Loading...

Kaliurang, Daerah Wisata Komplit di Kaki Gunung Merapi

Wisata · 3 days ago
Kaliurang, Daerah Wisata Komplit di Kaki Gunung Merapi

Yogyakarta memang salah satu daerah dengan sejuta pesona yang menawarkan berbagai keindahan alam serta kaya akan budaya. Provinsi yang berbatasan dengan Jawa Tengah ini menjadi primadona destinasi wisata bagi pelancong dari berbagai penjuru dunia. Salah satunya Kaliurang yang menawarkan berbagai tempat wisata menarik untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga.

Rasanya tak lengkap jika berkunjung ke Jogja, namun tak menyempatkan diri untuk menengok pesona wisata di Kaliurang. Tempat ini memang menjadi salah satu ikon wisata Jogja yang cukup populer. Sejuknya udara, serta berbagai pilihan tempat wisata yang ada di daerah ini menjadi daya tarik tersendiri untuk rehat sejenak dari rutinitas sehari-hari.

Kaliurang
Kaliurang

Kaliurang terletak pada Kabupaten Sleman, di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Yogyakarta. Untuk mencapai daerah wisata ini, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 25 kilometer dari pusat Kota Jogja atau satu jam perjalanan. Aksesnya pun terbilang sangat mudah, terdapat berbagai kendaraan umum seperti bus, taksi, ojek yang dapat digunakan wisatawan untuk menuju daerah ini.

Daerah ini terletak pada kaki Gunung Merapi dan berada pada ketinggian sekitar 875 meter dari permukaan laut. Letaknya yang berada di dataran tinggi membuat suasana di Kaliurang sangat sejuk layaknya di puncak. Selain itu, wisatawan akan dimanjakan dengan lengkapnya berbagai villa dan resort yang dapat disewa dengan harga bervariatif.

Sejarah Kaliurang

Terdapat sebuah cerita yang mengawali daerah Kaliurang menjadi daerah wisata seperti sekarang. Pada sekitar awal abad 19, sejumlah ahli geologi dari Belanda yang kala itu tinggal di Jogja tengah mencari tempat tinggal untuk anggota keluarganya.

Merekapun akhirnya mencari tempat dan menyusuri tiap jengkal daerah di Jogja hingga akhirnya tiba di daerah Kaliurang. Setibanya di daerah kaki Gunung Merapi ini, mereka terpikat dengan pesona alam serta kesejukkan udara yang dimiliki daerah ini. Hingga akhirnya diputuskanlah mereka akan menjadikan daerah ini sebagai tempat tinggal keluarganya.

Mulailah dibangun beberapa villa dan resort di berbagai tempat. Sehingga tak aneh bila kini dijumpai bangunan-bangunan dengan aksitektur bergaya Belanda. Bangunan-bangunan ini hingga saat ini masih dilestarikan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi kawasan wisata Kaliurang.

Tempat ini juga merupakan bagian dari sejarah Indonesia, ketika pada tanggal 13 Januari 1948 diadakan sebuah perundingan di Kaliurang antara Republik Indonesia dan Komisi Tiga Negara (KTN). KTN sendiri diwaliki oleh tiga negara yaitu Belgia, Australia dan Amerika Serikat yang bertugas sebagai penengah konflik antaran Indonesia dan Belanda.

Perundingan tersebut terjadi di Wisma Kaliurang yang hingga kini bangunannya masih bisa dinikmati. Perundingan ini menghasilkan sebuah kesepakatan yang juga dikenal dengan Notulen Kaliurang. Asal usul dari penamaan daerah tersebut berasal dari ditemukannya sebuah sungai yang dipenuhi dengan udang. Sungai dalam bahasa jawa bisa diartikan dengan kali, sedangkan urang bisa juga artikan udang.

