Loading...

29 Tempat Wisata di Blora yang Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Wisata 1 week ago
29 Tempat Wisata di Blora yang Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Jika merasa penat dengan segala urusan pekerjaan atau yang lainnya pasti anda memikirkan tentang sebuah rekreasi yang menyenangkan baik itu sendiri bersama keluarga atau teman-teman anda. Namun tidak sedikit yang mengurungkan niat untuk liburan karena kebanyakan orang berpikir bahwa liburan harus selalu mengeluarkan uang yang banyak. Ada berbagai macam jenis obyek wisata di sekitar anda yang tidak perlu memerlukan biaya berlimpah untuk menikmatinya. Terutama jika anda tinggal di Jawa Tengah. Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar Jawa untuk sekedar refreshing sejenak melepas penat dan lelah setelah berhari-hari bekerja. Di Blora ada beberapa obyek wisata yang bisa anda kunjungi.

1. Wisata Kuliner Soto Blora

Wisata pertama yang akan kita bahas di kabupaten Blora adalah sebuah makanan khas yang banyak dicari oleh wisatawan yang berkunjung kesana, yaitu Soto Blora.
Anda yang sedang berada di Blora wajib menyempatkan untuk datang ke warung atau tempat makan yang menjual Soto Blora atau yang dikenal juga dengan nama Soto Klethuk karena di dalam soto ini terdapat potongan singkong kecil-kecil yang digoreng. Tidak hanya soto saja sebenarnya, ada makanan unik dan khas lain yang harus anda coba, seperti sate ayam, sate kambing, dumbeg, dan lontong tahu.
Untuk Dumbeg sendiri adalah makanan tekstur kenyil dan manis, biasa disajikan ketika ada acara sakral seperti tasyakuran dan lain-lain.
Alamat : Jl. Mr. Iskandar No.42, Mlangsen, Kec. Blora Kota, Kabupaten Blora, Jawa Tengah 58214
Fasilitas : Lahan parkir, toilet
Jam buka : Setiap hari ( Jam 06.00 - 21.00 )
Tiket : Hanya biaya parkir

2. Taman Wisata Kampung Gojekan

Setelah puas berwisata kuliner di Blora, anda bisa melanjutkan perjalanan ke obyek wisata Taman Wisata Kampung Gojekan Blora bersama dengan keluarga dan atau teman-teman anda. Walaupun terbilang baru, tempat ini sudah ramai dikunjungi oleh banya wisatawan terutama saat musim libur sekolah atau akhir pekan.
Tempat ini mempunyai beberapa wahana permainan yang tentunya cocok bagi anda yang membawa anak-anak. Selain itu lingkungan di sana juga asri, anda bisa melihat pemandangan indah di sekitar sembari duduk-duduk di gazebo dan berbincang asyik.
Untuk dapat menuju kesana, anda bisa memakai kendaraan pribadi atau alat transportasi umum.
Alamat : Tempuran, Kec. Blora Kota, Kabupaten Blora, Jawa Tengah 58219
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, kantin, permainan handboat, water roller, istana balon, ATV, Cartoon fleck Dog
Jam buka : Setiap hari ( Jam 09.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 15.000/orang

3. Taman Wisata Kampung Bluron Blora

Bagi anda yang ingin berlibur tidak ada salahnya untuk datang ke kabupaten Blora yang ada di provinsi Jawa Tengah. Di sana anda dapat menemukan beberapa obyek wisata menarik seperti Taman Wisata Kampung Bluron Blora yang sering dijadikan incaran tempat untuk berlibur bagi penggemar travelling.
Walaupun terbilang wisata baru, tempat ini sangat cepat menjadi favorit dari para penduduk di sana. Apalagi dengan tiket masuk yang murah, pengunjung sudah bisa menikmati kolam renang yang seru dan beberapa wahana permainan lainnya. Tempat yang setiap harinya bisa didatangi 200 - 250 wisatawan ini lokasinya tidak jauh dari pusat kota sehingga anda yang ingin mampir tidak perlu berkendara lama, dan bisa memanfaatkan transportasi umum untuk datang kesana.
Alamat : Desa Tempuran, Kabupaten Blora, Jawa Tengah
Fasilitas : Kolam renang, lahan parkir, toilet, kantin, gazebo, wahana permainan
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 10.000/orang

