Menakjubkannya Kawah yang Tercipta Dari Hasil Tumbukan Asteroid

WOW 6 months ago
Menakjubkannya Kawah yang Tercipta Dari Hasil Tumbukan Asteroid

Diperkirakan permukaan bumi dihantam oleh sekitar 500 meteorit per tahun, tetapi hanya sekitar 5 atau 6 yang cukup besar untuk dideteksi oleh instrumen radar cuaca.

Tabrakan besar yang meninggalkan kawah dampak yang dapat dilihat adalah kejadian yang sangat langka, yang hanya terjadi dalam interval ribuan tahun.

Misalnya, asteroid berbatu berukuran diameter 100 meter jatuh setiap 5,200 tahun. Tabrakan semacam itu akan membuat kawah sepanjang 1,2 km dan melepaskan energi setara dengan 3,8 mega ton TNT, atau sekitar seribu kali lebih kuat daripada energi gabungan dari ledakan Hiroshima dan Nagasaki.

Tabrakan yang lebih besar yang melibatkan asteroid dengan diameter 1 km bahkan lebih jarang terjadi, kira kira setiap 500.000 tahun. Dampak terakhir yang diketahui dari objek asteroid berukuran 10 km adalah musnahnya dinosaurus yang terjadi 66 juta tahun lalu.

Sampai saat ini dikonfirmasi ada sekitar 188 kawah tubrukan asteroid di bumi, tetapi kebanyakan dari mereka hampir tidak dapat dikenali. Namun dari sekian banyak kawah ada 3 kawah yang dapat dikenali, kawah kawah tersebut adalah sebagai berikut.

1) Kawah Amguid

Menakjubkannya Kawah yang Tercipta Dari Hasil Tumbukan Asteroid

Kawah Amguid terletak di daerah terpencil dan tidak terjangkau dari barat daya Aljazair. Kawah ini memiliki kedalaman sekitar 500 meter, tetapi kedalaman sebenarnya belum diukur karena kawah sebagian terisi pasir yang tertiup angin.

Bagian tengah kawah Amguid datar dan ditutupi dengan lumpur aeolian. Lumpur-debu ini membiaskan cahaya karena kawah tampak putih bila dilihat dari angkasa.

Loading...

Kawah diperkirakan terbentuk kurang dari 100.000 tahun yang lalu tetapi lebih tua dari 10.000 tahun.

2) Kawah Aorounga

Menakjubkannya Kawah yang Tercipta Dari Hasil Tumbukan Asteroid

Kawah Aorounga, di Gurun Sahara. Kawah ini dikelilingi oleh lingkaran konsentris yang diyakini para ilmuwan sebagai akibat dari tiga dampak berurutan hantaman meteorit besar yang pecah menjadi beberapa bagian sebelum jatuh ke bumi.

Peristiwa ini diperkirakan telah terjadi 345 juta tahun yang lalu. Dataran tinggi tengah, atau puncak, dari kawah dikelilingi oleh palung kecil yang dipenuhi pasir.

3) Kawah Lonar

Menakjubkannya Kawah yang Tercipta Dari Hasil Tumbukan Asteroid

Kawah Lonar terletak di desa kecil India Lonar,Maharashtra. Kawah ini terbentuk sekitar 52.000 tahun yang lalu ketika sebongkah batu raksasa menabrak tempat ini menciptakan lubang dengan lebar 1.8 km dan kedalaman 150 m. Hujan mengubah kawah menjadi danau.

Tags: Kawah

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com