Pesona Wisata Kaliurang

Kaliurang telah dikenal memiliki keindahan panorama alam yang mempesona. Setibanya di daerah dataran tinggi ini, wisatawan akan disambut dengan hawa sejuk, udara segar serta dingin yang terkadang menusuk ke tulang. Tempat ini memang sangat cocok digunakan untuk mengisi waktu berlibur.

Dari daerah Kaliurang akan tersaji pemandangan megahnya Gunung Merapi yang berdiri kokoh dari kejauhan. Akan nampak panorama keindahan gunung yang luar biasa, samar-samar tertutup oleh awan biru seakan menambah keelokan gunung penuh misteri tersebut.

Kaliurang
Kaliurang

Tak hanya keindahan alam, wisatawan juga dapat berwisata sejarah dengan berkunjung ke Wisma Kaliurang yang dijadikan tempat sebagai perundingan antara Republik Indonesia dan KTN. Wisatawan juga dapat mengunjungi Museum Gunung Merapi yang didirikan pada tahun 2010.

Di museum ini pengunjung dapat melihat sejarah Gunung Merapi, replika, bebatuan dari letusan gunung serta potret dari Merapi sejak tahun 1930. Untuk memasuki museum ini, wisatawan hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 3.000 dan Rp. 5.000 untuk tiket film.

Berkunjung ke Museum Ullen Sentalu juga menjadi pilihan yang menarik. Museum yang berada di bawah tanah ini menguak misteri kebudayaan dan nilai-nilai sejarah jawa yang berhubungan dengan Putri Keraton Yogyakarta dan Surakarta pada sekitar abad ke 19.

Jika ingin melihat secara jelas pemandangan Merapi, wisatawan bisa berkunjung ke Gardu Pandang yang letaknya tak jauh dari Kaliurang. Tempat ini merupakan pos untuk pengamatan Merapi, untuk mencapainya wisatawan harus melakukan trekking kurang lebih 50 menit.

Memang cukup melelahkan, namun ketika sampai di Gardu Pandang semua rasa lelah akan terbayar dengan keindahan Gunung Merapi yang nampak jelas didepan mata. Udara segar dan rindangnya pepohonan disekitar menambah kesan asri di tempat ini. Waktu terbaik berkunjung ke tempa ini adalah sore hari ketika kabut belum menutupi Merapi.

Daerah Kaliurang dikenal menawarkan berbagai alternatif tempat wisata yang dapat dipilih wisatawan. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi wisatawan di daerah ini.

Taman Rekreasi Anak

Tempat ini sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga dan anak-anak. Di sini tersedia berbagai wahana permaian seperti mobil-mobilan, ayunan, kolam renang mini dan masih banyak lagi. Orang tua bisa mengawasi anak mereka bermain tanpa harus khawatir. Wisatawan juga bisa menikmati sejuknya udara segar disekitar Taman Rekreasi Anak.

Tlogo Putri

Tlogo Putri merupakan tempat wisata di Kaliurang yang memadukan wisata air dan keindahan alam. Terdapat taman luas, yang dipenuhi dengan tumbuhan hijau rindang. Wisatawan bisa menikmati udara segar serta hijaunya alam sekitar. Tak hanya itu, terdapat pula danau kecil yang dapat digunakan tempat bermain anak.

Di danau tersebut disediakan berbagai wahana bermain anak seperti bebek air, kano, dan becak air. Tak hanya itu, tersedia pula wahana permainan flying fox, jungkat-jungkit dan bianglala. Terkadang wisatawan bisa melihat gerombolan monyet yang menampakkan diri di Tlog Putri ini.

Taman Wisata Plawangan Turgo

Tempat wisata ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Merapi yang dikelola Dinas Perhutanan. Wisatawan dapat melihat panorama alam hutan tropis yang sangat indah. Di taman wisata ini terdapat dua buah bukit yang saling berdampingan yaitu Bukit Plawangan dan Bukit Turgo.

Loading...