4. Taman Seribu Lampu Cepu

Taman Seribu Lampu ini mulai dikembangkan oleh pemerintah kabupaten Blora dan menjadi lebih menarik untuk dikunjungi wisatawan yang ada di sana.
Dulunya, obyek wisata ini dibangun sebagai pemisah antar dua jalur yang berlawanan. Sekarang Taman ini menjadi salah satu tempat wisata malam di Blora yang sering dijadikan tempat nongkrong oleh para muda mudi.
Memang ketika anda melewati lokasi pada siang hari akan terasa biasa saja. Namun jika anda mengunjungi Taman Seribu Lampu ini pada malam hari akan terlihat gemerlap lampu yang begitu indah. Dan pemandangan inilah yangs sering dimanfaatkan pengunjung untuk berfoto-foto bersama dengan teman-teman.
Ditambah lagi, disepanjang jalan terdapat para penjual makanan yang menyajikan berbagai wisata kuliner.
Alamat : Jl. Ronggolawe, Bulansawahan, Balun, Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah 58311
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, toilet
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir

5. Taman Budaya dan Seni Tirtonadi

Kabupaten Blora memang tidak seterkenal kabupaten lain di Jawa Tengah, namun buka berarti tempat ini tidak menarik. Justru banya tempat unik dengan daya tarik yang mempesona yang bisa anda dapatkan di sana, salah satu contohnya adalah Taman Budaya dan Seni Tirtonadi.
Obyek wisata yang satu ini bisa menjadi alternatif tempat yang wajib dikunjungi apalagi Taman Budaya dan Seni Tirtonadi ini juga menjadi favorit dari masyarakat di Blora. Saat sore hari menjelang malam pada akhir pekan atau hari libur banyak muda mudi atau orang tua yang datang untuk nongkrong dan sekedar ngobrol-ngobrol di sana.
Objek wisata yang dibangun pada tahun 1960 ini sering sekali disebut sebagai kebun binatang taman Tirtonandi. Hal itu dikarenakan banyaknya hewan langka yang terdapat di objek wisata ini.
Alamat : Jalan Sudarman, Kabupaten Blora, Jawa Tengah
Fasilitas : Kolam renang, gazebo, toilet, lahan parkir, kantin, dll
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 20.00 )
Tiket : Rp. 5.000/orang

6. Wisata Geologi Blora

Beralih dari obyek wisata alam di kabupaten Blora. Kali ini ada wisata geologi yang sangat menarik di sana yang tentunya tidak boleh anda lewatkan, terutama jika anda suka dengan hal-hal yang unik.
Tempat Wisata Geologi Blora sendiri adalah wisata edukasi yang fokusnya di bidang ilmu perminyakan dan gas bumi. Wisata geologi ini pertama kali didirikan oleh BPM di tahun 1890.
Untuk jumlah sumur yang berada di tempat ini terbilang sudah lumayan banyak. Jumlahnya mencapai 648 sumur. Sementara 112 sumur mampu menghasilkan minyak sejumlah 16.550.790 m2.
Selain dilakukan pengeboran minyak terbesar, penduduk sekitar juga sering mengebor dengan skala kecil dengan menggunakan tali dan timba.
Buat anda yang ingin belajar ilmu geologi, tempat ini sangat cocok untuk tempat menambah pengetahuan.
Alamat : Cepu, Nglobo , Ledok, dan Wonocolo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, gazebo, kantin
Jam buka : Setiap hari ( Jam 09.00 - 17.00 )
Tiket : Rp. 5.000/orang

