Loading...

Pantai Depok, Surganya Wisata Kuliner Seafood di Jogja

Wisata 1 month ago
Pantai Depok, Surganya Wisata Kuliner Seafood di Jogja

Surganya Wisata Kuliner Seafood di Jogja - Pantai Depok merupakan salah satu obyek wisata di daerah Yogyakarta. Berbeda dengan obyek wisata pantai lainnya di Jogja, pantai ini lebih menonjolkan wisata kuliner daripada keindahan pantainya. Wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai kuliner seafood yang merupakan hasil laut dari para nelayan di sekitar pantai.

Secara geografis, Pantai Depok terletak pada Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Letak pantai ini sangat dekat dari Pantai Parangtriris dan Pantai Parangkusumo. Jika dari pusat Kota Jogja kamu harus menempuh jarak sekitar 30 kilometer atau sekitar satu jam perjalanan.

Pantai Depok
Pantai Depok

Meskipun lebih menonjolkan sisi wisata kulinernya, bukan berarti pantai ini tak memiliki pemandangan yang indah. Pantai Depok memiliki keindahan yang tak kalah dengan Pantai Parangtriris dan Pantai Parangkusumo. Setibanya di lokasi, wisatawan akan disambut jejeran warung seafood serta hamparan pasir yang membentang di tepi pantai. Wisatawan dapat menikmati berbagai macam kuliner seafood ditemani panorama alam pantai yang menawan.

Lokasi dari Pantai Depok sendiri cukup mudah untuk diakses, wisatawan hanya perlu mengikuti jalur yang menuju ke Pantai Parangtritis. Saat kamu telah memasuki pos retribusi untuk menuju ke Pantai Parangtritis, maka kamu harus belok ke kanan. Selanjutnya ikuti saja petunjuk arah menuju ke pantai ini, kurang lebih hanya berjarak 1,5 kilometer saja dari pos retribusi Pantai Parangtritis.

Sejarah Pantai Depok

Terdapat sebuah cerita yang menjadi cikal bakal berkembangnya tempat wisata di Kabupaten Bantul ini menjadi salah satu pusat kuliner seafood di Jogja. Sebelumnya warga yang tinggal disekitar Pantai Depok sebagian besar berprofesi sebagai petani dilahan pasir. Semua berubah ketika pada tahun 1997 segerombolan nelayan dari daerah Cilacap berlabuh di pantai ini usai mencari ikan dilaut.

Para nelayan tersebut membawa hasil laut yang sangat melimpah, hal tersebut akhirnya membuat warga sekitar pantai menjadi tergiur dan berbondong-bondong beralih profesi menjadi nelayan. Profesi nelayan sendiri sering disebut juga ‘tekong’ oleh warga setempat. Para nelayan hampir melakukan kegiatan mencari ikan sepanjang tahun.

Kecuali dihari-hari tertentu yang dianggap keramat yaitu pada hari Selasa Kliwon dan Jum’at Kliwon. Walaupun demikian, ternyata hasil laut yang didapatkan oleh para nelayan tak sepanjang tahun selalu melipah. Terdapat pula musim-musim paceklik ikan yang terjadi antara bulan Juni hingga September. Hal tersebut dikarenakan cuaca ekstrim yang mengakibatkan para nelayan tak berani untuk pergi melaut.

Karena jumlah tangkapan yang diperoleh para nelayan semakin bertambah banyak, maka warga setempat akhirnya membangun Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) serta disusul dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Tak hanya menerima hasil laut dari Pantai Depok saja, tempat pelelangan ikan di pantai ini juga menerima setoran ikan dari para nelayan dari berbagai daerah disekitar.

Lambat laun, tempat ini menjadi berkembang pesat. Karena banyaknya wisatawan yang datang di pantai ini, akhirnya dibangunlah warung-warung disekitar pantai yang menyajikan hasil olahan seafood. Melimpahnya tangkapan ikan, seakan menjadi faktor pendukung berkembangnya Pantai Depok menjadi salah satu wisata kuliner seafood terbesar di Jogja.

Pesona Pantai Depok

Pantai yang letaknya berdekatan dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusomo ini memang memiliki daya tarik lain dari pada yang lain. Pantai ini lebih menonjolkan wisata kuliner, disamping keindahan panorama pantainya. Berjejeran warung-warung tradisional di tepi pantai yang menawarkan berbagai hidangan seafood yang siap untuk dipilih wisatawan.

Wisatawan dapat memilih bermacam macam kuliner seafood seperti ikan kakap, bawal, tongkol, layur, cakalang, kepiting, cumi, udang dan masih banyak lagi. Harga yang dipatok pun bervariatif dan cukup terjangkau. Rata-rata olahan seafood tersebut masih segar, karena diperoleh langsung dari para nelayan yang pulang melaut di pagi hari.

Warung-warung yang berjejer di pinggir Pantai Depok di desain sedemikian rupa agar wisatawan nyaman menikmati kuliner sembari melihat pemandangan laut dari tepi pantai. Warung-warung ini terbuat dari kayu yang beratapkan rumbia serta berbentuk lesehan yang menghadap keselatan. Sehingga memudahkan bagi para wisatawan untuk melihat lautan luas dari warung-warung ini.