Ditempat ini pengujung juga bisa melihat bebatuan hasil dari letusan Gunung Merapi yang telah terjadi ribuan tahun yang lalu. Terkadang wisatawan juga bisa melihat beberapa ekor monyet yang tinggal di Taman Wisata Plawangan Turgo.

Air Terjun Tlogomuncar

Kaliurang juga menawarkan pesona air terjun alami yang berada tak jauh dari lokasi Tlogo Putri. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 hingga 45 meter. Wisatawan akan dimanjakan dengan sejuknya udara dan suara deburan air yang jatuh menerpa bebatuan.

Pemandangan disekitarnya pun sungguh sangat memukau, didominasi dengan tumbuhan hijau yang menambah nuansa alami di Air Terjun Tlogomuncar. Disini wisatawan dapat dengan leluasa bermain air dibawah derasnya air terjun.

Fasilitas Wisata Kaliurang

Daerah Wisata Kaliurang telah dilengkapi dengan fasilitas yang bisa dibilang sangat memadai. Wisatawan akan dimanjakan dengan lengkapnya fasilitas yang telah tersedia dikawasan tersebut. Dengan mudah pengunjung dapat menemukan fasilitas seperti lahan parkir, masjid, mushola, toilet umum dll.

Jika ingin menginap, wisatawan juga dapat memilih berbagai hotel dan penginapan dengan harga yang bervariatif sesuai fasilitas yang ditawarkan. Pengunjung tak perlu bingung mencari hotel atau resort, karena di daerah ini telah banyak dibangun villa dan resort.

Wisatawan juga bisa berwisata kuliner dengan mencoba berbagai makanan khas yang ada di Jogja. Terdapat berbagai warung hingga restoran yang menjamur di daerah wisata Kaliurang. Kawasan wisata ini memang telah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat, sehingga tak heran jika tempat ini merupakan primadona destinasi wisata di Jogja.

Menghabiskan waktu berlibur di kawasan wisata Kaliurang memang menghadirkan pengalaman tersendiri. Berikut beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di daerah wisata Jogja tersebut.

Menikmati Keindahan Alam

Kaliurang menawarkan pesona keindahan alam yang sungguh memukau. Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menjauhkan diri dari suasana keramaian ibukota. Kamu akan dimanjakan dengan panorama alam yang indah serta kondisi udara sekitar yang sangat sejuk.

Kondisi topografi Kaliurang yang berada di dataran tinggi menjadikan daerah ini memiliki udara segar yang belum terkontaminasi dengan polusi. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat keelokan Gunung Merapi yang terlihat samar-samar dari kejauhan. Tempat ini juga sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati bulan madu bersama pasanganmu.

Wisata Sejarah dan Budaya

Tak hanya menawarkan pesona alam, di Kaliurang kamu juga bisa berwisata sejarah dan budaya. Terdapat tempat-tempat bersejarah yang bisa kamu kunjungi disini. Kamu bisa berkunjung ke Wisma Kaliurang yang pernah digunakan untuk perundingan antara Republik Indonesia dan Komisi Tiga Negara.

Kamu juga bisa berkunjung Museum Gunung Merapi yang letaknya tak jauh dari kaki Gunung Merapi. Dimuseum ini kamu dapat melihat tentang potret Merapi dari masa ke masa. Wisatawan juga bisa melihat bebatuan hasil erupsi Merapi yang hingga kini masih diabadikan di museum tersebut.

Selain Museum Gunung Merapi, terdapat pula Museum Ullen Sentalu yang terletak di daerah Pakem. Di museum ini kamu akan menemukan berbagai macam koleksi batik yang bercorak Yogyakarta maupun Surakarta. Kamu juga bisa mempelajari tentang sejarah mengenai keadaan budaya Jawa Kuno beserta seluruh aturannya.

