Loading...

Yuk Liburan ke Jawa Tengah

Wisata · 1 week ago
Yuk Liburan ke Jawa Tengah

Udah masuk Desember nihh. Udah kecium dong ya bau-bau liburan. Waktu di mana yang sekolah sibuk belajar buat ujian. Yang kerja mulai ngerapiin sedikit demi sedikit kerjaan-kerjaan yang (sengaja) tertunda supaya di hari-hari terakhir sebelum libur udah terbebaskan dari semua beban (baca : kerjaan). Buka laptop/komputer dengan niat awal ngerjain kerjaan tapi akhirnya nyasar ke situs tempat liburan yang oke. Naaaaah...daripada bingung-bingung mau ke mana, ini nih ada beberapa tempat liburan oke, ada di Jawa Tengah pula.

1. Gunung Sikunir

Bagi kalian-kalian yang suka naik gunung atau hiking, ini nih ada salah satu gunung yang recommended banget. Berada di Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah, tepatnya di Desa Sembungan, desa tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 2.260 mdpl. Dikenal dengan Golden Sunrisenya, Puncak Sikunir diklaim memiliki pemandangan matahari terbit terbaik se-Asia Tenggara.

Tidak terlalu sulit untuk menjangkau Puncak Sikunir, karena jalurnya sudah bisa dilalui mobil. Untuk ke Puncak Sikunir, kalian biasa lewat Kabupaten Wonosobo, menuju Alun-alun Wonosobo, lalu ke arah Pegunungan Dieng dan belok kiri ke arah Telaga Warna. Jalanan yang dilalui memang merupakan tanjakan ektrim, tapi tenang, sudah bisa dilalui mobil kok. Setelah itu kalian akan tiba di Desa Sembungan.

Bagi kalian yang tidak berencana menginap, tibalah di tempat ini pukul 3 dini hari, supaya masih tersisa tempat di puncak, memngingat banyak sekali pengujung tiap harinya. Bagi kalian yang ingin menginap, di kawasan Telaga Cebong ada persewaan tenda seharga Rp 100.000/hari dan kantong tidu

r seharga Rp 10.000/malam. Tapi bagi kalian yang takut kedinginan, karena memang udara dapat mencapai 10 derajat Celcius pada malam hari, disediakan banyak penginapan dengan harga Rp 100.000/malam.

Saat sudah berada di puncak dan matahari mulai tampak, kalian akan merasa ada di negeri di atas awan dengan sejuta pesonanya.

Golden sunrise Puncak Sikunir

2. Umbul Manten

Kalau tadi sudah ada gunung, sekarang kita akan bahas salah satu tempat wisata air terbaik di Jawa Te

ngah. Bertempat di Jl. Janti, Wunut, Tulung, Kab. Klaten, Umbul Manten memiliki ketinggian hanya 1-1,5 meter saja, terdiri dari 4 kolam, dan 1 kolam ikan, sehingga menjadikan umbul ini aman bagi anak-anak. Umbul Manten ini dikelilingi dengan Pohon Ipik yang besar dan rindang. Pohon ini memiliki akar besar yang berada di dalam air. Sudah terbayang kan bagaimana banyak spot untuk berfoto di sini.

Loading...

Dengan membayar harga tiket sebesar Rp 5.000/per orang saja, kalian sudah bisa berenang, berendam, dan yang terpenting bagi anak muda tentunya hunting foto. Jam buka bagi tempat wisata ini adalah dari jam 06.00 - 18.00 WIB, dikarenakan masih alam, tentunya akan berbahaya bila kalian berada di sana saat malam tiba, maka dari itu ditentukan waktu tutupnya adalah jam 6 sore. Di Umbul Manten ini sering dijadikan tempat bagi orang-orang yang ingin berfoto di bawah air dengan segala macam peralatan. Setelah l

elah berenang, kalian bisa membeli makanan dan minuman yang disediakan warung-warung di sekitar Umbul Manten ini.

Umbul Manten

3. Kutabawa Flower Garden

Kalau tadi sudah Wonosobo dan Klaten, sekarang giliran Purbalingga. Bertempat di Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, tepat di bawah kaki Gunung Slamet, ada tempat wisata baru bernama Kutabawa Flower Garden. Dari namanya sudah pasti kita tahu konsep apa yang diusung. Taman bunga dengan 18 jenis, di antaranya ada Begonia, Lavender, Marigold, Tango, Celosia Pagoda, Petunia, Iriancis, dll. Dengan hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000/orang, kalian bisa berfoto dengan bunga-bunga yang indah dan berbagai macam spot foto seperti jalan cinta.

Memang tempat ini masih dalam proses pengembangan, tapi tenang saja, tidak akan rugi untuk datang ke tempat ini. Dibuka mulai pukul 08.00 - 17.00 WIB, tempat ini menjadi favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Tidak perlu khawatir kemalaman, karena disediakan villa-villa di sekitar Flower Garden ini. Pun tak lupa ada wahana bermain bagi anak-anak.

Kutabawa Flower Garden

4. Curug Jenggala

Kini giliran curug atau air terjun yang akan kita bahas. Curug Jenggala merupan salah satu curug terbaik di Jawa Tengah. Curug ini berlokasi Jl. Pangeran Limboro, Dusun III Kaligapu, Ketenger, Baturaden, Kabupaten Banyumas. Curug Jenggala merupakan curug yang terdapata setelah Curug Gede dan Curug Bayan. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000/orang saja kita sudah dapat menikmati pesona curug ini. Setelah menitipkan motor di tempat yang telah disediakan, kita akan melewati jalan selama 30 menit. Curug Jenggala sendiri memiliki 3 air terjun yang berjejer melebar.

Tidak perlu takut bosan untuk berada di tempat ini, meskipun tema utamanya air terjun, terdapat beberapa fasilitas yang sudah disediakan di sana, di antaranya taman. Tidak hanya satu taman, tapi ada banyak taman. Tidak hanya taman, tetapi juga ada sendang, bangku-bangku, bale bagi yang datang beramai-ramai, dan musholah.  Ada beberapa spot foto bagi para pemburu foto. Dengan latar belakang air terjun yang indah, disediakan tempat foto berbentuk hati. Dan tidak perlu khawatir lapar, di sana sudah banyak penjual makanan dan minuman kok.

Love deck Curug Jenggala

Nah tunggu apalagi kan, tempat-tempat wisata di sekitaran Jawa Tengah ini oke punya. Murah, instagramable, dan segar. Buruan pesan tiket ke Jawa Tengah kawan-kawan.

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Dyana Wati
Dyana Wati
0
Followers