Yang Menarik Untuk Dikunjungi di Belitung
Pulau Belitung memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Jika Anda akan berlibur, jangan ragu untuk memasukkan pulau ini dalam daftar kunjungan Anda.
Anda ingin berlibur? Anda hanya memiliki waktu yang singkat? Tidak ada salahnya untuk mencoba berkunjung ke Pulau Belitung. Berikut ini adalah beberapa tempat menarik yang dapat Anda kunjungi selama di Belitung:


1. Pulau Lengkuas


Pulau Lengkuas terletak di sebelah utara Pulau Belitung. Untuk sampai disini, Anda harus menyeberang dengan perahu motor dalam waktu kurang lebih 30 menit. Ciri khas pulau ini adalah mercusuar yang menjulang tinggi di tengah-tengah pulau. Sebelum masuk ke dalam mercusuar, Anda harus melepas alas kaki dan harus membersihkan pasir-pasir yang menempel pada pakaian dan bagian tubuh Anda dengan potongan busa yang telah disediakan.

Mercusuar ini terdiri dari 18 lantai dengan tangga yang melingkar. Total anak tangga berjumlah 313 buah. Perlu ketahanan dan kesabaran agar bisa berhasil menuju puncak mercusuar. Rasa letih akan terbayar saat melihat keindahan alam dari ketinggian 65 meter itu.

2. Pantai Tanjung Tinggi



Pernah menonton film Laskar Pelangi? Ingat saat Ikal dan teman-temannya diajak Bu Muslimah jalan-jalan lalu mereka berdiri di atas bebatuan tinggi? Nah, lokasi syuting adegan tersebut adalah di Pantai Tanjung Tinggi. Untuk mengenang peristiwa tersebut, berdiri sebuah tugu laskar pelangi di sekitar area pantai. Pantai ini terletak di sebelah utara Belitung. Bebatuan granit berukuran besar dan menjulang tinggi menjadi ciri khasnya.

3. Pulau Batu Berlayar



Mirip dengan tampilan Pantai Tanjung Tinggi, di Pulau Batu Berlayar Anda juga bisa menemukan bebatuan granit raksasa. Asal nama pulau ini adalah adanya dua batu raksasa yang berdiri vertikal membentuk seperti layar kapal.

4. Pantai Bukit Berahu


Untuk mencapai Pantai Bukit Berahu, Anda harus menuruni 97 anak tangga. Bagi yang ingin berisitirahat sejenak, di sebelah kiri tangga menurun terdapat restoran dan kolam renang. Bagi yang ingin menginap, di tepi pantai terdapat beberapa bungalow atau villa yang disewakan.

5. Pulau Pasir


Pulau Pasir hanya dapat ditemukan saat air laut surut. Pulau ini terbentuk dari tumpukan pasir halus yang di sekitarnya banyak ditemukan bintang laut. Banyak wisawatan yang singgah sejenak untuk menikmati keindahan pemandangan di sekitar pulau, berenang, atau berfoto bersama bintang laut.

6. Pantai Burung Mandi


Pantai Burung Mandi terletak di Kabupaten Belitung Timur. Hamparan pasir agak kecoklatan menjadi suguhan pantai ini. Di tepi pantai banyak perahu tradisional berwarna-warni yang dikenal dengan kater. Kater ini bisa disewa, loh!

(Baca Juga: Omah Kayu, Wisata Rumah Kayu Unik di Kota Batu)

7. Danau Kaolin



Danau Kaolin terletak di Desa Air Raya Tanjung Pandan, Provinsi Belitung. Letaknya tidak jauh dari bandara HAS Hanandjoeddin . Karena itu, beberapa agen wisata memasukkan tempat ini sebagai lokasi kunjungan terakhir sebelum para wisatawan kembali ke tempat asal masing-masing.
Danau Kaolin mulanya merupakan daerah bekas tambang kaolin. Namun, pemandangannya kini menarik minat untuk dikunjungi. Hamparan putih kaolin di tengah air danau yang berwarna hijau tosca begitu menyejukkan mata.

8. Replika SD Laskar Pelangi



Satu lagi yang tidak bisa dilupakan dari film Laskar Pelangi adalah SD Muhammadiyah tempat Ikal dan teman-temannya menuntut ilmu. Terletak di Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur. Berkunjung ke dalam bangunan ini seolah Anda akan diajak untuk memutar kembali adegan demi adegan dalam film Laskar Pelangi. Dari halaman sekolah, bila Anda memandang jauh ke depan, terlihat pemandangan alam yang begitu menyejukkan mata. (*)
Artikel ini di tulis oleh carol kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Artikel Terkait