close
10 Proyek “Gila” yang Dibuat China
Sebagai raksasa ekonomi yang baru, Tiongkok mengembangkan berbagai proyek raksasa untuk menunjukkan keberhasilan ekonominya. Dana besar dikucurkan demi ambisi menjadikan Tiongkok semakin maju dan diakui dunia yang pada akhirnya membuat negara itu semakin modern.

Tiongkok, siapa yang tidak mengenal negara raksasa ini. Tidak hanya raksasa secara luas wilayah, tetapi juga penduduk dan ekonominya. Dengan besarnya jumlah penduduk dan ekonominya membuat Tiongkok saat ini banyak melakukan ide proyek “gila” bagi negara lain. Jika zaman dulu Kekaisaran di Tiongkok mampu membuat Tembok Raksasa China, maka sekarang seperti yang lagi hangat adalah jalur sutra, sebuah jalur perdagangan zaman dulu yang membawa Tiongkok kemasa keemasan karena penguasaan jalur sutra yang menghubungkan Eropa, Afrika dan Timur Tengah ke negara-negara Asia mulai dihidupkan kembali.

Selain proyek tersebut, negeri dengan Produk Domestik Bruto (PDB) 11,2 Triliun US Dollar tahun 2016 ini juga punya 10 proyek “gila” lainnya alias yang butuh dana sangat besar.

1. Proyek Transfer Air Selatan-Utara

Transfer Air Selatan-Utara
Jalur Kanal Transfer Air Selatan-Utara di Tiongkok

Proyek yang ditujukan untuk menyalurkan air dari wilayah selatan ke utara Tiongkok yang lebih kering ini direncanakan bisa selesai pada tahun 2050. Proyeksi air yang bisa dialirkan ke wilayah utara mencapai 44,8 milyar kubik pertahunnya, terutama ke wilayah pusat populasi di utara Negeri Tirai Bambu tersebut. Proyek ini akan menghubungkan empat sungai besar di Tiongkok, yakni Sungai Yangtze, Sungai Kuning, Sungai Huaihe dan Sungai Haihe yang akan melintasi wilayah barat, tengah dan timur negara tersebut. Untuk anggaran dana proyek ini mencapai 62 milyar Dollar Amerika Serikat.

2. Bendungan Tiga Ngarai atau Three Gorges Dam

Bendungan Tiga Ngarai di Tiongkok
Bendungan Tiga Ngarai di Tiongkok

Ini adalah salah satu proyek raksasa milik Tiongkok yang mengundang kontroversi karena harus memindahkan lebih dari 1,3 juta penduduk dan berdampak ke lingkungan sekitarnya. Sungai Yangtze dibendung di wilayah Provensi Hubei, Tiongkok bagian tengah. Proyek ini disetujui tahun 1992 dan mulai dikerjakan pada tahun 1994 yang akan selesai sepenuhnya tahun 2009 dengan dana pembangunan senilai 25 milyar US Dollar oleh berbagai perusahaan, lembaga kredit ekspor dan bank dari Kanda, Swiss, Jerman, Prancis, Swedia dan Brazil. Proyek ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan energi bagi Tiongkok sampai 18 ribu megawatt atau 8 kali dari energi yang dihasilkan di Bendungan Hoover di Sungai Colorado, AS. Selain itu Bendungan Tiga Ngarai ini digadang-gadang untuk mencegah banjir di hilir Sungai Yangtze di pesisir timur negeri itu.

3. Jembatan Sungai Sidu

Jembatan Sungai Sidu
Jembatan Sungai Sidu

Jembatan yang pernah menyandang sebagai jembatan tertinggi di dunia dari 2009 – 2016 ini memiliki ketinggian 496 meter di atas air dan merupakan jembatan ketiga milik Tiongkok untuk mengklaim diri sebagai jembatan tertinggi. Jembatan ini terletak 80 km dari Bendungan Tiga Ngarai yang sangat terkenal itu. Jembatan ini menjadi penghubung Kota Shanghai di pesisir timur ke Kota Chongqing dan Cengdu di barat.

4. Jembatan Danyang-Kunshan

Jembatan Danyang-Kunshan
Panorama Jembatan Danyang-Kunshan

Jembatan ini adalah jembatan yang dibuat untuk menghubungkan Kota Shanghai dengan Kota Nanjing yang merupakan ibukota Provinsi Jiangsu di Tiongkok Timur. Dengan kontur sawah, rawa, kanal, sungai dan medan yang tidak rata akhirnya tahun 2006 proyek ini dimulai dan selesai pada tahun 2010. Pembangunan jembatan ini menelan dana 8,5 milyar US Dollar dengan 10 ribu tenaga kerja dikerahkan. Panjang total jembatan yang dibuka Juni tahun 2011 ini adalah 164,8 km dengan tinggi rata-rata dari tanah 31 meter. Hal ini membuat jembatan ini dengan mudah mengalahkan jembatan lain di dunia.

5. Guangzhou Metro Line 3

Jalur Kereta Bawah Tanah Guangzhou
Jalur Kereta Bawah Tanah Guangzhou

Jalur kereta bawah tanah yang terletak di Kota Guangzhou ini merupakan lanjutan dari jalur 1 dan 2 yang ada sebelumnya. Memiliki panjang 67,3 km dan bergerak dari selatan ke utara termasuk jalur utama sepanjang 60,4 km dan cabang sepanjang 6,9 km. Ada 18 stasiun pemberhentian, 16 di jalur utama dan dua di jalur cabang. Jalur bawah tanah ini dibangun untuk menghubungkan Panyu Square ke Tiance Coach Terminal. Jalur 3 ini juga akan dikembangkan pada tahun 2010 untuk menghubungkan Stasiun Kereta Api Guangzhou Timur ke Bandara Guangzhou dengan tambahan 12 stasiun pemberhentian.