7. Agrowisata Temanjang Blora

Selanjutnya anda yang masih ingin berpetualang di kabupaten Blora, anda bisa langsung melanjutkan perjalanan anda bersama dengan teman atau keluarga ke obyek wisata menarik yang satu ini, yaitu Agrowisata Temanjang Blora. Saat musim liburan atau akhir pekan, banyak pengunjung yang datang untuk menikmati hari libur mereka.
Blora sendiri memang dikenal memiliki hutan-hutan, sehingga tidak heran jika salah satunya dijadikan obyek wisata seperti Agrowisata Temanjang Blora. Agrwosisata ini juga dikenal dengan nama Dungmandur. Dinamakan seperti itu karena di tempat ini terdapat kedung yang tidak pernah habis airnya. Di sana terdapat begitu banyak pohon jati dan buah-buahan. Dengan lingkungan yang alami anda bisa menikmati udara yang sejuk dan juga bisa berfoto-foto dengan latar belakang alam yang asri nan hijau. Hal ini pasti membuat wisatawan semakin betah untuk berlama-lama di sana.
Alamat : Desa Tumanjang, Kabupaten Blora, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo, penginapan
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 17.00 )
Tiket : Rp. 15.000/orang

8. Monumen Hutan Jati Alam

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kabupaten Blora memang dikenal mempunyai banyak hutan-hutan yang menarik. Dan bagi anda yang suka dengan obyek wisata alam, anda dapat mengunjungi salah satu hutan di sana, yaitu Monumen Hutan Jati Alam.
Karena Blora adalah salah satu eksportir terbesar kayu jati di Indonesia, maka dari itu di sana terdapat obyek wisata hutan jati yang sudah sangat populer yang dikelola oleh perhutani KPH Cepu.
Di sana anda bisa melihat-lihat pemandangan hutan kayu jati, dan menyusuri hutan tersebut dengan teman-teman. Salah satu daya tarik utama di sana adalah sebuah kayu jati yang berusia ratusan tahun dengan diameter 80 cm.
Alamat : Area Perkebunan, Temengeng, Sambong, Kabupaten Blora, Jawa Tengah 58371
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 17.00 )
Tiket : Hanya biaya parkir

9. Pemandian Sayuran Blora

Anda yang membawa keluarga untuk berlibur ke kabupaten Blora tidak perlu khawatir untuk memilih tempat berekreasi karena di sana banyak obyek wisata yang ramah untuk keluarga atau anak-anak seperti yang satu ini, yaitu Pemandian Sayuran Blora. Pemandian ini memang tidak pernah sepi pengunjung, terutama pada saat akhir pekan atau musim liburan sekolah, banyak sekali anak-anak, muda mudi sampai orang tua berbondong-bondong datang kesana.
Di Pemandian Sayuran Blora juga disediakan dua kolam renang, untuk dewasa dan juga anak-anak, jadi anda tidak perlu khawatir. Selain itu di sana terdapat gazebo untuk anda yang tidak berenang dan hanya ingin bersantai sembari menikmati bekal yang anda bawa. Lingkungan di obyek wisata ini juga terbilang asri dengan pepohonan rindang di sekitarnya, sehingga udara yang tercipta menjadi sejuk, membuat siapa saja betah untuk berlama-lama. Apalagi lokasinya ada berada di atas bukit.
Alamat : Desa Soko, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, Jawa Tengah
Fasilitas : Kolam renang, gazebo, toilet, kantin, kamar ganti, lahan parkir
Jam buka : Setiap hari ( Jam 09.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 10.000/orang

10. Water Splash Blora

Selain Pemandian Sayuran Blora, ada lagi obyek wisata air yang bisa membuat liburan anda semakin menyenangkan di kabupaten Blora, yaitu Water Splash Blora. Tempat ini juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi, apalagi bagi anda yang membawa serta anak-anak atau keluarga besar. Anda juga bisa mengajak teman-teman beramai-ramai agar lebih asyik.
Water Splash Blora atau yang juga dikenal dengan nama Taman Sarbini ini mempunyai kolam renang dengan beberapa wahana permainan lain yang tentunya menarik dan wajib dicoba. Selain itu tidak hanya kolam renangnya saja yang bisa anda nikmati, di sana ada juga perpustakaan, outbond, dan wahana mobil-mobilan.
Alamat : Jalan A.Yani, Kelurahan Tempelan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah
Fasilitas : Kolam renang, lahan parkir, toilet, kantin, outbond, mobil-mobilan
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 19.00 )
Tiket : Rp. 15.000/orang

