Tips Buat Kamu Yang Ingin Camping Di Pulau Seribu

Wisata 11 months ago
Tips Buat Kamu Yang Ingin Camping Di Pulau Seribu

Kepulauan Seribu atau Pulau Seribu merupakan satu buah gugusan pulau yang ada di bagian utara wilayah kota Jakarta. Disebut Kepulauan Seribu lantaran diperkirakan ada lebih dari seribu pulau yang ada di gugusan tersebut, hingga saat ini belum ada data pasti mengenai jumlah pulau di Kepulauan Seribu, Beberapa pulau bahkan belum dihuni atau masih perawan.

Banyaknya pulau juga juahnya rute transportasi membuat pulau seribu masih jarang dihuni oleh masyarakat. Beberapa pulau yang sudah dihuni adalah Pulau Tidung, Pulau Harapan, Pulau Pari dan Kelapa, Pulau Payung serta Pulau Pramuka. Selebihnya dikuasai oleh perseorangan, dialihfungsikan resort atau menjadi pulau-pulau kecil yang sepi dan tak berpenghuni.

Pulau yang tak berpenghuni ini selanjutnya menjadi target para pelancong untuk menemukan sensasi bertahan hidup atau survival di pulau yang sepi. Cara yang paling ampuh adalah memasang tenda atau camping di pulau tersebut. Namun sebelum kamu mengeksekusi rencana liburan tersebut, berikut ini ada beberap tips untuk kamu.

1. Perhatikan Faktor Cuaca

Meskipun ingin mencoba sensasi Survival di kepulauan Seribu, tentu saja kamu tidak ingin merasakan hal-hal konyol hanya karena tidak memprediksi kan keadaan cuaca. Cuaca merupakan faktor pertama yang sangat penting dipertimbangkan jika hendak melakukan aktivitas Outdoor terutama kegiatan camping. Hal ini menjadi semakin penting karena jalur yang dilalui merupakan lautan yang bisa saja akan dihadang oleh gelombang besar yang mampu menggulingkan kapal.

Langkah pertama adalah perhatikan cuaca, di negeri ini saja ada dua musim penghujan dan musim kemarau. Dua musim sangat berpengaruh terhadap keadaan gelombang laut. Sebisa mungkin menghindari musim pancaroba atau peralihan musim, karena pada masa peralihanmusim, cuaca menjadi tak menentu dan berpotensi mendatangkan badai.

Tips untuk megantisipasinya, Sediakan beberapa alat yang mungkin saja di gunakan dalam bertahan hidup atau kegiatan survival di pulau, seperti Sekop dan Flysheet Cadangan. Ukuran Flysheet disarankan lebih besar dari ukuran tenda. Tujuannya untuk membuat dapur di kala hujan sedangkan sekop bertujuan untuk menggali parit kecil di sekitar tenda supaya air tidak mengalir masuk ke dalam tenda.

2. Lokasi Memasang Tenda

Camping atau memasang tenda tidak cuma membutuhkan pengetahuan dasar tentang tata cara bongkar-pasang tenda, tapi juga tentang mengamati alam sekitar, ketika kamu hendak mendirikan tenda di dekat pantai atau di sebuah pulau, hal yang pertama yang tak boleh terlewatkan adalah mengamati secara detil ketinggian air pasang. Jangan asal pasang tenda.

Loading...

Air pasang bisa terjadi pada waktu siang atau malam, tergantung dari posisi bulan dan matahari. Namun hal yang paling perlu diwaspadai adalah waktu malam hari. Memangnya kenapa? Sederhana saja, kalau air pasang terjadi pada saat kamu beristirahat di dalam tenda, tentu saja air akan nyelonong masuk ke dalam tenda dan semua perlengkapan menjadi basah dan tidak nyaman. Hal yang lainnya yang perlu diwaspadai adalah saat terjadinya bulan purnama, jika bulan purnama terjadi air akan pasang secara maksimal, dan oleh karenanya pasanglah tenda sedikit agak menjauh dari bibir pantai.

Tips lain ketika hendak mendirikan tenda adalah hindari terpaan angin laut secara langsung. Sebaiknya cari posisi di balik semak atau kumpulan beberapa pohon, namum perhatikan pula kondisi pepohonan. Jangan mendirikan tenda pada pohon yang sudah tua yang lapuk, karena beresiko tenda sobek karena kejatuhan ranting juga keselamatan kalian sendiri.

3. Perlengkapan Secukupnya

Berbeda dengan camping di daerah gunung dengan suhu udara yang dingin, cuaca pantai cenderung lebih hangat jadi Sleeping Bag atau SB tidak begitu diperlukan dalam daftar barang yang akan dibawa. Alasannya karena ruang yang diperlukan oleh SB itu cukup besar jadi bisa digantikan oleh barang lain yang lebih berguna.

Ketika melancong ke Kepulauan Seribu bawa air tawar yang cukup banyak. Di beberapa pulau kecil di Kepulauan Seribu tidak ada sumber air tawar, namun beberapa yang lain ada pasokannya. Jadi tidak ada salahnya mengumpulkan informasi terlebih dahulu tentang ketersediaan air tawar di pulau yang akan kamu kunjungi.

Semoga bermanfaat

Tags: Kepulauanseribu, Pulauseribu, Traveltips, Camping

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com