Loading...

Goa Kalisuci, Sensasi Cave Tubing Goa Cantik di Jogja

Wisata · 4 days ago
Goa Kalisuci, Sensasi Cave Tubing Goa Cantik di Jogja

Kabupaten Gunungkidul merupakan daerah perbukitan yang dikenal memiliki tebing-tebing karst kokoh nan menjulang. Diballik perbukitan di pesisir Pantai Selatan tersebut, ternyata menyimpan berbagai pesona alam yang memukau. Salah satunya adalah Goa Kalisuci yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Tak hanya Goa Pindul, Goa Kalisuci juga menawarkan sensasi cave tubing mengarungi sungai bawah tanah. Bahkan goa ini telah digunakan  untuk aktivitas cave tubing sebelum Goa Pindul dikenal. Wisatawan akan dibawa menyusuri sungai serta melihat keindahan stalakmit dan stalaktit yang ada di lorong-lorong goa.

Lokasi dari Goa Kalisuci tepatnya terletak pada Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Yogyakarta. Untuk menuju ke lokasi wisata goa, wisatawan setidaknya harus menempuh jarak kurang lebih 50 kilometer atau 1,5 jam perjalanan dari pusat Kota Jogja.

Untuk menuju lokasi, wisatawan dapat menggunakan rute menuju daerah Piyungan lalu ke Wonosari. Tidak ada kendaraan umum yang menuju ke Goa Kalisuci, sehingga wisatawan dianjurkan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan jasa rental di daerah Jogja. Jalan yang menjadi akses menuju lokasi pun tergolong dalam kondisi baik, walau sering ditemukan tikungan serta tanjakan yang curam.

Tempat wisata ini sangat cocok bagi wisatawan yang memiliki hobi dengan aktivitas memacu adrenalin. Pengunjung dapat merasakan sensasi mengarungi sungai dengan jeram yang cukup menantang diatas ban yang telah dimodifikasi sedemikian rupa. Kegiatan ini merupakan kombinasi dari caving (susur gua) dan rafting. Pengunjung tak perlu khawatir, karena telah telah tersedia peralatan lengkap sebagai penunjang keselamatan wisatawan.

Di sekitar lokasi wisata Goa Kalisuci terdapat jasa pemandu professional yang telah terlatih serta persewaan pelampung, helm yang dilengkapi senter, ban dll. Indonesia patut berbangga, karena tempat ini merupakan salah satu dari tiga tempat di dunia yang merupakan wisata cave tubing pertama di dunia. Tempat ini telah diresmikan presiden Indonesia kala itu yaitu Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2004 sebagai kawasan wisata eko karst.

Pesona Goa Kalisuci

Keelokan alam yang dimiliki Goa Kalisuci ini tak kalah indahnya dengan Goa Pindul yang juga merupakan tempat wisata minat khusus di Jogja. Sungai yang mengalir didalam goa cukup panjang, sekitar 600 meter serta memiliki karakteristik jeram yang berbeda-beda.

Sebelum memulai cave tubing, wisatawan akan diberi pengarahan terlebih dahulu oleh pemandu yang telah terlatih. Setelah itu, wisatawan diarahkan menuju mulut goa dan harus berjalan dari basecamp. Petualangan pun dimulai, wisatawan akan dibawa menuju ke mulut Goa Kalisuci. Suasana yang tadinya terang, berubah menjadi gelap gulita. Hanya lampu dari headlamp yang dapat diandalkan untuk menyusuri lorong goa tersebut.

Wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan stalaktit dan stalakmit yang menghiasi goa. Pemandangan dilorong goa sangat luar biasa, panorama alam yang terjadi dari fenomena geologis berjuta-juta tahun lalu ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Tak jarang wisatawan akan melihat air yang menetes dari stalaktit di atap goa. Beberapa cuitan kelelawar, serta kemolekan ikan yang berenang di air sungai seolah menambah cantiknya Goa Kalisuci. Nuansa di dalam relung goa sangat sejuk, aliran air sungai yang tenang juga menambah rasa tentram dan damai.

Setelah melewati lorong goa, pengunjung akan dibawa mengarungi sungai di alam terbuka. Suasana yang berbeda akan sangat terasa kala wisatawan menaiki ban menembus jeram sungai yang cukup menantang. Sungai ini memiliki kedalaman yang beragam, antara 1 meter hingga 3 meter. Jeramnya pun cukup unik dan berbeda-beda, kadang tenang dan terkadang cukup ekstrim.