11. Air Terjun Kedung Mansur

Jika anda sedang berlibur di kabupaten Blora di Jawa Tengah, anda akan sangat dimanjakan dengan beberapa obyek wisata alam yang wajib untuk dikunjungi, seperti contohnya Air Terjun Kedung Mansur yang satu ini. Biasanya pada saat musim liburan, banyak pengunjung baik dari dalam maupun luar kota yang datang untuk berekreasi di sana.
Agar bisa sampai di obyek wisata Air Terjun Mansur sendiri, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor karena hanya memerlukan waktu sekitar sejam dari pusat kota. Pemandangan yang ada di sana tidak kalah cantik dari tempat-tempat lain di Jawa Tengah. Air yang mengalir deras melewati bebatuan akan terlihat indah di bawah sinar matahari. Selain itu udara di sana terasa sangat sejuk.
Alamat : Desa Jatisari, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, Jawa tengah
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir

12. Lokomotif Wisata Cepu

Obyek wisata di kabupaten Blora selanjutnya yang tidak boleh anda lewatkan terutama jika suka dengan pemandangan kuno adalah Lokomotif Wisata Cepu.
Di tempat ini pengunjung bisa berwisata dengan menyusuri hutan menggunakan kereta api klasik atau lokomotif yang dibuat pada tahun 1928M. Kereta ini dibuat oleh Berlinner Maschhinnenbaun yang berasal dari Jerman.
Pada jaman dahulu lokomotif ini digunakan untuk mengangkut kayu dari dalam hutan. Tetapi seiring berjalannya waktu, kereta kuno ini dialih fungsikan sebagai kereta wisata.
Untuk menaiki kereta ini memerlukan biaya yang cukup mahal karena bahan bakarnya meggunakan kayu.
Obyek wisata ini adalah tempat rekreasi di Cepu Blora yang populer dikalangan penduduk dalam maupun luar kota.
Alamat : Kelurahan Ngelo, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 10.000/orang

13. Bukit Janjang Blora

Bagi anda yang sangat suka dengan obyek wisata alam, di kabupaten Blora ada banyak tempat yang bisa anda datangi bersama dengan pasangan atau keluarga. Salah satu yang tidak boleh terlewatkan adalah Bukit Jajang Blora ini.
Seperti namanya, di sana anda akan disuguhkan dengan panorama perbukitan yang ada di sekeliling, apalagi dari ketinggian, view kota Blora semaking terlihat menarik. Udara yang sejuk juga menambah ketenangan suasana di sana sehingga anda akan betah untuk berlama-lama menikmati hari libur.
Selain menawarkan pemandanagn yang mempesona. Di obyek wisata yang ada di Blora ini pengunjung akan menemukan makam dari pendiri desa. Yaitu eyang Jati Kusworo dan eyang Jati Kusumo.
Menurut cerita beliau-baliau ini adalah pangeran dari kerajan pajang yang mendiri desa janjang ini. Uniknya lagi setiap setahun sekali didesa ini diadakan sedekah bumi. Biasanya pada waktu itu banyak para wisatawan yang datang ke Bukit janjang ini.
Alamat : Desa Janjang, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo
Jam buka : Setiap hari ( Jam 09.00 - 22.00 )
Tiket : Rp. 5.000/orang

Loading...

14. Gunung Pencu Blora

Yang suka berpetualang di alam liar saat anda sedang berada di kabupaten Blora tidak perlu khawatir karena di sana anda bisa mengunjungi Gunung Pencu bersama dengan teman-teman pecinta alam anda untuk melakukan pendakian yang pastinya seru dan mengasyikan.
Walaupun Gunung Pencu masih kalah terkenal dengan Gunung Manggir yang juga ada di Blora, tempat ini tidak bisa disepelekan. Panoramanya sangat mempesona dan cocok bagi yang memiliki hobi fotografi, tidak hanya itu saja anda juga bisa mendirikan kemah untuk bisa membuat acara api unggun bersama dengan kawan.
Agar bisa mencapai gunung ini, anda harus melewati medan yang lumayan menantang, maka dari itu sangat disarankan untuk mempersiapkan peralatan dan bekal dengan matang, termasuk alas kaki.
Alamat : Kecamatan Bogorejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, pos
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir

