Tanpa Sadar Kebiasaan Sepele Ini Mempertajam Ingatanmu
Dalam sehari kita mampu melakukan berbagaimacam aktivitas, hanya saja kebanyakan dari kita tidak tahu ada manfaat dari setiap hal sepele yang kita lakukan.

Pikiran manusia mampu mengigat sesuatu hal apabila hal itu menyenangkan bagi mereka, hal-hal baru yang dialami saat beraktivitas juga dapat meningkatkan kualitas ingatan seseorang. Hingga kini banyak orang menganggap dengan rajin dan tekun membaca mampu menjadi solusi meningkatkan kualitas daya ingat seseorang. Pendapat ini memang benar, bagi mereka yang hobi membaca, tapi apakah semua orang harus mempunyai hobi membaca? Tentu tidak.

Sebenarnya ada beberapa hal sepele yang mampu meningkatkan kualitas ingatanmu, dan hal-hal sepele ini sering kamu lakukan setiap hari. Berikut rangkuman berupa hal-hal sepele yang tanpa kamu sadar mampu meningkatkan kualitas daya ingatmu.

Tidur Pada Waktu yang Sama Secara Konsisten Ternyata Tidak Hanya Sehat, Dampak Lainya Mampu Mempertajam Ingatanmu


Tidur tidak hanya berfungsi untuk merehatkan otot-otot dan syaraf yang lelah setelah seharian beraktivitas. Penelitian lain membuktikan bahwa tidur juga diperlukan untuk konsolidasi memori, caranya dengan meningkatkan aktivitas memori selama tidur berlangsung. Tidur yang cukup akan membuatmu mendapatkan spektrum penuh siklus nokturnal yang sangat penting untuk mengoptimalkan otak dan tubuh pada saat kamu terbangun. Hasilnya akan lebih baik jika Anda membuat jadwal tidur teratur.

Ingatanmu Akan Semakin Kuat Saat Mencium Bau Mawar di Pagi Hari


Para peniliti yakin bau merupakan alat untuk memanggil ingatan yang paling kuat, terutama untuk memanggil sebuah kenangan yang sangat dalam. Hal ini bukan karena alasan, karena aroma bau saat terhirup oleh indra penciuman yaitu hidung akan langsung ditujukan ke pusat memori. Contohnya saat kamu diajak orang tuamu ke restoran, pasti disitu akan tercium berbagai aroma makanan dimana kamu pasti langsung kenal  nama-nama macam makanan. Kemudian saat kamu mencium aroma makanan yang sama dirumahmu pasti kamu langsung tahu jenis makanan itu. Intinya akan lebih baik kalau kamu mencium wangi-wangian setiap bangun tidur, karena otakmu bisa jadi database yang terorganisir.

Utamakan Sarapan Tiap Pagi, Kalau Bisa Menu Makanan Mengandung Olahan Telur


Menurut Larry McCleary M.D, penulis The Brain Trust Program mengatakan. Sarapan pagi tidak hanya berfungsi untuk memberi energi sebagai penunjang aktivitas, terutama sarapan harus makanan yang ideal. Telur contohnya, telur adalah menu sarapan ideal, telur mengandung vitamin B yang membantu sel safar membakar glukosa. Telur juga mengandung antioksidan melindungi kerusakan neuron. Selain itu telur juga mengandung asam lemak omega-3 yang berfungsi menjada sel saraf tetap dalam kecepatan optimal.

Main Game Asah Otak Selama 20 Menit Tiap Hari Akan Menambah Daya Kualitas Ingatanmu


Penelitian ini telah diungkap oleh Dr. Michael Merzenich, Profesor Emeritus dari University of California. Dia mengatakan bermain game yang mengasah otak telah terbukti bisa menajamkan daya ingat dan mampu mengembangkan daya keterampilan individu seseorang. Kamu bisa memainkan game asah otak dari manapun, entah dari website, game pc, game android dll. Jangan lupa mainkan game itu selama 20 menit setiap hari.

Sekarang kamu tidak perlu menggunakan cara ribet seperti membeli alat dan mengkonsumsi obat-obatan aneh untuk meningkatkan daya ingatmu. Cara itu juga tidak ada salahnya, tapi kalau ada cara murah berkualitas ngapain pakai cara mahal. Trimakasih telah berkunjung.

Artikel Terkait