Pantai Lhok Mee, Keindahan Pasir Putih dan Pohon Dalam Air

Wisata 1 month ago
Pantai Lhok Mee, Keindahan Pasir Putih dan Pohon Dalam Air

Nanggroe Aceh Darussalam merupakan daerah yang dikenal memegang teguh nilai-nilai syariat Islam serta adat istiadat hingga masa kini. Selain itu, provinsi yang terletak di ujung Pulau Sumatra ini juga menjadi destinasi wisata yang mulai dilirik wisatawan lokal dan mancanegara. Ratusan pantai berderet indah, salah satunya adalah Pantai Lhok Mee yang terkenal akan kemilau pasir putihnya.

Pantai Lhok Mee terkenal dengan bentang pantai yang memiliki pasir putih bersih layaknya mutiara di tepi samudra. Selain itu, tempat wisata yang menjadi incaran kawula muda ini juga memiliki air laut jernih berwarna kebiruan. Tak heran, banyak yang berkunjung ke pantai ini hanya sekedar untuk bernarsis ria. Pantai ini juga sering disebut dengan Pantai Pasir Putih.

Pantai Lhok Mee
Pantai Lhok Mee

Secara administratif, pantai ini terletak pada Desa Lamreh, Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Untuk mencapai ke Pantai Lhok Mee, wisatawan setidaknya harus menempuh jarak sekitar 40 kilometer atau melakukan perjalanan selama 45 menit dari Banda Aceh. Selain itu, tempat wisata ini letaknya juga tak jauh dari Pelabuhan Malahayati.

Meskipun jaraknya cukup jauh dari Ibukota Provinsi Aceh, jalan yang menjadi akses menuju ke pantai sudah diaspal dan terbilang dalam kondisi sangat baik. Di sepanjang perjalanan, kamu akan dimanjakan dengan panorama perbukitan hijau, serta hamparan lautan luas di sisi jalan. Namun tetaplah berhati-hati, karena sering dijumpai jalan dengan tikungan tajam serta naik turun.

Pesona Pantai Lhok Mee

Pantai Lhok Mee seakan kepingan surga yang tersembunyi dibalik perbukitan. Letak dari pantai ini memang dibalik perbukitan, sehingga wisatawan yang tak mengetahui lokasi persisnya tempat ini berada akan kebingunan. Wisatawan dapat bertanya kepada penduduk sekitar, agar ditunjukkan arah untuk menuju ke pantai cantik ini.

Setibanya di lokasi pantai, seluruh penat yang didapat dari perjalanan panjang serasa sirna seketika. Wisatawan akan disambut dengan hamparan pasir putih bersih, yang terbentang disepanjang garis pantai. Dengan leluasa, setiap wisatawan dapat bermain diatas pasir putih yang lembut ditemani angin sepoi-sepoi yang berhembus dari lautan.

Pantai Lhok Mee juga memiliki air laut yang jernih serta berwarna biru kehijauan. Keindahan pantai ini serasa akan menyihir setiap pengunjung untuk segera menceburkan diri di segarnya air laut. Karakteristk ombak di pantai ini juga terbilang cukup tenang, sehingga wisatawan dapat berenang atau sekedar bermain air ditepian pantai tanpa takut akan tergulung ombak.

Keunikan dari pantai yang terletak di Aceh Besar ini adalah, disekitar tepi pantai terdapat pepohonan yang tumbuh dalam air. Pohon ini adalah tanaman mangrove yang tumbuh sebagai pemecah gelombang ombak serta untuk pencegahan terhadap abrasi. Ketika air laut tengah pasang, maka pepohonan tersebut akan tertutupi oleh air. Namun jika air surut, wisatawan bisa melihat akar-akar tanaman yang muncul di permukaan pantai.

Penduduk setempat menyebut pohon tersebut dengan nama pohon Geurumbang. Fenomena ini ternyata justru menjadikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tak jarang, banyak pengunjung Pantai Lhok Mee yang mengabadikan momen dengan background pohon geurumbang.

Tak hanya itu, Pantai Lhok Mee juga memiliki keindahan bawah laut yang sangat mengagumkan. Terdapat berbagai jenis terumbu karang cantik, serta ikan-ikan kecil lucu yang berenang di air dangkal. Wisatawan bisa melihat keindahan pesona bawah laut di pantai ini dari atas permukaan air karena kondisi airnya yang cukup jernih. Namun, pengunjung harus tetap berhati-hati karena terdapat beberapa karang, serta akar mangrove yang tajam sehingga bisa melukai kaki.

