motor atau bisa treking melalui Bukit Sipandu sebuah bukit yang konon katanya adalah salah satu gerbang atau pintu masuk kawasan Dieng dari arah utara. Air terjun ini sangat unik selain area sekitarnya yang masih sangat alami karena tumbuhan yang mengelilinginya masih benar-benar tumbuhan gunung yang sangat beragam air terjun ini juga sangat mempesona karena air panas dan dingin menyatu jadi satu.
Alamat : Dusun Bitingan, Desa Kepakisan, Kabupaten Banjarnegara
Fasilitas : Lahan parkir, warung, gazebo
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 18.00 )
Tiket : Hanya biaya parkir


26. Curug Muncar

Selanjutnya obyek wisata di Banjarnegara yang akan kita bahas adalah Curug Muncar. Anda yang suka dengan keadaan alam yang alami dan asri akan menyukai suasana adem, sejuk nan menentramkan hati di Curug Muncar.
Curug Muncar ini merupakan destinasi wisata yang berada di ketinggian 900 mdpl sehingga untuk menuju kesana tidaklah mudah. Anda harus menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau mobil, lalu pengunjung masih harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Walaupun rasa lelah melanda, dijamin saat setelah akhirnya sampai di Curug Muncar, anda akan merasa senang dengan panorama alam yang elok, dipadu suara air terjun dan burung-burung liar yang berterbangan di sekitar sana.
Alamat : Desa Brunorejo, Kecamatan Bruno, Kabupaten Banjarnegara
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 19.00 )
Tiket : Hanya biaya parkir


27. Curug Genting

Obyek wisata di kabupaten Banjarnegara memang sepertinya tidak ada habisnya. Di sana anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menuju ke obyek wisata Curug Genting. Karena namanya yang sudah terkenal, banyak wisatawan yang berbondong-bondong kesana pada saat akhir pekan atau hari libur.
Curug Genting berjarak sekitar 38 km dari pusat kota dan obyek wisata ini ada di petak 49 derajat rimba lindung tertutup (HLT) RPH Kembanglangit, BKPH Bandar, mempunyai luas sekitar 7 ha serta dikelola melalui kerja sama pada Perum Perhutani KPH Pekalongan Timur serta Pemkab Batang. Di tempat terdapat panorama utama yaitu curug atau air terjun dengan tinggi 40 m, dan tidak hanya itu saja keadaan alam di sekitarnya juga dapat memanjakan mata dan menghilangkan penat. View tersebut bisa dijadikan sebagai obyek bidikan kamera agar anda dapat foto yang bagus.
Alamat : Desa Bawang, Kecamatan Blado, Kabupaten Banjarnegara
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo, penginapan
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir


28. Air Panas Giritirta

Kabupaten Banjarnegara memang terdapat banyak obyek wisata yang bisa anda kunjungi bersama dengan keluarga dan atau teman-teman. Salah satu tempat yang menarik sebagai tujuan rekreas adalah Air Panas Giritirta.
Di sana ada dua sumber air panas dan dua air terjun yang bisa kita nikmati jika kita mengunjungi desa yang berada di dataran tinggi ini. Para pengunjung sesampainya di sana dapat menemukan panorama elok yaitu air terjun yang dikelilingi dengan pepohonan rimbun yang bisa anda gunakan sebagai latar belakang foto bersama dengan keluarga atau kawan-kawan.
Selama perjalanan kesana menyusuri saluran irigasi kita akan disuguhi pemandangan indah berupa lahan pertanian sayuran yang berada di antara bukit yang masih perawan karena belum dijamah manusia.
Alamat : Desa Giritirta, Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir


29. Bendungan Panglima

Obyek wisata Bendungan Panglima Besar Jendral Sudirman Banjarnegara sangat cocok untuk mengisi aktifitas rekreasi anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur lebaran, ataupun hari libur sekolah. Keindahan wisata Bendungan Panglima Besar Jendral Sudirman Banjarnegara ini sangatlah baik bagi anda semua yang sudah penat dengan segala kesibukan di kantor.
Waduk Panglima Besar Jendral Soedirman sendiri adalah sebuah danau buatan terpanjang di Asia tenggara. Waduk ini dibangun dengan membendung Sungai Serayu. Waduk yang juga memiliki fungsi sebagai PLTA (Pembangkit listrik Tenaga Air) ini mempunyai panjang 6,5 Km, luas 1.250 Ha dan kapasitas tenaga listrik sebesar 184,5 MW.
Selain sebagai fungsi PLTA, danau buatan ini dipandang cukup potensial sebagai tujuan wisata karena di sana pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang indah dipadu dengan waduk, tidak hanya itu saja, anda bisa menyewa perahu agar dapat menyusuri waduk dan berfoto-foto bersama teman.
Alamat : Desa Karangjambe, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, kafe, lapangan golf, penginapan
Jam buka : Setiap hari ( Jam 07.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 10.000/orang


30. Banyyuwoong Rafting

Untuk kalian yang belum pernah merasakan sensasi menembus riak jeram dahsyatnya serayu, ga usah bingung deh. di Kabupaten Banjarnegara tersedia banyak penyedia operator wisata arung jeram salah satunya adalah Banyyuwoong Rafting.
Di obyek wisata tersebut para pengunjung dapat menikmati serunya kegiatan arung jeram bersama dengan keluarga. Anda tidak perlu khawatir masalah keselamatan, di sana alat safety sudah lengkap, dan juga ada petugas ahli yang siap untuk memandu sesi arung jeram melewati sungai.
Alamat : Jalan Banjarnegara Km 15, Desa Randegan, Kecamatan Sigaluh, Randegan, Banjarnegara, Jawa Tengah 53481
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, kafe kamar ganti, penginapan, dll
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 19.00 )
Tiket : Rp. 150.000/orang


31. The Pikas Artventure

Bagi anda yang suka dengan kegiatan berhubungan dengan alam, anda bisa datang ke obyek wisata The Pikas Artventure yang ada di Banjarnegara. Di sana para pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai kegiatan seru untuk mengisi waktu liburan.
Kegiatan-kegiatan tersebut seperti rafting atau arung jeram menyusuri aliran sungai yang deras, outbond bersama dengan teman, dan yang tidak kalah asyiknya adalah paint ball di mana anda dapat bermain tembak-tembakan menggunakan peluru cat.
Alamat : Jl. Raya Madukara, Kutayasa, Madukara, Banjarnegara, Jawa Tengah 53482
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, restoran, penginapan, outbond, dll
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 20.00 )
Tiket : Rp. 100.000/orang


32. Dieng Plateu Theater

Dieng Plateau Theater adalah obyek wisata buatan yang berada di kabupaten Banjarnegara. Obyek wisata ini merupakan gedung bioskop untuk mempertontonkan film dokumnter mengenai kawasan wisata Dieng. Mulai dari peristiwa yang pernah terjadi, budaya masyarakat, sejarah sampai potensi Dieng.
Karena itulah tempat wisata ini cocok sekali dikunjungi para pelajar dan wisatawan yang ingin tahu semua tentang Dieng. Dengan datang ke gedung bioskop ini anda akan menambah pengetahuan tentang wilayah Dieng.
Selain menonton pertunjukkan, pengunjung pun bisa melakukan beberapa aktivitas lain. Kegiatan di kawasan wisata Dieng menjadi lebih berkesan bila mampir ke Dieng Plateau Theater.
Alamat : Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung
Jam buka : Setiap hari ( Jam 07.00 - 17.00 )
Tiket : Rp. 5.000/orang

Tags: Jawa Timur, Banjarnegara

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.