15. Gunung Manggir Todanan Blora

Selain Gunung Pencu yang sudah kita jelaskan di atas, masih ada gunung lain yang namanya lebih terkenal di kalangan muda mudi atau para pecinta alam yang ada di Blora ataupun Jawa Tengah, yaitu Gunung Manggir Todanan.
Obyek wisata Gunung Manggir ini berlokasi pada ketinggian 250 mdpl dan mempunyai luas sekitar 4 hektar, selain itu juga merupakan wisata alam yang berada di perbukitan kapur.
Tempat ini selain menawarkan keindahan perbukitan kapur yang diselimuti pepohonan dan banyak diminati para wisatawan, di sana terdapat juga sebuah goa. Di Goa ini sendiri memiliki air yang alami dan bersih, jadi para pengunjung bisa menikmatinya. Untuk yang hobi berfoto-foto, di sana juga sangat cocok karena anda akan menemukan panorama alam dan beberapa burung liar yang terlihat berterbangan.
Alamat : Perbukitan Manggir, Desa Ngumbul, Kecamatan todanan, Kabupaten Blora
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir

16. Waduk Greneng Blora

Tempat wisata selanjutnya yang akan kita bahas mempunyai konsep waduk. Waduk sendiri jaman sekarang kebanyakan tidak hanya berfungsi sebagai sumber pengairan sawah dan lainnya, namun banyak yang difungsikan juga sebagai obyek wisata. Seperti di Blora ini, anda dapat berkunjung ke Waduk Greneng Blora.
Anda dapat pergi ke tempat ini untuk berlibur bersama dengan keluarga atau teman-teman agar lebih asyik. Selain tentunya anda akan disuguhkan dengan panorama khas waduk, di sana anda juga bisa melihat pepohonan dan view alam yang asri di sekitar waduk. Di sana juga telah disediakan penyewaan perahu yang bisa anda gunakan bersama dengan keluarga untuk menyusuri waduk tersebut dan mengabadikan momen tersebut dengan kamera anda.
Waktu yang pas untuk mengunjungi objek wisata ini adalah pada sore hari. Anda dapat menikmati wisata kuliner khas Blora yang membuat liburan semakin menyenangkan dan lengkap.
Alamat : Dukuh Greneng, desa Tunjungan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo, penyewaan perahu
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 19.00 )
Tiket : Rp. 6.000/orang

17. Waduk Tempuran Blora

Masih dari obyek wisata dengan konsep waduk, di kabupaten Blora ada lagi waduk yang tidak kalah menarik untuk anda jadikan pilihan tempat berlibur bersama dengan teman-teman, yaitu Waduk Tempuran Blora.
Selain fungsinya sebagai sumber irigasi dari persawahan milik penduduk di sekitar, waduk ini juga dijadikan tempat wisata yang menarik oleh pemerintah setempat. Waduk ini sering digunakan sebagai wahana pembinaan atlet-atlet internasional. Tidak hanya itu saja, Waduk Tempuran juga digunakan sebagai budidaya ikan keramba. Sangat cocok bagi wisatawan yang memiliki hobi memancing.
Di sekitar sana pengunjung juga dapat menemukan berbagai warung yang menjual makanan khas Blora, jadi jika anda merasa lapar, tidak perlu jauh-jauh mencari makanan. Untuk harganya sendiri juga murah.
Alamat : Desa Tempuran, Kabupaten Blora, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 18.00 )
Tiket : Hanya biaya parkir

