close
7 Mata Uang Dunia Yang Paling Sulit Dipalsukan
Pemalsuan uang merupakan salah satu tindak pidana yang kerap terjadi di berbagai negara. Beberapa uang dibuat khusus untuk mencegah terjadinya hal tersebut.

Uang rupiah yang baru memang tampak benar-benar berbeda dari generasi sebelumnya. Bahkan banyak pahlawan-pahlawan yang ada di uang tersebut tidak pernah digunakan pada uang rupiah sebelumnya. Selain itu, uang rupiah yang baru dikabarkan dibuat dengan beragam teknologi khusus dengan tujuan untuk menciptakan mata uang dengan tingkat pengamanan yang baik.

Teknologi itu antara lain color shifting, rainbow feature, latent image, UV feature (level 2), tactile effect, dan rectoverso. Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya pemalsuan mata uang yang semakin marak seiring dengan majunya teknologi. Beberapa mata uang di dunia bahkan memiliki tingkat kerumitan yang lebih tinggi sehingga sangat sulit bahkan tidak mungkin untuk dipalsukan.

1. 10 ribu Tenge, Kazakhstan

Mata uang ini menjadi mata uang pertama dalam daftar mata uang yang paling sulit dipalsukan. Pecahan uang 10 ribu Tenge adalah pecahan uang pertama yang menggunakan teknologi pengaman dari dua sisi. Benang pengaman ini pun amat khas dan sangat mudah untuk dikenali.

2. 50 Peso, Meksiko


Mata uang Meksiko satu ini menggunakan teknologi khusus yang sulit untuk dipalsukan bahkan oleh mesin yang canggih sekalipun. Dengan menggunakan polimer plastik berlapis, pecahan mata uang ini dapat berubah warna ketika dilipat.

3. 1.000 Kronor, Swedia

1.000 Kronor dari Swedia menjadi salah satu mata uang yang sulit untuk dipalsukan. Hal ini karena pecahan mata uang tersebut menggunakan tanda pengaman khusus yang terbuat dari benang mikrolens. Teknik seperti ini juga digunakan pada uang 100 dolar Amerika Serikat.

4. 10 Dollar, Hongkong

Selain tampak berwarna-warni, pecahan uang ini memiliki keunikan lain yang membuatnya sulit untuk dipalsukan. Uang 10 dollar ini dicetak dengan tinta khusus yang sulit untuk didapatkan dan ditiru. Dengan tinta khusus itu pula pecahan mata uang ini memiliki tekstur yang berbeda dari kebanyakan uang pada umumnya.

5. 10 Rupees, Nepal

Uang 10 Rupees dari Nepal ini memiliki tingkat pengamanan yang tinggi karena terdapat campuran khusus dalam pembuatan bahan uang tersebut. Benang metalik diolah dan kemudian dicampurkan ke dalam bahan pembuat uang tersebut. Bahan polimer di uang ini memiliki komposisi unik yang sulit untuk dipalsukan.

6. 1.000 Dinar, Irak

Uang ini dicetak dengan bagian huruf yang khusus menonjol. Uang ini juga dicetak dengan tinta dan tanda pengaman khusus. Tinta dan tanda pengaman ini hanya dapat dilihat dibawah sinar ultraviolet.

Baca Juga: Mbah Gotho manusia tertua abad 21 berusia 146 tahun

7. 20 Poundsterling, Inggris

Pecahan mata uang ini memiliki teknologi pengaman berupa benang pengaman permanen yang dibuat padanya. Benang holograp ini hanya dapat dilihat ketika uang tersebut dilipat.

Beberapa mata uang di atas dibuat dengan teknologi pengamanan khusus semata-mata  bertujuan untuk menghindari kejahatan pemalsuan uang yang semakin marak.

Loading...
Loading...
Artikel ini di tulis oleh NxlaYsmn kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Artikel Terkait