Fakta Tentang MS-13, Geng Kriminal Paling Ditakuti Di Dunia
Mafia atau geng kriminal tidak hanya ada di dalam film saja. Di dunia nyata terdapat geng kriminal yang sudah tidak diragukan reputasinya dan ditakuti banyak orang yaitu MS-13.

"Bunuh, perkosa, dan kuasai". Kata-kata itu adalah semboyan yang diterapkan ke dalam pikiran setiap anggota geng kriminal paling ditakuti di dunia yaitu MS-13. Para Maras atau Mareros, sebutan untuk anggota geng tersebut kerap melakukan kejahatan dan aksi brutal yang membuat geng ini dicap menjadi penjahat internasional.

Mara Salvatrucha merupakan arti dari nama MS-13 itu sendiri. Geng ini dibentuk pada tahun 80-an yang kebanyakan beranggotakan para imigran dan pengungsi yang berasal dari El Salvador dan memiliki pusat di Los Angeles, Amerika Serikat. Terdapat beberapa fakta tentang geng ini yang mungkin tidak diketahui banyak orang.

1. MS-13 mendunia karena kebijakan deportasi yang dilakukan oleh Amerika Serikat

Pada tahun 1996, Kongres Amerika Serikat membuat sebuah kebijakan yang berisi tentang pendeportasian setiap imigran yang tersandung kasus pidana dengan ancaman penjara satu tahun atau lebih. Sebanyak 20 ribu imigran dideportasi dan tidak sedikit yang di antaranya merupakan anggota geng MS-13 tersebut. Sekembalinya di negara asal pun mereka tetap membuat kekacauan dengan nama yang sama, MS-13.

2. MS-13 memiliki lebih dari 50 ribu anggota yang tersebar di seluruh penjuru negara

Percaya atau tidak, berdasarkan laporan FBI, MS-13 memiliki anggota yang berjumlah lebih dari 50 ribu anggota. Para anggotanya pun tersebar di 42 negara bagian Amerika Serikat terutama di Amerika Tengah.

3. Kegiatan usaha utama yang mereka lakukan adalah woman trafficking

Usaha utama yang dilakukan oleh geng MS-13 adalah menyelundupkan para gadis muda yang mereka bawa dari Amerika Tengah. Gadis-gadis ini dibawa ke Amerika Serikat sebagai wanita tuna susila yang kelak akan menjalankan bisnis prostitusi disana.

4. Geng ini adalah penyebab El Salvador dijuluki ibukota pembunuhan dunia

MS-13 adalah geng yang sangat kejam hingga dapat menyebabkan El Salvador mendapat predikat demikian. Ketika terjadi peperangan antara MS-13 dan rivalnya Barrio 18, pertempuran tak terelakkan terjadi. Sebanyak 6656 korban jiwa tewas pada tahun 2015. Beberapa bulan lalu pada 2016, terjadi masalah kembali dimana pembunuhan terjadi setiap jamnya. Hal ini membuat El Salvador mendapat predikat sebagai negara dengan jumlah pembunuhan tertinggi di luar negara berperang.

5. Diyakini memiliki keterkaitan erat dengan kegiatan terorisme internasional

Berdasarkan yang diberitakan oleh media, MS-13 sedikit banyak berhubungan dengan organisasi terorisme ternama, Al Qaeda. Pada tahun 2014, dikabarkan pemimpin Al Qaeda tampak terlihat di Honduras bersama dengan para anggota geng lainnya. Puncakny pada tahun 2015, pemerintah El Salvador memutuskan untuk menganggap MS-13 sebagai kelompok teroris juga.

6. Terdapat ritual brutal saling membunuh

Untuk menjadi anggota MS-13 bukanlah sebuah perkara mudah. Menjadi seorang Chequos membutuhkan ritual brutal khusus yang harus dilaksanakan. Ritual itu adalah setiap calon anggota baru diwajibkam untuk membunuh seorang anggota dari geng rivalnya. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan suara dari para senior. Apabila tidak didapatkan cukup suara dari para senior, maka pembunuhan yang telah dilakukan merupakan hal yang sia-sia.

7. Terdapat penjara yang mereka jalankan sendiri

Penal de Ciudad Barios adalah nama sebuah penjara yang dijalankan oleh geng MS-13 ini. Penjara ini tidak tampak seperti penjara pada umumnya dimana tidak terdapat jeruji-jeruji besi di dalam area penjara. Penjara yang sebenarnya adalah di bagian luar dimana penjara ini dijaga oleh puluhan tentara El Salvador. Kondisi di dalam penjara yang dianggap terlalu berbahaya merupakan alasan ditiadakannya penjaga di dalam penjara tersebut dan hanya di luarnya saja.

8. Anggotanya memiliki tatto yang banyak

Ciri khas lain yang menandakan seseorang adalah anggota MS-13 adalah umunya mereka memiliki banyak tatto. Tak jarang bahkan yang sekujur tubuhnya dari ujung kepala hingga ujung kaki diselimuti oleh tatto. Setiap tatto ini pun memiliki artinya masing-masing yang berkaitan dengan budaya, sejarah, dan kejahatan yang selama ini mereka lakukan.

9. Geng ini menggunakan tanda-tanda khusus

Geng MS-13 selain dikenal sebagai geng kriminal paling berbahaya, juga dikenal sebagai geng yang kerap menggunakan tanda-tanda khusus sebagai bahasa untuk berkomunikasi antara sesamanya. Salah satunya adalah tanda tanduk setan yang dianggap mengasosiasikan geng ini dengan aliran metal. Tanda tanduk setan ini juga dianggap sebagai simbolisme lain huruf M pada nama geng tersebut.

Baca Juga: WOW!! Inilah 5 Hal yang bisa kamu rasakkan jika menjadi Syahrini

10. Mereka tidak berhubungan dengan penjualan narkoba di jalanan

Meskipun banyak yang menganggap MS-13 juga turut menjadi dalang dalam transaksi narkoba, mereka sendiri menepisnya dan mengatakan bahwa geng tersebut tidak ada hubunganya dengan kartel narkoba yang ada di Amerika Tengah seperti Meksiko dan Spanyol. 

Beberapa fakta itu menambah kengerian akan kenyataan bahwa MS-13 adalah sekelompok kriminal yang paling ditakuti di seluruh dunia.

Artikel Terkait