Wisatawan akan merasakan betapa serunya mengarungi rintangan-rintangan yang ada pada arus sungai. Tak hanya itu, pada sisi kiri dan kanan sungai wisatawan akan dimanjakan panorama alam yang masih asri. Deretan pepohonan hijau, serta tebing-tebing karst kokoh nan menjulang akan tersaji untuk dinikmati keindahannya.

Loading...

Fasilitas Goa Kalisuci

Tempat wisata yang terletak di Kabupaten Gunungkidul ini dikelola secara penuh oleh Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) setempat. Walaupun demikian, pengelolaan yang dilakukan oleh warga setempat cukup professional. Hal ini bisa dilihat dari fasilitas penunjang yang cukup lengkap di Goa Kalisuci.

Terdapat berbagai fasilitas penunjang wisata seperti toilet umum, lahan parkir, ruang ganti, basecamp, serta warung-warung sederhana yang menyajikan makanan seperti bakso dan mie ayam. Selain itu juga terdapat jasa pemandu wisata yang lengkap dengan paket sewa peralatan yang digunakan untuk kegiatan cave tubing seperti ban, pelampung dan helm.

Jika wisatawan ingin menginap, disekitar lokasi Goa Kalisuci juga terdapat berbagai penginapan dan homestay dengan harga yang cukup terjangkau. Berwisata di goa memang menjadi alternatif yang menarik untuk dicoba, berikut kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan di Goa Kalisuci.

Menikmati Keindahan Goa

Jika kamu takut untuk melakukan cave tubing, kamu dapat menikmati sisi keindahan goa ini dari luar. Kamu bisa melihat panorama alam yang indah dari atas tebing-tebing disekitar sungai. Dari atas tebing kamu akan disuguhi air sungai yang jernih berwarna biru kehijauan dengan bebatuan ditepinya.

Tak hanya itu, sekitar tepi sungai juga banyak ditumbuhi hijaunya pepohonan seakan menambah kesan alami pada tempat wisata ini. Kamu juga bisa berenang dan bermain di air sungai jernih yang ada pada dekat mulut goa. Sejuknya udara yang berpadu dengan keindahan alam menjadikan tempat ini sangat cocok bagi kamu yang ingin lari dari hiruk pikuknya ibukota.

Melakukan Cave Tubing

Aktivitas cave tubing seakan menjadi kewajiban bagi kamu yang berkunjung ke Goa Kalisuci ini. Kegiatan ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai aktivitas memacu adrenalin. Kamu akan dibawa berpetualang menyusuri sungai yang ada di lorong goa.

Tak hanya itu, kamu juga bisa merasakan sensasi mengarungi jeram-jeram dengan keunikan tersendiri. Tentu merupakan kegiatan yang sangat mengasyikkan untuk mengisi waktu liburanmu. Kamu juga bisa menikmati indahnya stalakmit dan stalaktit yang tersebar di relung-relung goa.

Hunting Foto

Selain cave tubing, hunting foto juga bisa kamu lakukan di Goa Kalisuci. Kamu dapat mendapatkan objek-objek foto menarik yang bisa kamu abadikan dengan kamera. Objek-objek seperti stalakmit, stalaktit, tebing-tebing karst, serta sungai jernih berwarna kebiruan tentu akan menjadikan karya fotomu lebih berkesan.

Kamu juga bisa mengabadikan momen mengarungi keindahan goa dengan berfoto selfie. Namun berhati-hatilah ketika membawa handphone, bisa-bisa handphone mu tercebut ke sungai yang cukup dalam.

Harga Tiket Masuk Goa Kalisuci

Untuk memasuki kawasan wisata Goa Kalisuci, wisatawan hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 5.000 per orang. Sedangkan untuk paket cave tubing, biayanya terbilang cukup terjangkau yaitu Rp. 70.000 untuk 5 orang. Perlu diingat, kawasan wisata ini tutup ketika hujan.

Tips Berwisata ke Goa Kalisuci

  • Persiapkanlah kondisi fisik sebelum mengunjungi tempat wisata ini.
  • Jangan lupa bawa pakaian ganti dari rumah.
  • Disarankan gunakanlah pemandu yang professional ketika ingin melakukan cave tubing.
  • Selalu berhati-hati saat melintasi sungai dengan jeram yang menantang.
  • Bawalah kantong water proof jika kamu membawa kamera atau handphone.
  • Tetaplah jaga kelestarian dan kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Vebma Travel
Vebma Travel