18. Waduk Bentolo Blora

Di kabupaten Blora sepertinya banyak waduk yang difungsikan sebagai obyek wisata, setelah kita membahas dua waduk di atas, masih ada lagi waduk yang dapat anda tuju sebagai pilihan tempat berekreasi di sana, yaitu Waduk Bentolo Blora.
Sama seperti waduk pada umumnya, Waduk Bentolo dibangun sebagai sarana irigasi beberapa kecamatan yang ada di Blora, namun karena lingkungannya yang indah dan dikelilingi dengan pepohonan rimbun nan asri yang menambah sejuk suasana, pengelola akhirnya menjadikan tempat ini sebagai salah satu alternatif pariwisata yang menarik. Lokasi waduk ini juga berdekatan dengan obyek wisata lain, yaitu Goa Terawangan jadi anda bisa berkunjung ke dua tempat sekaligus. Untuk jarak Waduk Bentolo dari pusat kota juga tidak terlalu jauh, anda dapat dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor agar lebih mudah sampai di sana.
Alamat : Desa Tinapan, Kecamatan Todonan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo
Jam buka : Setiap hari ( Jam 09.00 - 17.00 )
Tiket : Hanya biaya parkir

19. Goa Sentono Blora

Bagi anda yang menyukai wisata alam yang menantang. Goa Sentono ini menjadi salah satu tempat rekreasi di kabupaten Blora yang sangat direkomendasikan.
Obyek wisata ini menawarkan keindahan panorama alam yang tampak begitu alami khususnya pada lingkungan sekitar Goa Sentono.
Dalam perjalanan menuju Goa Sentono ini, anda akan disuguhkan dengan keindahan alam yang tentunya membuat liburan anda semakin lengkap.
View yang indah ini juga menjadi salah satu tempat berfoto di Blora yang terfavorit dengan latar belakang pemandang goa.
Alamat : Dukuh Sentono. Desa Mandenrejo, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo, warung
Jam buka : Setiap hari ( Jam 07.00 - 16.00 )
Tiket : Hanya biaya parkir

20. Goa Terawang Tadanan Blora

Selanjutnya obyek wisata yang bisa anda kunjungi saat berada di kabupaten Blora adalah Goa Terawang Tadanan. Goa yang satu ini bisa dibilang goa yang paling populer di sana dan tentunya hal ini membuat banyak wisatawan baik dari dalam ataupun luar kota datang pada saat musim liburan.
Di kawasan seluas 13 hektar ini pengunjung dapat menemukan satu goa induk, lima goa kecil dan satu sendang. Pemandangan yang ada di sana tidak perlu dipertanyakan lagi, lokasinya yang berada di tengah hutan jati membuat tempat mempunyai udara yang sejuk.
Alamat : Jalan Todanan-Blora, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, gazebo
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir

21. Cemoro 7

Masih ingin berpetualang di kabupaten Blora?? Langsung saja anda mengarahkan kendaraan anda ke obyek wisata alam yang satu ini, yaitu Cemoro 7. Tempat ini bisa anda jadikan alternatif untuk berlibur bersama dengan keluarga, apalagi lokasinya dapat ditempuh dalam waktu 30 menit dari pusat kota.
Sesampainya di Cemoro 7 anda akan disuguhkan panorama kawasan waduk yang alami dan tentunya indah. Pesona hutan jati dan persawahan berterasering yang masih sangat natural akan sangat menarik untuk anda abadikan dengan berpotret ria. Selain itu di sana pengunjung bisa menyewa perahu agar bisa menyusuri waduk sembari menikmati view alam di sekitarnya.
Pengunjung juga dapat berfoto di rumah pohon, di atas panggung, di ayunan, tiduran di hammock, atau sekedar duduk bersantai di gubuk-gubuk beralaskan tikar. Bagi anda yang hobi memancing, jangan lupa siapkan peralatan anda untuk habiskan waktu dengan memancing di tepian waduk.
Alamat : Kawasan Waduk Greneng, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 18.00 )
Tiket : Hanya biaya parkir

22. Gunung Cengklik

Bagi anda yang menyukai wisata alam, di kabupaten Blora anda dan kawan-kawan bisa datang ke tempat yang satu ini, yaitu obyek wisata Gunung Cengklik.
Dengan ketinggian lokasi sekitar 300 mdpl, anda yang datang kesana akan dimanjakan dengan pemandangan bentang alam yang asri nan hijau. Selain melakukan pendakian dengan teman-teman anda, di sana anda juga bisa mendirikan kemah untuk menikmati view dengan latar belakang hutan jati di gugusan Pegunungan Kendeng Utara hingga perbatasan Kabupaten Pati.
Bagi yang ingin berkunjung ke Gunung Cengklik Desa Bicak, pengunjung dari Todanan bisa ambil arah barat melalui jalur selatan sejauh 10 km. Sesampainya di Desa Kacangan ambil arah utara sekitar 2 km, sampai Desa Bicak. Ada papan selamat datang ambil arah kiri sekitar 500 m.
Alamat : Desa Bicak, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, warung
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir

23. Lumpur Kesongo

Obyek wisata selanjutnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi di kabupaten Blora adalah Lumpur Kesongo. Di sana saat akhir pekan atau hari libur biasanya akan ramai dengan pengunjung baik dari dalam maupun luar kota.
Wisata Lumpur Kesongo ini sendiri adalah sebuah keajaiban alam yang berlokasi di Area Perhutani KPH Randublatung. Luasnya mencapai kurang lebih 100 Ha berupa hamparan tanah kosong yang sebagian ditumbuhi rumput serta beberapa kubangan air.
Namun semburan lumpur di sana tidak sebesar semburan yang terjadi di LAPINDO-Sidoarjo. Hanya saja lokasi semburan di Kesongo berjumlah banyak dan menyebar. Proses semburan lumpur pun cukup unik karena kejadiannya menyerupai proses muntahnya magma dari gunung berapi.
Bentuk lokasi semburan lumpurpun menyerupai bentuk miniatur dari gunung berapi. Pemandangan inilah yang menarik minat banyak wisatawan terlebih lagi yang suka dengan view unik.
Alamat : Gabusan, Jati, Kabupaten Blora, Jawa Tengah 58384
Fasilitas : Lahan parkir, warung
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir

24. Grojogan Bengawan Solo

Obyek wisata yang satu ini memang sangat unik karena hanya bisa dikunjungi saat musim kemarau. Di kabupaten Blora, anda tinggal berkunjung saja bersama dengan teman atau keluarga ke obyek wisata Grojogan Bengawan Solo yang sering disebut juga dengan Niagara lokal.
Fenomena alam ini terjadi karena saat musim kemarau tiba, muncul bebatuan yang melahirkan air terjun kecil. Memanjang di sepanjang lebar sungai, sehingga melahirkan suara kracak, kracak (gemericik) yang oleh warga setempat disebut Kracakan. Jadilah fenomena alam itu disebut Kracakan.
Selain mendapatkan pemandangan indah sungai yang terkenal di Jawa ini, anda juga bisa melihat grojogan yang menarik sembari berfoto-foto.
Alamat : Desa Jipang Panolan, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo, penginapan
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir

25. Wana Wisata Kedungpupur

Untuk anda yang sedang berada di kabupaten Blora bersama dengan keluarga khususnya anak-anak, langsung saja mengajak mereka ke obyek wisata yang family friendly, yaitu Wana Wisata Kedungpupur.
Obyek wisata yang baru saja ditata kembali pada tahun 2018 ini memang terlihat lebih baik dan tentunya lebih menarik. Di sana bisa melakukan kegiatan berenang atau sekedar bermain air di kolam yang telah disediakan, kolam di sana juga ada yang ditujukan untuk dewasa dan anak-anak.
Harapannya setelah revitalisasi ini makin banyak pengunjung yang datang untuk menikmati hari libur mereka di Wana Wisata Kedungpupur. Agar bisa mencapai obyek wisata ini tidak perlu susah, anda tinggal menggunakan kendaraan bermotor atau memanfaatkan alat transportasi umum di sana.
Alamat : Area Hutan, Ledok, Sambong, Kabupaten Blora, Jawa Tengah 58371
Fasilitas : Kolam renang, lahan parkir, toilet, warung, gazebo
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 18.00 )
Tiket : Rp. 10.000/orang