Goa Jepang juga bisa menjadi tujuan wisatamu bila berkunjung ke Kaliurang. Tempat ini terletak tak jauh dari Taman Wisata Plawangan Turgo. Kamu dapat melihat keunikan goa yang merupakan benteng pertahanan tentara Jepang ketika menjajah Indonesia. Goa tersebut memiliki cabang yang sangat banyak serta saling terhubung.

Wisata Kuliner

Berwisata kuliner juga hal yang bisa kamu lakukan bila berkunjung ke daerah wisata yang terletak di Provinsi Jogja ini. Berbagai kuliner khas yang menggugah selera tersebar di berbagai tempat yang dengan mudah bisa kamu temukan.

Kamu bisa mencicipi makan seperti sate kelinci, jadah tempe, wedang ronde, wedang gedang, tongseng dan yang paling unik yaitu nasi klenyer. Nasi klenyer sebenarnya adalah nasi goreng biasa, namun yang memebedakan nasi goreng ini dengan yang lainnya adalah adanya kuah tongseng yang disiramkan di atas nasi. Sehingga tekstur nasi tersebut menjadi sangat lembut.

Berwisata Ke Gunung Merapi

Tak lengkap jika berkunjung ke Kaliurang namun tak menyempatkan diri mampir ke Gunung Merapi. Daerah wisata ini memang letaknya sangat dekat dengan Merapi, sehingga kamu bisa berwisata ke lereng Gunung Merapi.

Jika kamu memiliki hobi berpetualang, kamu bisa mendaki Gunung Merapi serta melihat sisa-sisa dari letusan gunung yang dahsyat. Terdapat berbagai obyek wisata yang bisa kamu kunjungi di lereng Gunung Merapi seperti Museum Sisa Hartaku dan Kaliadem. Kamu juga bisa melakukan lava tour dengan menyewa mobil jeep disini.

Jika tak ingin capek-capek trekking, kamu bisa menikmati gagahnya gunung legendaris ini dari Gardu Pandang. Dari sini akan terpampang jelas gagahnya Merapi yang berdiri di antara Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Hunting Foto

Kaliurang merupakan daerah wisata yang sangat cocok jika kamu tengah mencari lokasi untuk dijadikan sebagai objek foto. Tempat ini menawarkan berbagai keindahan alam, yang bisa kamu potret dengan kamera. Kamu bisa memotret Gunung Merapi, air terjun, pemandangan alam dan masih banyak lagi. Tempat ini juga sangat cocok untuk kamu yang mencari lokasi foto prewedding.

Harga Tiket Masuk Kaliurang

  • Harga tiket masuk untuk Dewasa Rp. 5.000 per orang
  • Harga tiket masuk untuk anak-anak Rp. 3.000 per orang
  • Biaya parkir mobil Rp. 5.000
  • Biaya parkir bus Rp. 15.000
  • Harga tiket Museum Ullen Sentalu Rp. 30.000 domestik untuk 2 orang Rp. 50.000 asing untuk 2 orang.
  • Harga tiket Museum Gunung Merapi Rp. 3.000 dan Rp. 5.000 tiket film.
  • Harga tiket masuk Tlogo Putri Rp. 5.000 per orang.
  • Harga tiket masuk Taman Wisata Plawangan Turgo Rp. 8.500 per orang.

Tips Berwisata ke Kaliurang

  • Selalu berhati-hati ketika dalam perjalanan menuju ke daerah ini.
  • Bawalah pakaian hangat, karena udara di tempat ini bisa berubah menjadi sangat dingin ketika malam hari.
  • Siapkan kondisi fisik jika ingin mendaki ke Gunung Merapi.
  • Datanglah ketika sore hari jika kamu ingin melihat panorama Gunung Merapi dari gardu pandang.
  • Selalu jaga barang bawaan ketika mengunjungi Taman Wisata Plawangan Turgo dan Tlogo Putri, karena terkadang banyak monyet nakal yang mengambil barang wisatawan.
  • Selalu jaga kelestarian dan kebersihan tempat wisata dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Vebma Travel
Vebma Travel