Setelah puas menikmati sajian kuliner seafood, anda dapat menikmati keindahan Pantai Depok lebih dekat. Pantai ini memiliki pasir kecoklatan yang mirip dengan Pantai Parangtritis. Memiliki ombak yang cukup besar, sehingga wisatawan tidak disarankan untuk berenang. Namun wisatawan tetap dapat bermain air di pinggir pantai, sambil menikmati angin yang berhembus kencang dari laut.

Loading...

Di tepi pantai, wisatawan juga akan menemui kapal-kapal para nelayan yang tengah diparkir. Kapal tersebut berwarna-warni serta berjejer rapi seakan menambah keelokan dari pantai ini. Bila tak puas bermain-main di tepi pantai, anda dapat bertolak menuju ke Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo.

Pada tempat ini wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat langka yaitu Gumuk Pasir Parangkusumo. Gumuk ini adalah hamparan pasir yang sangat luas, sehingga anda dapat dengan leluasa bermain pasir. Yang lebih menakjubkan, Gumuk tersebut merupakan gurun pasir kecil satu-satunya yang berada di Asia Tenggara.

Fasilitas Pantai Depok

Fasilitas yang terdapat pada tempat wisata yang juga digunakan sebagai tempat pelelangan ikan ini cukup lengkap. Terdapat berbagai fasilitas penunjang seperti toilet umum, tempat parkir yang cukup luas, dan Masjid untuk beribadah. Selain itu juga disediakan penjaga pantai untuk mengantisipasi kecelakaan dilokasi pantai serta memperingatkan wisatawan akan bahaya gelombang ombak yang besar.

Bagi wisatawan yang ingin menginap juga terdapat hotel serta penginapan disekitar lokasi wisata dengan harga bervariasi. Selain itu, terdapat pula warung-warung seafood yang memang disediakan bagi para wisatawan untuk menikmati hidangan olahan hasil laut sembari melihat pemandangan pantai.

Menikmati Keindahan Pantai

Pantai Depok memiliki keindahan panorama alam yang tak kalah dengan pantai-pantai di Jogja lainnya. Tempat wisata ini dapat menjadi alternatif bagi kamu yang ingin merencanakan berlibur di Jogja. Memiliki pasir kecoklatan yang eksotis, kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan laut luas disertai deburan ombak khas laut selatan yang ganas.

Kamu juga dapat bermain-main pasir, serta bermain air ditepi pantai. Namun tidak disarankan untuk berenang disini, karena ombaknya yang tinggi. Selain itu kamu juga bisa mampir ke Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo yang letaknya tak jauh dari pantai ini.

Wisata Kuliner

Jika kamu penggemar wisata kuliner, maka kamu wajib mengunjungi pantai yang satu ini. Menawarkan berbagai makanan lezat khususnya seafood, kamu akan dimanjakan pilihan ikan seperti kakap, kerapu, cakalang, cumi dan lain-lain. Ikan-ikan segar yang diperoleh dari TPI dapat kamu pilih dan dimasak sekaligus sesuai selera.

Harga yang ditawarkan juga masih dalam kategori terjangkau. Kamu dapat menikmati hidangan seafood tersebut di warung-warung yang telah disediakan. Warung tersebut didesain menghadap keselatan sehingga kamu dapat menyantap seafood yang lezat ditemani dengan pemandangan pantai yang indah.

Hunting Foto

Pantai ini juga merupakan pilihan yang menarik jika kamu sedang mencari lokasi untuk mencari objek foto. Pantai Depok menawarkan keindahan pantai dengan pasir coklatnya yang eksotis. Ditambah kapal-kapal nelayan yang berjejer rapi, dapat kamu abadikan pada sebuah foto.

Selain itu, kamu juga dapat memotret di Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo yang lokasinya tak jauh dari pantai ini. Kamu juga bisa mengabadikan aktivitas para nelayan serta tempat pelelangan ikan yang tak pernah sepi dikunjungi wisatawan.

Harga Tiket Masuk Pantai Depok

Untuk memasuki lokasi wisata Pantai Depok, setiap wisatawan dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000 untuk wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Sedangkan biaya parkir kendaraan untuk sepeda motor sebesar Rp. 4.000 dan mobil Rp. 5.000.

Tips Berwisata ke Pantai Depok

  • Datanglah ketika pagi hari jika kamu ingin membeli ikan yang masih segar di tempat pelelangan ikan.
  • Tetaplah waspada ketika bermain air ditepi pantai, karena gelombang ombak di Pantai Depok cukup besar.
  • Tidak disarankan bagi para pengunjung untuk berenang di pantai karena dapat terseret gelombang ombak.
  • Jangan datang pada hari Selasa Kliwon dan Jum'at Kliwon, karena nelayan tidak akan melaut sehingga pantai ini sepi.

Tags: Pantai Depok, Pantai, Yogyakarta

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.