26. Kedung Londo

Kabupaten Blora di Jawa Tengah memang namanya masih kalah dengan kabupaten lain di sana, namun jangan salah, obyek wisata yang dimiliki tempat ini banyak yang menarik dan juga mempesona. Salah satunya yang tidak boleh anda lewatkan adalah Kedung Londo.
Kedung Londo patut untuk dikunjungi wisatawan karena suguhan panorama alamnya sangat mempesona. Suasananya juga sangat nyaman, tentu cocok banget sebagai tempat untuk menenangkan diri. Berburu foto di sana juga menjadi kegiatan yang paling disukai para pengunjung. Jadi, anda bisa berselfie ria dengan panorama alam yang indah sebagai latar belakangnya. Untuk bisa sampai di Kedung Londo anda juga harus melewati area persawahan dan perbukitan yang dijamin akan memberikan view mempesona.
Alamat : Desa Gayam, Kecamatan Bogorejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir

27. Wana Wisata Wanirupo

Berkunjung ke kabupaten Blora atau yang dikenal dengan sebutan Kota Minyak ini tidak lengkap jika tidak datang ke Wanawisata Wanirupo bersama dengan keluarga.
Obyek wisata ini memang sangat cocok untuk anda yang membawa keluarga karena di sana anda akan disugui wahana air seperti kolam renang untuk dewasa dan anak-anak, wahana permainan yang tentunya menarik, dan juga wahana outbond bagi anda yang suka sebuah tantangan. Tidak hanya bisa melakukan kegiatan yang pastinya seru dan mengasyikan, pemandangan yang ada di Wanawisata Wanirupo juga bisa dijadikan latar belakang foto-fot selfie anda.
Untuk bisa sampai ke tempat ini, anda hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi bermotor karena masih belum ada alat transportasi yang sampai ke Wanawisata Wanirupo. Namun jangan khawatir, jaraknya sendiri tidak terlalu jauh dari pusat kota.
Alamat : Ngawenombo, Kunduran, Kabupaten Blora, Jawa Tengah 58255
Fasilitas : Kolam renang, restoran, lahan parkir, toilet, outbond, wahana permainan, dll
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 21.00 )
Tiket : Rp. 5.000/orang

28. Bukit Kemuning

Selanjutnya masih dari obyek wisata alam, di kabupaten Blora anda bisa melanjutkan perjalanan ke sebuah tempat yang sangat popular di kalangan anak muda di sana, yaitu Bukit Kemuning.
Obyek wisata Bukit Kemuning termasuk perkebunan teh yang sangat asri. Berlokasi di lereng Gunung Lawu membuat suasana di kebun teh semakin terasa sangat sejuk. Para pengunjung yang datang ke tempat ini pasti akan terpesona dengan panoramanya.
Dari Bukit Kemuning ini anda dapat menangkan pikiran sambil menikmati keindahan puncak Gunung Lawu dari kejauhan, ditambah hijaunya hamparan kebun teh di sana. Tidak jauh berbeda dengan tempat wisata lainnya di Bukit Kemuning ini ada spot foto yang menjadi ikon. Spot foto tersebut adalah tulisan “KEMUNING” yang berada di tengah kebun teh sampai dengan hiasan berupa payung warna warni.
Alamat : Perkebunan, Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah 58256
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo
Jam buka : Setiap hari ( Jam 08.00 - 19.00 )
Tiket : Hanya biaya parkir

29. Embung Keruk

Tempat wisata lain di kabupaten Blora yang tidak kalah menarik dari obyek wisata yang telah dibahas di atas adalah Embung Keruk. Biasanya tempat ini selalu ramai dikunjungi muda mudi saat sore hari untuk sekedar nongkrong atau ngobrol santai.
Pengunjung memang harus melewati jalan setapak di hutan yang tidak terlalu luas untuk sampai di Embung Keruk ini. Namun tidak perlu takut, karena jalan setapak ini memang digunakan warga sebagai jalan sehari-hari. Embung Keruk ini selain berfungsi sebagai tempat wisata juga untuk infrastruktur pengairan sawah.
Untuk pemandangannya sendiri paling cantik adalah saat sore hari di mana anda bisa melihat matahari terbenam dipadu dengan view waduk yang indah.
Alamat : Dukuh Keruk, Kelurahan Randublatung, Kabupaten Blora
Fasilitas : Lahan parkir, toilet, warung, gazebo
Jam buka : 24 jam
Tiket : Hanya biaya parkir

Tags: Liburan, Jawa Tengah

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.