6. Shanghai Maglev Train

Sanghai Maglev Train
Sanghai Maglev Train

Shanghai Maglev Train atau Kereta Api Magnetic Levitation Shanghai adalah kereta api transrapid (pengapungan magnet) berkecepatan tinggi yang dikembangkan oleh Tiongkok setelah teknologi digunakan di Jerman. Dewan Negara di Tiongkok sempat memperdebatkan tentang teknologi ini, namun kemudian menyetujui Shanghai sebagai lokasi proyek awal setelah menyeleksi dari tiga kota pilihan yakni Shenzen, Beijing dan Shanghai. Pembangunan dimulai 1 Maret 2001 dan dibuka secara komersial pada 1 Januari 2004. Kecepatan selama melayani penumpang oleh Shanghai Maglev mencapai 431km/jam dan bahkan semasa uji coba mencapai 501 km/jam. Jalur kereta ini menghubungkan Bandara Internasional Pudong di Shaghai ke pinggiran Kota Pudong dengan menelan dana 1,2 milyar US Dollar.

7. Gedung New Century Global Center

Penampakan Luar New Century Global Center
Penampakan Luar New Century Global Center

Penampakan di dalam gedung benar-benar menakjubkan, salah satunya sebagai berikut.

Penampakan di Dalam New Century Global Center, Chengdu
Penampakan di Dalam New Century Global Center, Chengdu

Ini adalah gedung terbesar di dunia. Berukuran 20 kali Gedung Opera Sydney atau delapan kali Gedung Pentagon di AS. Gedung ini terletak di Kota Chengdu, Provinsi Sichuan, Tiongkok Barat Daya. Memiliki luas 1,76 juta meter persegi. Butuh tiga tahun untuk penyelesain bangunan raksasa ini. Gedung super besar ini memiliki panjang 500 m, lebar 400 m dan tinggi 100 m. 400 ribu meter persegi bagian gedung ini dikhusukan untuk areal perbelanjaan, dibagian tengah terdapat taman air Paradise Island. Pembangunan New Century Global Center nantinya terintegrasi dengan kereta api bawah tanah baru dan bandara baru untuk kawasan terencana di Kota Chengdu ini pada tahun 2020.

8. Jaringan Jalur Kereta Api Berkecepatan Tinggi

Kereta Api di High Speed Rail
Penampakan Kereta Api dan Jalur High Speed Rail Tiongkok

Ini adalah proyek Kereta Api Berkecepatan Tinggi dengan kecepatan 250 – 350 km/jam. Jaringan High Speed Rail ini panjang 22.000 km dan merupakan dua pertiga dari semua jaringan HSR komersial di sleuruh dunia. Tahun 2016 HSR ini telah melakukan perjalan mencapai 1,44 milyar. Operator dari HSR adalah China Railway Corporation. HSR dikenalkan pertama di Tiongkok pada tahun 2007 dengan kecepatan 250 km/jam. Jaringan HSR milik Tiongkok yang paling ramai digunakan hingga saat ini adalah jalur Beijing – Shanghai sepanjang 1.318 km dengan mengnagkut 220.000 penumpang/hari. Keberhasilan Tiongkok ini membuat operator HSRnya mengembangkan sayap bisnis di banyak negara seperti jalur HSR yang dibuat di Singapura ke Kuala Lumpur dengan panjang 350 km yang akan selesai tahun 2026.

9. Teleskop Radio Berdiameter 500 Meter

Teleskop Radio Raksasa
Teleskop Radio Raksasa Berdiameter 500 Meter Milik Tiongkok


Teleskop radio raksasa di Gunung Guizhou dengan diameter 500 meter ini adalah salah satu mega proyek Tiongkok yang bahkan ukurannya jauh mengalahkan Teleskop Radio Arecibo dengan diameter 350 meter di Puerto Riko yang dimiliki oleh Amerika Serikat. Pembangunan teleskop radio ini membuat pemerintah Tiongkok merelokasi 8 ribu penduduk dan dana yang ditelan untuk proyek ini adalah 180 juta US Dollar. Namun, nampaknya Pemerintah Tiongkok tidak menemukan orang untuk mengawasi teleskop ini sehingga mungkin beralih ke peneliti asing. Teleskop radio sendiri adalah parabola raksasa yang digunakan untuk mengumpulkan gelombang radio dari sumber yang jauh seperti dari lubang hitam atau peradaban asing.

10. Superkomputer Sunway TaihuLight

Superkomputer Sunway Taihulight
Superkomputer Sunway Taihulight

Terletak di Kota Wuxi, dua jam dari Shanghai. Sunway TaihuLight adalah superkomputer yang dikembangkan oleh National Research Center of Parallel Computer Engineering & Technology (NRCPC). Pusat Penelitian Nasional ini sebelumnya juga telah mengembangkan Sunway BlueLight di Jinan. Superkomputer ini digunakan nantinya untuk berbagai penelitian dan rekayasa dibidang pemodelan iklim, cuaca dan bumi, penelitian hayati, manufaktur modern dan analisis data. Superkomputer ini nantinya juga akan menciptakan model kelahiran semesta dengan 10 triliun partikel digital yang akan berinteraksi satu sama lain.

Artikel ini di tulis oleh Gus Sueca kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang
Loading...

Artikel Terkait