Loading...

Panorama kili-kili, wisata edukasi yang menginspirasi

Wisata 1 week ago
Panorama kili-kili, wisata edukasi yang menginspirasi

Panorama kili-kili merupakan wisata hutan mangrove yang berada di teluk pangpang Dusun Tegalpare, Desa Wringinputih, Kecamatan Muncar. Awalnya tempat ini merupakan area tambak udang sejak masa penjajahan Jepang sampai akhir tahun 1980-an. Pada saat itu bisnis tambak menurun, dan area ini mulai ditinggalkan dalam kondisi yang rusak. Pada tahun 2003, sekelompok masyarakat berinisiatif untuk meremajakan area tersebut dengan menanam pohon mangrove hingga sekarang. Dikelola oleh kelompok masyarakat yang tergabung dalam BARET (Bangkit Remaja Tegalpare).

Dukungan muncul dari Nandien Candrawinata, mantan puteri Indonesia 2005 bersma anggota komunitas Sea Soldier yang didirikannya. Nandien terlibat dalam penanaman 1000 bibit mangrove dikawasan konservasi di teluk pangpang tersebut. Bahkan Nandien memberikan ide yang menarik tentang trend selfie ditempat wisata, yaitu mengajak anak muda selfie pada saat menanam mangrove.

Sejak April 2017 masyarakat mempersiapkan wisata baru, mereka membuat jembatan stapak yang terbuat dari kayu ditengah hutan mangrove. Pengunjung dapat berjalan melalui jembatan stapak yang terbuat dari kayu untuk menikmati pemandangan dihutan mangrove,dan terdapat spot-spot selfie. Disediakan juga gajebo bagi para pengunjung yang ingin bersantai menikmati sejuknya angin pantai dan menikmati pemandangan serta mengamati hewan dan burung-burung yang bersarang di atas pohon mangrove. Karena didalamnya terdapat banyak satwa, seperti burung Air, burung Jalak, sertaburung yang dilindungi undang-undang yaitu burung Bangau Tontong (Leptoptilos Javanicus), Pucuk Ular (Anhinga melanogaster), Elang laut putih (Haliaeetus Leucogaster). Selain itu juga terdapat mamalia, seperti monyet ekor panjang (Macaca Fascicularis) dan terdapat satwa laut, seperti kepiting, ikan pari, udang dan ikan bedul.

Sampai ujung dari jembatan mangrove terdapat papan yang bertuliskan memasuki area sungai pekalongan. Di area sungai pekalongan dihadirkan pemandangan kapal yang terbuat dari bambu. Area sungai pekalongan merupakan tempat pemancingan dan konservasi mangrove baru. Spot utamanya area yang luas dan lapang, serta pemancingan yang dapat ditempuh dengan metode susur sungai menggunakan perahu yang sudah disediakan disana.

Loading...

Tempat ini dulunya terkenal dan menjadi ikon wisata kota banyuwangi, tetapi pada sekitar awal tahun 2018 wisata ini mulai meredup dan kunjungan wisata mulai berkurang. Karena banyak persaingan wisata konservasi mangrove yang ada di Banyuwangi seperti wisata bengkak di Situbondo, mangrove blok Bedul di Purwoharjo, dan Kawang di Muncar. sehingga perlu inovasi baru agar tidak kalah saing dengan wisata-wisata yang baru.Untuk ke panorama kili-kili ini wisatawan tidak perlu membayar mahal karena harga tiket masuknya hanya Rp5.000/orang dan sudah termasuk parkir.

Wisata ini sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga, teman, dan pasangan. Karena tempat ini sangat sejuk dan pemandangan indah yang disajikan tanpa perlu membayar mahal. Sebagai wisata edukasi konservasi mangrove dan mengenal hewan yang tinggal dihutang mangrove tersebut.

Tags: Tempat Wisata Menarik

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.