Fasilitas Pantai Lhok Mee

Fasilitas yang tersedia untuk wisatawan di Pantai Lhok Mee juga terbilang cukup lengkap. Terdapat tempat parkir yang cukup luas sehingga wisatawan tak perlu kebingungan jika membawa kendaraan pribadi. Selain itu, juga terdapat toilet dan kamar mandi yang bisa digunakan untuk mandi dan ganti pakaian setelah berenang di pantai.

Loading...

Selain itu, terdapat pula pondok, warung makan, serta kedai yang menjajakan berbagai kuliner lezat. Sebagian besar, warung-warung di Pantai Lhok Mee ini menyediakan kuliner dari olahan seafood. Wisatawan juga bisa menikmati mie instan, es kelapa muda, serta meneguk secangkir kopi hangat dengan harga yang terjangkau.

Wisatawan juga bisa menginap di hotel serta penginapan yang ada disekitar obyek wisata ini. Terdapat beberapa pilihan hotel yang bisa digunakan oleh wisatawan dengan harga yang bervariatif. Sesuaikanlah dengan budget yang anda miliki. Pantai Lhok Mee memang menawarkan pesona wisata yang menawan, berikut aktivitas-aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di pantai tersebut.

Menikmati Keindahan Pantai

Jika kamu menyukai wisata pantai, maka Pantai Lhok Mee bisa menjadi alternatif wisata ketika kamu tengah berada di Aceh. Pantai ini memiliki panorama alam luar biasa dengan pasir putih bersih yang membentang serta air lautnya yang biru serta jernih. Kamu bisa dengan bebas bermain pasir, atau duduk bersantai di tepi pantai sembari menikmati hembusan angin serta deburan ombak yang menerpa bibir pantai.

Kamu juga bisa berenang atau sekedar bermain di air yang bersih. Tak jarang kamu bisa menemui ikan-ikan kecil lucu yang berenang di balik terumbu karang. Pantai Lhok Mee juga memiliki keindahan biota laut yang bisa kamu lihat dari atas permukaan air. Tempat ini memang sangat cocok untuk melarikan diri sejenak dari hiruk pikuknya keramaian kota. Suasana asri, serta kondisi pantai yang bersih juga menjadi nilai tambah dari tempat wisata ini.

Memancing di Tepi Pantai

Di Pantai Lhok Mee, kamu juga bisa memancing dengan memanfaatkan pohon mangrove yang ada di tepi pantai. Masyarakat setempat biasanya memanjat pohon tersebut untuk memancing ikan. Namun jika kamu tak pandai memanjat, sebaiknya urungkan niatmu untuk memancing.

Wisata Kuliner

DI tepi pantai terdapat warung-warung serta kedai yang berjejer dengan rapi menawarkan berbagai jenis kuliner khas Aceh. Sebagian besar warung tersebut menawarkan kuliner dari hasil olahan laut. Dengan harga yang cukup terjangkau kamu sudah bisa menikmati lezatnya kuliner seperti ikan goreng, kepiting, udang windu dan masih banyak lagi.

Warung-warung ini memang didesain menghadap laut sehingga wisatawan bisa menikmati hidangan sambil memandang hamparan lautan luas. Jika kamu penggemar kopi, kamu juga bisa menikmati kopi aceh sambil duduk santai melepas penat. Es kelapa muda juga menjadi pilihan menarik, untuk melepas dahaga usai lelah bermain di pantai.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Lhok Mee

Pantai Lhok Mee dibuka mulai pukul 08-00 sampai 18.00 WIB. Untuk memasuki pantai tersebut wisatawan hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 5.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk biaya parkir kendaraan.

Tips Berwisata di Pantai Lhok Mee

  • Bawalah pakaian ganti, jika ingin berenang di Pantai Lhok Mee.
  • Disarankan membawa alas kaki, karena terdapat akar-akar tajam yang bisa melukai kaki wisatawan.
  • Selalu jaga kebersihan pantai, dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Jaga kelestarian pantai, dan jangan rusak ekosistem yang ada didalamnya.

Tags: Pantai Lhok Mee, Pantai, Aceh

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com