Loading...

Tugu Nol Kilometer, Berwisata Di Titik Paling Barat Indonesia

Wisata · 1 year ago
Tugu Nol Kilometer, Berwisata Di Titik Paling Barat Indonesia

Lokasi ini menjadi salah satu andalan dan tujuan wisata bagi para wisatawan yang datang ke daerah Sabang baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Cukup banyak para wisatawan yang datang ke lokasi ini untuk menghasikan waktu liburan bersama anggota keluarga ataupun teman. Sesuai dengan namanya Tugu Nol Kilometer, disinilah titik nol kilometer Negara Indonesia dimulai. Seperti halnya sebuah lagu yang pastinya kita tahu “Dari Sabang Sampai Merauke” nah di Pulau Sabang ini lah titik nol kilometer itu.

Tugu ini merupakan sebuah bangunan yang menjulang tinggi dan dengan bentuk lingkaran serta berjeruji. Hampir kesemua bagian tugu ini dicat dengan warna putih. Tinggi dari tugu ini kurang lebih sekitar 22,5 meter menjulang ke atas. Selain itu pada puncak dari tugu ini terdapat patung burung garuda yang menggenggam angka nol. Didekat tugu ini juga terdapat sebuah prasasti yang terbuat dari marmer hitam yang menunjukkan posisi geografis dari lokasi ini dan telah ditandatangani oleh Bapak Try Sutrisno yang saat itu menjabat sebagai Wakil Presiden. Penandatanganan ini dilakukan pada tanggal 9 September 1997.


Pesona Keindahan Tugu Nol Kilometer Indonesia

Lokasi tugu yang berada disebuah bukit dengan lautan yang membentang dibawahnya dan memancarkan warna biru laut yang indah serta suara merdu dari hempasan angin laut menjadikan salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin mengunjungi lokasi ini. Berada di titik paling Barat Indonesia ini akan disajikan pemandangan yang begitu mempesona. Para pengunjung dilokasi ini dapat merasakan hempasan angin laut Andaman serta suara dari deru ombak Samudra Hindia dan hempasan ombak Selat Malaka yang menghantam tebing-tebing. Suasana yang begitu indah dan panorama alam yang begitu mempesona mata.

Di kawasan ini juga terdapat beberapa tempat atau spot favorit para wisatawan untuk berfoto selfie. Seperti tempat yang berada di dekat prasasti dan lokasi di tepian tebing, berjarak kurang lebih sekitar 15 meter dari tugu ini. Di tepian tebing ini pulalah para pengunjung dapat merasakan keindahan serta kesejukan dari hempasan angin laut.

Di sekitar tugu ini juga dikelilingi oleh berbagai pepohonan yang rindang dan merupakan sebuah kawasan hutan lindung. Keindahan serta kesejukan yang disajikan menjadikan rasa nyaman dan betah untuk berlama-lama di kawasan ini. Ditambah keindahan yang tiada tara ditampilkan kala sore hari, dimana langit merubah warnanya menjadi kuning kemerahan. Sungguh perpaduan serta gradasi warna yang luar biasa cantik. Sekiranya dengan keindahan alam yang dapat kita rasakan ini, wajib rasanya untuk bersyukur kepada Sang Pencipta atas semua keindahan dan kenikmatan yang dapat kita rasakan.

Lokasi ini sangat cocok bagi anda yang masih bingung memilih lokasi liburan terutama bagi anda yang ingin berlibur ke Provinsi Nanggro Aceh Darusallam tertama daerah Sabang. Lokasi ini wajib anda kunjungi karena belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Tanah Aceh jika belum ke titik Nol Kilometer Indonesia. Disini juga para wisatawan bisa mendapatkan sertifikat sebagai Pelintas Ujung Barat Indonesia yang diberikan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sabang. Karena itu jangan berpikir panjang lagi untuk mengunjungi lokasi ini. Berkunjung bersama teman ataupun keluarga dan menghabiskan waktu bersama tentunya akan menjadi kegiatan yang sangat mengasyikkan.

 

Sejarah Tugu Nol Kilometer Indonesia

Loading...

Sebenarnya titik koordinat Kilometer Nol Indonesia ini tidak persis berada di lokasi dimana tugu ini berdiri. Karena berdasarkan dari data teknis yang tertulis pada bangunan ini menunjukkan dengan jelas posisi geografis Nol Indonesia berada di 54’ 21,42 Lintang Utara dan 13’ 00,50 Bujur Timur serta pada ketinggian 43 meter di atas permukaan laut. Berdasarkan pada data tersebut tentunya terdapat lokasi lain yang posisinya berada di paling Barat Indonesia dan tempat tersebut adalah Pulau Lhee Blah serta Pulau Rondo. Kedua pulau tersebut merupakan pulau kecil yang berada di sebelah barat dari pulau Breuh.

Namun, pada saat itu atas berbagai pertimbangan teknis maka pembangunan dari titik Kilometer Nol ini ditetapkan posisinya di Pulau Sabang yang hingga saat ini berdirilah Tugu Nol Kilometer. Lokasi tersebut dipilih dan diputuskan oleh Mentri Riset dan Teknologi yang kala itu menjabat, yaitu Bapak BJ Habibie. Alasan beliau memilih lokasi ini karena melihat dari akses yang pada saat itu masih terbilang sulit dan belum adanya infrastruktur yang memadai untu menuju tempat paling Barat Indonesia itu, yaitu Pulau Lhee Blah dan Pulau Rondo.

Peta Lokasi Tugu Nol Kilometer Indonesia

 

Tugu Nol Kilometer ini berada di Pulau Sabang tepatnya di Desa Iboih Ba’u Kecamatan Sukakarya. Akses untuk menuju ke lokasi ini juga tidaklah sulit dan jalan juga telah beraspal mulus. Jarak dari pelabuhan Balohan dan yang sekaligus menjadi pintu masuk ke Pulau Sabang dengan tugu ini berjarak kurang lebih sekitar 35 kilometer. Dalam perjalanan pun para wisatawan telah dapat menikmati keindahan hutan wisata Sabang yang sangat sejuk ini. Melewati jalan yang berkelok-kelok dan cenderung naik turun bahkan mungkin adrenalinpun tak jarang akan terpacu saat menyadari bahwa lintasan jalan ini menelusuri tepian tebing.

Bagi para pengunjung juga tidak perlu khawatir akan tiket masuk ke lokasi ini, karena di kawasan tugu ini para pengunjung dapat bebas mendatangi tugu ini kapan saja tanpa dipungut biaya masuk atau dalam kata lain gratis.

Tips Berlibur Ke Tugu Nol Kilometer Indonesia

  • -Jagalah selalu kondisi kesehatan anda saat akan melakukan perjalanan berlibur
  • -Bawalah perbekalan secukupnya serta jangan lupa membawa kamera guna untuk mengabadikan momen-momen indah saat berlibur
  • -Jagalah selalu kelestarian alam dengan tidak merusak fasilitas yang ada dan tidak membuang sampah sembarangan

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Andini Tiara Utami
Andini Tiara Utami
0
Followers